Terungkap, si Pitung Bukanlah Sosok Superhero, Tapi Pituan Pitulun, Ini Penjelasannya

Terungkap, si Pitung Bukanlah Sosok Superhero, Tapi Pituan Pitulun
Terungkap, si Pitung Bukanlah Sosok Superhero, Tapi Pituan Pitulun (Foto : Ilustrasi - Dok. tangtungan.com)

Antv – Bismillahirrahmanirrahim, Allahummasholli ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad. Pitung itu bukan nama orang atau sosok superhero seperti halnya si Jampang atau Sabeni.

Tapi Pitung adalah singkatan dari Pituan Pitulung yang merupakan salah satu organisasi perlawanan rakyat Jakarta yang dibentuk pada tahun 1880 Masehi.

Sang pembetuk Pitung adalah Kyai Haji Naipin atas saran dari Pejuang Jayakarta dan Sesepuh adat Tempo Dulu.

Kyai Haji Naipin adalah seorang yang alim dan juga dikenal sebagai salah satu ahli silat yang handal di kawasan Tenabang.

PITUNG didirikan setelah seluruh anggotanya melewati beberapa tes seperti ujian jurus terakhir illmu silat, ujian ilmu agama yang sudah mereka pelajari, ujian ilmu tarekat serta diakhiri dengan khataman Al-Qur'an yang diikuti oleh 7 santri terbaik Kyai Haji Naipin.

Setelah dinyatakan lulus maka ketujuhnya dibaiat untuk selalu setia dalam jihad fisabillah, setia terhadap persahabatan, selalu menolong rakyat dan hormat dan patuh terhadap orangtua, ulama dan sesepuh adat.

Nama Pitung yang berarti 7 Pendekar Penolong, mengambil dari inspirasi Surat Al Fatehah yang terdiri dari 7 ayat.

Oleh karena itu ke 7 Pendekar ini selalu ditekankan untuk terus menghayati dan mengamalkan kandungan Surat Al Fatehah dalam setiap perjuangan mereka.