Wanita Wajib Tahu! 14 Manfaat Daun Sirih untuk Organ Kewanitaan hingga Kecantikan

Daun sirih
Daun sirih (Foto : Freepik/ Edgunn)

Antv – Manfaat daun sirih secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Salah satu tanaman herbal ini sejak dulu dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Pasalnya, daun sirih memiliki kandungan asam nikotinat, protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, flavonoid, fenol, minyak atsiri, tanin, saponin, dan polifenolat.

Daun sirih sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh, organ kewanitaan hingga kecantikan.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih bagi tubuh kita? Yuk kita simak deretan manfaatnya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Daun Sirih untuk Organ Kewanitaan

img_title
Daun sirih. (Foto: Freepik: bowonpat)

Manfaat daun sirih yang paling umum diketahui oleh banyak orang adalah untuk kesehatan organ kewanitaan. Tak ayal, banyak produk pembersih area kewanitaan yang menggunakan ekstrak daun sirih sebagai bahan utamanya.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih merah untuk kesehatan organ kewanitaan? Yuk simak berikut ini!

1. Mengatasi masalah keputihan

Penelitian menyebutkan bahwa air rebusan daun sirih berguna untuk mengatasi keputihan pada organ kewanitaan.

Caranya mudah, kamu cukup merebus 3-4 lembar daun sirih dengan dua gelas air selama 10-15 menit. Jika daun sudah layu, matikan api dan diamkan air hingga bersuhu ruang.

2. Mengatasi Bau Tidak Sedap pada Organ Kewanitaan

Daun sirih diketahui mengandung antioksidan, eugenol, dan chavicol yang efektif untuk membunuh mikroba yang menyebabkan peradangan pada organ kewanitaan yang menyebabkan bau tidak sedap.

3. Meringankan Nyeri Haid

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk mengatasi nyeri haid. Kamu dapat merebus daun sirih dan kunyit lalu meminumnya sebagai jamu.

4. Mengobati Rasa Gatal pada Organ Kewanitaan

Rasa gatal pada organ kewanitaan disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan air rebusan daun sirih dan membasuhkannya ke area organ kewanitaan.

Akan tetapi, cara ini tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang karena ditakutkan akan mengubah perubahan PH pada area kewanitaan.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh 

img_title
Daun sirih. (Foto: Freepik/ bowonpat)

Manfaat daun sirih telah dipercaya sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan dijadikan sebagai obat herbal. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ini deretan manfaat daun sirih untuk kesehatan.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Zat yang terkandung di dalam daun sirih dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan dapat merangsang kinerja usus untuk menyerap nutrisi yang penting bagi tubuh.

Selain itu, daun sirih dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi permasalahan sembelit. Caranya mudah sekali, cukup konsumsi air rebusannya agar BAB lebih lancar.

6. Menyembuhkan Luka

Seperti diketahui, daun sirih mengandung senyawa saponin yang bersifat antiseptik, sehingga bermanfaat untuk penyembuhan luka. Selain itu, pada daun sirih merah terkandung senyawa tanin yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga luka bisa lebih cepat sembuh.

7. Menyehatkan Gigi

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Zat antimikroba yang terkandung dalam daun sirih dipercaya dapat mengatasi bakteri yang ada di dalam mulut.

Tak heran bila sejak zaman dahulu orang-orang kerap mengunyah daun sirih secara rutin untuk menjaga gigi tetap sehat.

8. Mencegah Infeksi

Selanjutnya, daun sirih bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri. Sebab, daun sirih mengandung fenol dan flavonoid yang dapat mengurangi risiko terkena infeksi bakteri. Selain itu, daun sirih juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

9. Mencegah Peningkatan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat daun sirih lainnya adalah dapat mencegah peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, penderita diabetes melitus dapat mengurangi risiko adanya gangguan di beberapa organ tubuh. Selain itu, air rebusan daun sirih juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh. 

10. Mencegah Kanker

Seperti diketahui, daun sirih mengandung senyawa fenolik yang berguna sebagai antibakteri, antimutagenik, antioksidan, dan antiproliferatif.

Sirih hijau mengandung senyawa fitokimia yag dapat mencegah kanker mulut dan usus besar. Selain itu, daun sirih juga bisa menangkal stres oksidatif dan radikal bebas yang sangat berpengaruh pada pencegahan kanker.

Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Masalah Kulit

 

img_title
Daun sirih. (Foto: Freepik/ bowonpat)

Kulit mulus dan glowing adalah dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Mereka yang tengah berjuang dengan masalah kulit tentu tergerak untuk mencoba berbagai cara yang mungkin dalat mengatasi masalah kulit yang mereka miliki.

Daun sirih adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan kulit? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

11. Mencerahkan Kulit

Siapa sangka ternyata daun sirih sangat berguna untuk mencerahkan kulit? Bahan alami yang satu ini disebut efektif dalam mengurangi bintik hitam pada kulit dan mencerahkan kulit yang kusam.

Daun sirih mengandung zat antibakteri dan zat pencerah kulit yang dapat membantu meringankna dan mencerahkan bintik-bintik gelap dan noda pada kulit.

12. Mengurangi Bengkak dan Sembab Pada Wajah

Jika suatu pagi kamu terbangun dengan wajah yang yang bengkak dan sembab, kamu bisa mengatasinya dengan daun sirih. Sebab, daun sirih memngandung zat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit.

13. Mengatasi Ruam Kulit

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu mungkin akan sering mengalami kemerahan dan ruam, apalagi jika kamu memiliki alergi terhadap sesuatu. 

Dalam kasus seperti ini, daun sirih bisa menjadi solusi untuk permasalahanmu. Caranya mudah sekali, cukup oleskan pasta daun sirih pada area yang terkena atau gosokkan saja daunnya sebagai pertolongan pertama.

Daun sirih akan membantumu menenangkan kulit yang tengah menagalami ruam dan infeksi pada kulit.

14. Mengurangi Rasa Gatal pada Jerawat yang Tumbuh

Salah satu manfaat daun sirih untuk kulit adalah mengurangi rasa gatal dan nyeri. Sifat antibakteri pada daun sirih membunuh bakteri penyebab gatal dan infeksi.

Oleh karena itu, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Menggunakan daun sirih pada kulit dua kali seminggu akan menghentikan masalah gatal dan jerawat pada kulitmu.

Nah, itulah deretan manfaat daun sirih bagi tubuh yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!