Ramai Kontroversi Chiki Ngebul, Ini Bahaya Nitrogen Cair untuk Kesehatan

Chiki ngebul
Chiki ngebul (Foto : Freepik/ jcomp)

Antv – Jajanan chiki ngebul saat ini tengah viral dan dicari oleh para pecinta kuliner di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tren ini digandrungi oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Tapi, di balik keunikannya, makanan ringan yang satu ini rupanya mengandung bahan kimia mudah menguap yang disebut dengan nitrogen cair

Dengan mencampur dan mengocoknya dengan bahan makanan selama kurang lebih 30 detik, nitrogen cair dapat mengancam kesehatan si pembuat dan juga konsumsi.

Di Indonesia, jajanan chiki ngebul telah menelan korban. Seorang anak berusia 4 tahun bernama Afnan di Pondokgede, Bekasi, Jawa Barat dikabarkan mengalami kebocoran lambung usai mengonsumsi makanan viral tersebut.

Lambung Afnan berlubang dan terpaksa mendapatkan jahitan di perut hingga 15 cm di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Jamaludin (30), ayah Afnan, mengungkapkan bahwa peristiwa tersebut dialami anaknya satu pekan lalu setelah dia dan anaknya mendatangi pasar malam.

Di pasar malam, Afnan membeli semangkuk chiki ngebul seharga Rp10 ribu. Setelah memakannya, Afnan tiba-tiba menjerit histeris dan perutnya mengeras.