Bukan Sekadar Penyedap Rasa, 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam
Daun salam (Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers)

Antv – Ada banyak manfaat daun salam yang belum diketahui. Selain berguna sebagai bumbu penyedap pada masakan, daun salam rupanya menyimpan segudang nutrisi yang berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Daun salam sendiri dikenal karena aromanya yang khas dan telah digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati dan mengatasi kondisi kesehatan tertentu karena mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Penggunaan daun salam sebetulnya bukanlah hal yang asing. Masyarakat kita kerap menggunakan daun salam sebagai bumbu penyedap masakan karena dapat meningkatkan aroma dan rasa sedap pada makanan.

Lantas, kandungan apa saja sih yang terkandung di dalam daun salam? Dan apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh kita? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Nutrisi pada Daun Salam

img_title
Daun salam. (Foto: Freepik/ vItalll petrushenko)

Daun salam kaya akan nutrisi yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Zat-zat gizi yang terkandung dalam daun salam antara lain, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, riboflavin, kalsium, niacin, sodium, selenium, magnesium, dan masih banyak lagi.

Daun salam juga mengandung sejumlah minyak esensial, yang terdiri dari 1,3 persen minyak atsiri, 45 persen eukaliptol, 12 persen terpen, 8-12 persen terpenil asetat, 3-4 persen seskuiterpen, 3 persen metileugenol dan minyak esensial lainnya.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

img_title
Daun salam. (Foto: Freepik/ AndreyStar)

 

Siapa yang sangka bila daun salam yang umumnya dijadikan sebagai penyedap rasa ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut ini manfaat daun salam bagi kesehatan.

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Daun salam diketahui dapat menjaga kadar gula dalam darah karena dapat membantu metabolisme glukosa. Selain itu, daun salam juga membantu menginduksi reseptor insulin yang sangat penting bagi penderita diabetes.

Daun salam juga dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hla ini bisa sangat membantu meningkatkan kesejahteraan seseorang dengan penyakit diabetes.

Melansir dari Healthguide, studi tahun 2009 membuktikan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 1-3 gram daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan atau mengelola kadar glukosa dan kolesterol pada penderita diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Senyawa aktif yang terkandug dalam daun salam juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengatasi ketombe. Caranya mudah, kamu dapat merebus daun salam lalu membilaskannya pada rambut.

Air rebusan daun salam ini juga dapat digunakan untuk mengobati ruam dan kondisi kulit lainnya, meningkatkan tampilan kulit menjadi lebih sehat.

3. Memperbaiki Pencernaan

Manfaat daun salam selanjutnya adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan. Sebab, daun salam mengandung serat yang dapat membantu pencernaan makanan kompleks. Daun salam membantu tubuh mengeluarkan zat beracun melalui buang air kecil atau muntah. Selain itu, daun salam juga membantu menghentikan dan mencegah sakit perut.

4. Meningkatkan Sistem Pernapasan

Daun salam juga dapat meningkatkan kesehatan pernapasan. Tak heran, daun salam kerap digunakan sebagai salah satu bahan aromaterapi yang berfungsi untuk mengatasi radang selapur lendir hidung atau hidung tersumbat.

Dengan demikian, daun salam dapat membantu membersihkan saluran hidung dan juga membunuh kuman atau bakteri yang bersembunyi di sepanjang jalan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daun salam dapat membantu merawat jantung antara lain dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab, daun salam mengandung asam caffeic.

Kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit kesehatan dan hipertensi. Selain itu, daun salam juga mengandung rutin yang dapat meningkatkan perlindungan kapiler.

6. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun salam selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan karena mengandung zat antiinflamasi. Senyawa seperti parthenolide membantu mengurangi peradangan, terutama di sekitar persendian.

Daun salam juga memiliki penghambat oksida nitrat, seperti cineole, yang dapat mencgah dan mengurangi kemungkinan peradangan.

7. Menetralisir Racun

Daun salam kaya akan antioksidan terutama fitonutrien seperti cineole yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Beberapa racun yang dimaksud dapat memengaruhi sel lain dan bisa memicu kanker. 

Jadi, mengonsumsi daun salam juga bisa membantu mencegah atau mengurangi risiko berkembangnya sel kanker dalam jangka panjang.

8. Mengurangi Kecemasan dan Atasi Stres

Manfaat daun salam yang lainnya adalah untuk mengurangi kecemasan dan stres. Daun salam memengaruhi hormon stres, memudahkan individu untuk tetap rileks dan membantu mengatasi kecemasan dan stres.

9. Mengatasi Insomnia

Bagi kamu yang menderita kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang berantakan, maka daun salam bisa menjadi salah satu solusinya. Sebab, daun salam sangat berguna untuk membantu mereka tidur lebih nyenyak dan istirahat dengan baik.

10. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kondisi medis yang dialami oleh banyak orang. Daun salam sendiri merupakan salah satu tanaman herbal yang dijadikan bahan jamu tradisional yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

Nah, itulah 10 manfaat daun salam bagi kesehatan yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!