Bersama Lawan Kanker Payudara, CISC Luncurkan Buku Panduan Navigasi

Kanker payudara
Kanker payudara (Foto : Freepik/ diana.grytsku)

Antv – Asosiasi Indonesian Cancer Information and Support Center (CISC) baru-baru ini meluncurkan Buku Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara. Buku tersebut berisi navigasi yang diperlukan oleh pasien kanker, khususnya kanker payudara.

“Buku ini merupakan persembahan kami sebagai organisasi pasien, mengingat di Indonesia, mayoritas pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit terdiagnosis pada stadium lanjut,” tutur Ketua Umum CISC, Aryanthi Baramuli Putri, SH., MH pada Selasa, 29 November 2022. 

img_title
CISC Luncurkan Buku Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara. (Foto: Dokumentasi)

Selain itu, buku panduan praktis tersebut juga ditujukan bagi keluarga pasien yang juga memiliki tantangan tersendiri sebagai pendamping. Sebab, pendamping pasien juga perlu mendapatkan akses terkait pengobatan pasien.

“Di samping itu, banyak tantangan yang dihadapi pasien dan keluarganya untuk mendapatkan akses ke pengobatan kanker secara medis dan tepat waktu, maka kami berharap buku ini dapat turut membantu mengatasi masalah yang dihadapi pasien kanker dan keluarganya,” lanjutnya. 

img_title
Buku Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara. (Foto: CISC)

Buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara terdiri dari enam bab yang diperkaya dengan hasil wawancara tim penulis dengan para pakar, berisi tentang tujuan, sasaran, ruang lingkup pasien navigator; kebijakan dan strategi; etika navigasi pasien serta hak dan kewajiban pasien; konsep dasar navigasi pasien; pengorganisasian dan sistem rujukan; dan monitoring dan evaluasi.