Begini Saran Dokter Tentang Permainan Lato-lato untuk Anak-anak

Lato-lato
Lato-lato (Foto : Instagram @ck_partsbabel)

Antv – Lato-lato saat ini jadi salah satu mainan tradisional yang nyatanya sangat ramai digandrungi oleh semua kalangan, mulai dari anak, remaja, hingga dewasa, semuanya memainkan permainan yang satu ini.

Akan tetapi, seperti yang diketahui jika lato-lato ini bisa menjadi permainan yang kurang begitu dirokemendasikan untuk anak balita

Sebab, lato-lato ini terbuat dari bahan yang cukup keras dan jika terbentur ke bagian tubuh saat dimainkan dengan kecepatan tinggi tentu akan meninggalkan bekas hingga benjol. 

 

Menanggapi lebih jauh tentang hal ini, Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak menyarankan agar lato-lato tak dimainkan anak usia dibawah lima tahun (balita), karena perkembangan motoriknya yang belum baik. 

"Kemampuan motoriknya belum baik sehingga dia akan mudah untuk menyebabkan dirinya kena bola, menyebabkan lebam-lebam, karena saking kencang dan terlepas (bola)," ujar Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH , Ketua Bidang 3 Pengurus Pusat IDAI dikutip dari TvOnenews Selasa, 17 Januari 2023.