Daniel "007" Craig Galang Donasi Rp 1,8 Triliun untuk Turki dan Suriah

Daniel Craig Aktor Inggris
Daniel Craig Aktor Inggris (Foto : Reuters)

Antv – Aktor asal Inggris Daniel Craig menyebarluaskan sebuah video klip yang berisi seruan untuk membantu korban terdampak gempa bumi besar di Turki dan Suriah. 

Video yang berdurasi selama 90 detik itu menampilkan klip visual dari gempa dahsyat pada 6 Februari 2023, yang mengajak orang-orang untuk berdonasi untuk  membantu para korban bencana terbesar tahun ini.

Dilansir dari Anadolu Agency, Klip Daniel Craig itu telah disiarkan oleh 29 media Inggris serta ditayangkan pada layar digital di 18 lokasi berbeda.

img_title
Daniel Craig Aktor Inggris. (Foto: Reuters)

Komite Darurat Bencana Inggris (DEC) selaku sponsor aksi Daniel Craig berhasil mengumpulkan sedikitnya GBP 100 juta (sekitar Rp 1,8 Triliun pada kurs 1 GBP = Rp 18,836) hanya dalam waktu dua minggu saja. 

Total dana donasi itu termasuk sumbangan Pemerintah Inggris melalui skema UK Aid Match sebesar GBP 5 Juta, manakala kampanye penggalangan dana mulai dilaksanakan pada Kamis, 9 Februari 2023. 

Komite Darurat Bencana Inggris (DEC) merupakan gabungan 15 badan amal utama Inggris meliputi Palang Merah Inggris, Oxfam dan ActionAid, yang bertujuan untuk mengumpulkan dana serta bantuan medis, tempat penampungan darurat, makanan dan air bersih.