12 Manfaat Daun Singkong yang Menakjubkan bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Daun singkong
Daun singkong (Foto : Pixabay/ Amytril)

Antv – Manfaat daun singkong mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal, manfaat yang terkandung dari daun singkong ini sungguh banyak terutama bagi kesehatan tubuh.

Sebab, dalam daun singkong ini terdapat banyak vitamin dan mineral yang nyatanya sangat baik bagi tubuh.

Seperti yang diketahui, jika daun singkong ini akan cukup mudah untuk ditemukan, terlebih jika di daerah pedesaan. Tak sedikit masyarakat yang akan menanam singkong di pekarangan rumah untuk sekadar jadi lalapan untuk makan.

Rasa dari daun singkong ini sungguh nikmat dan lezat jika diolah dengan tepat yang dicampur beberapa rempah khas Indonesia. Bukan hanya itu saja, ternyata manfaat daun singkong ini juga bisa membantu untuk menambah nafsu makan.

Caranya sangat mudah yang bisa dilakukan untuk membantu menambah nafsu makan kamu, yakni mengolahnya dengan cara dibuat ramuan yang dicampur dengan jahe, lalu diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

Lebih lengkapnya, mari simak 12 manfaat daun singkong di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari healthbenefitstimes.

Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ sarangib)

Daun singkong ini lebih rendah kalori dan dapat memberikan efek kenyang. Daun singkong membantu pencernaan serta mengatasi sembelit.

Tak hanya itu, manfaat daun singkong ini bisa membantu meredakan sakit kepala, obat masuk angin, dan masih banyak lagi.

1. Baik untuk Ibu Hamil

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ mayapujiati)

Dikarenakan daun singkong ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, maka dalam hal ini bisa membantu ibu hamil untuk terhindar dari anemia.

Dalam hal ini, daun singkong mempunyai kandungan folat dan vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan rasa daun singkong cukup hambar, sebaiknya dimasak dengan cara dibuat sayuran atau daging dengan cara dicincang.

2. Bantu Melawan Kwashiorkor

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ Amytril)

Daun singkong ini kaya akan protein lisin yang dapat membantu dalam melawan kwashiorkor yang disebabkan oleh kekurangan protein.

Daun dan umbi singkong ini sebelumnya harus dimasak dulu dan dicuci dengan benar sebelum dimakan, sebab adanya glukosida sianogenik ini bisa menyebabkan keracunan sianida serta kehilangan penglihatan.

3. Mengobati Demam dan Sakit Kepala

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ mayapujiati)

Manfaat daun singkong yang berikutnya yakni bisa membantu mengobati demam dan sakit kepala.

Tentu rasa sakit yang satu ini pernah dialami oleh kebanyakan orang, maka salah satu hal yang bisa dilakukan dengan konsumsi daun singkong.

Dalam hal ini, tiga lembar daun singkong harus ditumbuk halus. Kemudian dapat membantu meredakan demam dan sakit kepala.

Cara lain yang bisa kamu lakukan, yakni dengan bagian akar serta daun direbus dengan menambahkan 80 gram batang, 400 gram daun singkong, dan satu liter air.

Hal ini harus dipanaskan terlebih dahulu sampai airnya berkurang setengah, lalu biarkan dingin.

4. Mengobati Diare

img_title
Batang dan daun singkong. (Foto: Pixabay/ Hadyd)

Manfaat berikutnya bisa membantu mengobati diare, caranya sangat mudah. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan merebus 7 lembar daun singkong ke dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.

Setelah itu, cairan yang telah dibuat tersebut harus diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare yang tengah dialami.

Lalu, kamu pun bisa mengobati ini dengan metode yang lain, yakni dengan cara mengambil satu liter air dan direbus dan tunggu sampai dingin.

10 lembar daun singkong yang baru saja dipetik dari pohonnya, harus dibuat pasta dengan lesung dan alu. Hak tersebut harus dicampurkan ke dalam air panas dan menutupinya.

Lalu, cairan ini harus diminum dengan cara menyaring daunnya pada pagi hari. Sisa cairan pun harus disimpan di lemari es dan bisa bertahan selama tiga hari.

5. Pandangan Mata Kabur

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ najibzamri)

Manfaat berikutnya yang bisa kamu rasakan dari daun singkong ini yakni bisa membantu masalah pandangan mata yang kabur.

Caranya sangat mudah, daun singkong harus direbus dengan menambahkan bawang putih serta garam, hal ini harus dikonsumsi sebagai lalap yang dimakan dengan nasi.

Mengkonsumsi ramuan daun singkong ini setiap hari, membantu mengobati penglihatan kabur pada seseorang.

6. Tingkatkan Nafsu Makan

img_title
Daun singkong. (Foto: Pixabay/ Chinhchichchoe)

Jika kamu saat ini tengah tidak nafsu makan dan ingin meningkatkan kembali nafsu makan kamu, maka cara alami yang bisa dilakukan dengan konsumsi daun singkong.

Caranya sangat mudah, kamu cukup merebus daun singkong yang dicampur bersamaan dengan bawang putih serta garam. Setelah itu, ramuan tersebut harus dikonsumsi dengan saus tomat serta dimakan dengan nasi.

Bukan hanya itu saja, bagian ubi kayu seperti batang dan umbinya pun dianggap bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Daun singkong ini bisa membantu mengembalikan nafsu makan.

Sementara itu, ramuan daun singkong dengan jahe tersebut alangkah baiknya untuk diminum setiap pagi setelah bangun tidur. Hal tersebut agar mendapatkan hasil maksimal untuk meningkatkan nafsu makan kamu.

7. Mengobati Radang Sendi

img_title
Daun dan batang singkong. (Foto: Freepik/ idgmart)
 

Tak hanya daun singkong saja, ternyata batangnya pun memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yakni bisa membantu untuk mengobati radang sendi. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kamu cukup merebus 100 gram batang singkong, 15 gram jahe, dan sebatang serai dengan 1000cc air sampai tersisa 400cc. Lalu kamu bisa meminumnya sebanyak 200cc dengan cara disaring dua kali sehari di setiap pagi serta sore hari.

8. Mengobati Cacingan

img_title
Daun singkong. (Foto: Freepik/ idgmart)

Manfaat berikutnya dapat membantu mengobati cacingan. Caranya pun terbilang sangat mudah, yakni dengan merebus kulit singkong dengan tiga gelas air sampai menjadi satu gelas nantinya.

Namun, hal tersebut harus disaring serta diminum sebelum kamu tidur di malam hari.

Hal ini dapat membantu kamu dalam menghancurkan cacing di perut serta menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah percobaan yang dilakukan oleh para ahli pada kambing muda, melaporkan jika konsumsi daun singkong ini membantu mengurangi infestasi nematoda.

Hal tersebut pun dipercaya dapat membantu dalam menghilangkan masalah cacingan, suplemen singkong atau pasta daun singkong dapat dikonsumsi dengan baik.

9. Mengobati Stroke

img_title
Daun singkong. (Foto: VIVA)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan, jika daun singkong ini dapat membantu mengobati penyakit stroke.

Sebab, daun singkong mengandung isollavon yang merupakan sebuah zat yang efektif dalam membantu penyakit tersebut.

10. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

img_title
Daun singkong. (Foto: Instagram @kebunsampingjalan)

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun singkong ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi daun singkong ini bisa membantu menjaga kebersihan diri dengan menghilangkan banyak penyakit.

11. Bantu Mengobati Rematik

img_title
Daun singkong. (Foto: Instagram @shodfarmindonesia)

Daun singkong mempunyai sejumlah magnesium yang tinggi, hal ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah serta menghilangkan risiko penyakit rematik.

Kamu bisa kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, serai, dan garam, lalu rebus sampai menjadi sekitar 400 cc.

Konsumsi cairan ini setiap hari dapat membantu mencegah penyakit rematik.

12. Memperkuat Kekebalan Tubuh

img_title
Daun singkong. (Foto: Instagram @sty.creativeon)

Manfaat daun singkong yang selanjutnya dapat membantu dalam memperkuat kekebalan tubuh.

Sebab, daun singkong ini memiliki banyak kandungan vitamin C serta folat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Vitamin C ini juga bisa membantu dalam menghancurkan bakteri serta virus. Daun singkong dapat juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, antioksidan pada daun singkong dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh.

Sedangkan, folat dapat membantu meningkatkan produksi sel dengan membantu genetik agar kehidupan dan menghindari tentang mutasi DNA.

Itulah 12 manfaat daun singkong yang dapat kamu ketahui untuk kesehatan tubuh kamu. Cara pengolahannya mudah dan tentunya daun singkong ini akan cukup mudah ditemukan, mulai di pasar hingga di pekarangan rumah.