Jelang Penobatan Raja Charles III, Kursi Tahta Penobatan Inggris Alami Perubahan

Kursi tahta penobatan Inggris.
Kursi tahta penobatan Inggris. (Foto : Reuters)

Antv – Kursi tahta penobatan bersejarah Inggris dimana Henry VIII dan raja-raja Inggris lainnya mengalami perubahan jelang upacara penobatan Raja Charles III tahun ini. Kursi tahta penobatan digunakan sekitar 700 tahun lamanya.

Perubahan kursi tahta penobatan Raja Charles III disampaikan oleh Westminster Abbey London.

Raja Charles III dan istrinya, Permaisuri Camilla akan dimahkotai secara resmi pada 6 Mei dalam upacara keagamaan yang khidmat di Biara di mana penobatan raja dan ratu telah berlangsung selama seribu tahun.

Inti dari upacara tersebut adalah mahkota yang diletakkan di atas kepala raja duduk di atas kursi tahta yang dilapisi dengan penyepuhan emas dan didekorasi dengan rumit menggunakan kaca berwarna.

Charles akan mengikuti beberapa leluhurnya terdahulu seperti Raja Henry VIII, Ratu Victoria dan ibunya sendiri Elizabeth II untuk dimahkotai di kursi.

"Ini adalah perabot tertua yang masih ada yang masih digunakan untuk tujuan aslinya," kata Blessley, Konservator Lukisan di Biara seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/3/2023).

Kursi penobatan dibuat atas perintah Raja Edward I memakai Batu Scone yang telah digunakan untuk penobatan raja-raja Skotlandia selama berabad-abad. Edward telah menurunkan Batu itu dari Skotlandia pada tahun 1296.