Ramadan Kareem! Ini Niat Puasa dan Doa Sebelum Berbuka

Ramadan
Ramadan (Foto : Freepik)

AntvBulan puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum Muslim. Awal Ramadan pada tahun ini diperkirakan bertepatan dengan 22 Maret 2023, namun bisa berbeda-beda sesuai dengan penampakan bulan.

Ramadan juga menjadi bulan diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad oleh Allah SWT.

Selama Ramadan, umat Islam diharuskan untuk menjalankan puasa sebulan penuh, tidak makan dan minum pada siang hari hingga terbenamnya matahari. Hal itu juga menjadi cara umat Islam untuk menghormati iman mereka dan rasa lapar memungkinkan mereka untuk berempati dengan penderitaan orang lain.

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun dalam Islam yang harus dipenuhi oleh seorang Muslim, rukun tersebut meliputi Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan naik Haji.

Sebelum memulai puasa, umat Muslim akan menjalani aktivitas sahur. Sahur diartikan sebagai aktivitas memakan makanan atau minuman sebelum seseorang memulai berpuasa dan sebelum waktu imsak datang. Hukum sahur adalah sunnah.

Sahur dilanjut dengan membaca doa niat puasa Ramadhan. Dalam hadits Rasulullah SAW juga menyebut, puasa tanpa niat di malam harinya maka dianggap tidak sah.

Dengan begitu, sebagian ulama berpendapat membaca niat pada malam sebelum melakukan puasa Ramadan hukumnya adalah wajib.