6 Manfaat Daun Sirsak, Atasi Kanker hingga Kesehatan Mulut

Daun sirsak
Daun sirsak (Foto : VIVA)

AntvManfaat daun sirsak menjadi sesuatu hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat. Meski demikian, daun sirsak ini telah banyak menuai perhatian dari sejumlah peminat kesehatan dan peneliti.

Sementara itu, daun dan buah sirsak ini juga cukup dikenal dengan menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Daun ini juga diklaim 10.000 kali lebih kuat dan lebih efektif daripada kemoterapi. Selain itu, daun sirsak juga telah memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan.

 

Sirsak (Annona muricata) juga dikenal sebagai Graviola atau paw-paw Brasil, adalah pohon cemara berbunga. Ini berasal dari Amerika Tengah, Meksiko, Kuba, dan sebagian India. Sekarang tersebar luas dari Cina tenggara ke Australia dan Afrika Timur dan Barat.

Pengobatan tradisional menggunakan daun sirsak dapat mengobati beberapa penyakit. Tanaman ini terutama digunakan untuk mengobati radang, rematik, hipertensi, diabetes, infeksi parasit, dan kondisi serupa lainnya.

Lalu, buah sirsak dapat dimakan dan memiliki nilai terapi yang baik. Ini populer sebagai agen anti-rematik. Ekstraknya melawan infeksi parasit dan cacing. Daun bekerja untuk mengobati hipoglikemia dan peradangan dan juga memiliki sifat antispasmodic.

Penasaran seperti apa tentang manfaat daun sirsak ini? Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dikutip dari beberapa sumber.

Manfaat Daun Sirsak

img_title
daun sirsak. (Foto: VIVA)

Daun tanaman sirsak adalah agen anti-inflamasi yang terkenal yang juga memiliki sifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti-parasit. Ekstrak dari sirsak ini secara positif bisa mempengaruhi sistem vital dalam tubuh manusia.

1. Dapat Membantu Pengobatan Kanker

img_title
daun sirsak. (Foto: Instgaram @rajashopping)

Studi menunjukkan efek antiproliferatif serta sitotoksik dari ekstrak tanaman sirsak ini terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit.

Lalu bahan bio aktif yang mungkin bermanfaat disebut annonaceous acetogenins (AGEs). AGEs ini terlibat di dalam sifat antikanker sirsak yang membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker.

Akan tetapi, penelitian yang lebih ketat diperlukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas sirsak dan daunnya.

2. Dapat Mengontrol Peradangan

img_title
Daun sirsak. (Foto: Instagram @umiherbalgk)

Sebuah studi telah mengidentifikasi lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang mempunyai sifat anti inflamasi. Studi penelitian ini lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek anti-inflamasi pada daun sirsak.

Sementara itu, ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan luka pada penelitian tikus yang telah dilakukan.

Rebusan daun dioleskan untuk efek anti-rematik dan neuralgiknya. Ini juga dapat mengurangi atau menyembuhkan abses dan luka. Ekstrak daunnya bisa meredakan kondisi peradangan seperti sistitis, rematik, nyeri rematik, demam, diare, disentri, malaria, parasit, dan ruam kulit.

Ekstrak dari daun sirsak ini dapat menghambat mediator inflamasi seperti IL-6, TNF-α, IL-1β, serta nitric oxide (NO). Tiap dosis 100 mg/kg ekstrak daun sirsak terbukti sebagai anti-nociceptive (memblokir nyeri) terhadap tikus.

Manfaat daun sirsak juga bisa menyembuhkan bisul, lesi, luka terbuka, dan edema dengan hampir tidak ada toksisitas terhadap penelitian tikus.

3. Dapat Membantu Mengobati Insomnia

img_title
daun sirsak. (Foto: Instagram @mafahim_gorontalo15)

Secara tradisional, manfaat daun sirsak sudah digunakan untuk mengobati insomnia.

Daun sirsak mempunyai aktivitas relaksan otot polos yang bertindak sebagai obat penenang. Mengonsumsi segelas teh daun sirsak nyatanya dapat membantu meredakan stress.

4. Membantu Mengatur Gejala Diabetes

img_title
daun sirsak. (Foto: VIVA)

Pemberian harian 100 mg/kg ekstrak sirsak encer terhadap tikus menunjukkan bahwa kontrol glikemik yang kuat. Daun tanaman sirsak ini bisa membantu meningkatkan metabolisme glukosa.

Penelitian tentang buah sirsak yang berkepanjangan (selama 28 hari) terhadap tikus dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kadar kreatinin serum. Hal ini juga menyeimbangkan aktivitas enzim hati (AST, ALT, dan yang lainnya).

5. Memiliki Properti Antivirus

img_title
daun sirsak. (Foto: Pixabay)

Manfaat daun sirsak yang berikutnya untuk kesehatan tubuh kamu yakni memiliki properti antivirus. Sebab, ekstrak sirsak ini menunjukkan sifat antivirus terhadap virus selektif. Tanaman dapat mengganggu sebuah replikasi HIV-1 dalam sel inang.

Lalu ekstrak yang dimiliki daun sirsak ini pun dapat mencegah virus menempel pada sel inang. Ekstrak kulit serta batang sirsak tercatat bertindak melawan virus herpes simpleks (HSX).

Meski belum adanya penelitian yang lebih mendalam tentang ini yang menunjukkan efek serupa dengan daun, hasil penelitian tersebut pun dapat diekstrapolasi ke daun juga. Efek virucidal dari tanaman sirsak ini bisa dikaitkan dengan polifenolnya.

6. Melindungi Kesehatan Mulut

img_title
Daun sirsak. (Foto: Pixabay)

Manfaat daun sirsak yang berikutnya yakni dapat membantu dalam melindungi kesehatan mulut.

Pasalnya, daun sirsak ditemukan memiliki sifat bakterisida serta fungisida yang menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, serta Candida albicans.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak daun sirsak bisa digunakan untuk melawan mikroba mulut sampai batas tertentu. Ekstrak daun sirsak tersebut memiliki sifat antimikroba serta fungisida.

Strain pada daun sirsak ditemukan dapat menyebabkan periodontitis, gingivitis, serta penyakit mulut lainnya.

Penelitian laboratorium melaporkan efek antimikroba dari daun dan paling ampuh melawan jamur Candida albicans. Hasil ini menunjukkan potensi daun sirsak dalam mengobati gangguan pada mulut.

Kasen Somana, seorang Dokter Gigi Kosmetik Digital, mengatakan bahwa Tanaman Annona muricata ini dapat secara efektif membunuh strain Staphylococcus aureus dan kolera yang bisa menyembuhkan penyakit gusi, gigi berlubang, dan radang gusi dengan mengonsumsi daun sirsak.

Itulah 6 manfaat daun sirsak yang dapat kamu ketahui untuk kesehatan tubuh kamu. Tentu daun sirsak saat ini akan cukup mudah ditemukan, sebab tanaman ini biasanya akan terdapat di sebuah perkebunan atau halaman rumah.

Seperti yang diketahui pula, jika tanaman sirsak ini kaya akan manfaat serta khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Mulai dari buah hingga daunnya pun dapat memberikan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.