Begini Cara Menikmati Kuliner Legendaris Jadah Tempe

Begini Cara Menikmati Kuliner Legendaris Jadah Tempe
Begini Cara Menikmati Kuliner Legendaris Jadah Tempe (Foto : antvklik-Nuryanto)

Antv – Yogyakarta yang dikenal sebagai daerah destinasi wisata, tidak hanya menawarkan beragam obyek wisata alam maupun budaya yang bisa dinikmati saat berlibur.

Beberapa kuliner tradisional dan legendaris yang eksis sampai saat ini pun semakin melengkapi predikat kota pelajar sebagai surga makanan bagi wisatawan.

Salah satu kuliner legendaris yang kadung dikenal luas adalah Jadah Tempe. Siapa tidak kenal Jadah Tempe Mbah Carik, yang telah menjadi kuliner legendaris sejak tahun 1940 yang berada di Kaliurang lereng Merapi, kini hadir di Kawasan Kotagede.

Kudapan khas yang kerap dicicipi saat bersantai ini masih menjadi salah satu pilihan bagi pelancong saat berkunjung ke Jogja.

Perpaduan rasa manis dan gurihnya membuat makanan yang satu ini cocok bagi lidah masyarakat itu kini juga bisa ditemukan di kampung kuliner Kotagede Yogyakarta.

Menurut Bejo Wiryanto, anak ketiga dari legenda kuliner Jogja Sudimah Wiro Sartono alias Mbah Carik, ada aturan tidak tertulis yang mesti dilaksanakan saat mencicipi Jadah Tempe.

Makanan dengan paduan Jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu yang telah dibacem itu biasanya akan lebih nikmat dikonsumsi sekaligus tanpa dipisah.