Catat! Inilah Ciri-ciri, Risiko, dan Faktor Penyebab Stunting yang Penting Diketahui

Ilustrasi anak-anak
Ilustrasi anak-anak (Foto : Freepik/ jcomp)

Antv – Permasalahan stunting masih menjadi isu yang terus digaungkan karena Indonesia masih memiliki rapor merah untuk kasus terkait isu kesehatan yang satu ini.

Terlebih, belakangan ini, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional yang mengangkat tema “Protein Hewani Cegah Stunting”.  

Pemerintah dalam slogan Hari Gizi tahun ini ingin menekankan pentingnya mengonsumsi protein, khususnya bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Harapannya, ke depannya angka stunting di Indonesia dapat berkurang mengingat pentingnya peran protein dalam perkembangan sel-sel dalam tubuh seseorang, terlebih anak-anak.

Namun perlu diketahui, stunting tak hanya soal tinggi badan yang kurang seperti yang selama ini diketahui oleh masyarakat umum.

Dalam acara Media Brief Hari Gizi Nasional bertajuk “Pentingnya Protein Untuk Cegah Stunting” yang digelar oleh Kalbe di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Dokter Spesialis Gizi, dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK., FINEM menjelaskan lebih lanjut terkait stunting yang masih kerap dianggap remeh.

“Stunting itu bukan semata-mata pendek. Jadi stunting itu sebenarnya kegagalan tumbuh dan berkembangnya seorang anak akibat asupan nutrisi yang tidak memadai atau tidak cukup atau mungkin cukup tapi isinya kurang bagus, kurang berkualitas,” tutur dokter Marya.