Fakta Menarik dan Sejarah Maroko yang Sukses Singkirkan Spanyol di Piala Dunia 2022

Fakta Menarik dan Sejarah Maroko yang Sukses Singkirkan Spanyol
Fakta Menarik dan Sejarah Maroko yang Sukses Singkirkan Spanyol (Foto : Twitter)

AntvMaroko lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menyingkirkan Spanyol 3-0 lewat adu penalti pada babak 16 besar di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022) malam WIB. Adu penalti digelar setelah kedua tim bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu.

Adalah kiper Yassine Bounou alias Bono, yang bermain di Liga Spanyol bersama Sevilla ini, menjadi pembeda manakala mampu mementahkan tendangan penalti tiga pemain Matador, Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets.

Tiga gol Maroko dalam adu penalti dicetak Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech, dan Achraf Hakimi. Satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol adalah Badr Benoun.

Maroko selanjutnya akan menghadapi Portugal di babak delapan besar. Portugal lolos ke perempat final usai menghancurkan Swiss, 6-1. Babak perempat final ini merupakan prestasi terbaik bagi Maroko selama 5 kali tampil di Piala Dunia.

Diketahui, Timnas Maroko yang berjuluk Singa Atlas hanya mencapai sekali babak 16 besar pada Piala Dunia 1986. Selebihnya, tidak mampu melewati babak grup. 

Terdapat beberapa fakta menarik dari sukses Maroko menaklukkan dan mengirim Spanyol pulang, yaitu:

- Maroko adalah tim Afrika keempat yang mencapai perempat final turnamen Piala Dunia setelah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010.

- Maroko adalah negara Afrika pertama yang memenangkan adu penalti di Piala Dunia dan ini merupakan yang kedua yang diperebutkan oleh tim Afrika (sebelumnya Ghana v Uruguay, 2010).

- Pahlawan Maroko dalam adu penalti di 16 besar adalah kiper Yassine Bounou alias Bono yang bermain untuk klub Spanyol, Sevilla.