Ramadhan Mendekat! Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Ilustrasi ramadan
Ilustrasi ramadan (Foto : Freepik/ freepik)

Antv – Bulan suci Ramadan semakin dekat dan banyak orang dari seluruh penjuru dunia mulai mempersiapkan diri baik secara fisik maupun spiritual.

Selama Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Terkait lamanya waktu berpuasa sangat beragam tergantung di belahan dunia mana mereka tinggal karena panjang hari diatur oleh waktu dalam setahun dan jarak dari garis khatulistiwa.

Beberapa orang juga dibebaskan dari kewajiban untuk berpuasa, seperti misalnya anak-anak, orang tua, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan, wanita menstruasi, dan ibu hamil.

Secara umum, puasa telah terbukti memiliki manfaat kesehatan. Bahkan, puasa berselang atau yang lebih populer dengan istilah intermittent fasting dijadikan salah satu metode untuk menurunkan berat badan.

Alih-alih fokus pada apa yang dimakan, intermittent fasting lebih fokus pada waktu makan. Biasanya, intermittent fasting dilakukan dengan pola 16 jam waktu puasa dengan 8 jam waktu makan, dan beberapa pola lainnya.

Intinya, begitu tubuh menggunakan simpanan gulanya, maka ia akan mulai membakar lemak dan penurunan berat badan pun terjadi. Proses ini dikenal sebagai pergantian metabolisme.

 

img_title
Menu Buka Puasa. (Foto: Freepik/odua)