19 Manfaat Buah Alpukat, Bantu Kinerja Otak hingga Tingkatkan Stamina Seksual

Ilustrasi buah alpukat
Ilustrasi buah alpukat (Foto : Freepik/ jcomp)

AntvManfaat buah alpukat sudah bukan menjadi rahasia lagi di kalangan banyak orang. Buah yang satu ini familiar dan sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat dan teksturnya yang lembut.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah yang memiliki nama latin Persea americana ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. kesuburan dan kecantikan

Keunikan buah alpukat dibandingkan dengan buah-buah lainnya adalah karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

Buah kaya nutrisi yang disebut sebagai superfood ini memiliki kandungan antara lain, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, kalium, natrium, asam folat, fosfor, beta karoten, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitami E, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di atas, maka manfaat buah alpukat sudah tidak perlu diragukan lagi. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini deretan manfaat buah alpukat untuk kesehatan, kesuburan dan kecantikan yang perlu kamu tahu.

1. Menjaga berat badan tetap stabil 

img_title
Ilustrasi buah alpukat. (Foto: Freepik/ jcomp)

Manfaat buah alpukat yang paling populer adalah untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Sebab, buah alpukat mengandung serat dan kerbohidrat yang tinggi, sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebi lama.

2. Mencegah sembelit

Seperti yang disebutkan di atas, alpukat mengandung serat yang sangat tinggi. Dan serat sangat dibutuhkan tubuh agar saluran pencernaan lebih lancar sehingga kamu akan terhindar dari sembelit.

3. Membantu mengendalikan tekanan darah tetap stabil

Buah alpukat mengandung kalium yang berguna untuk membantu pengendalian tekanan darah agar tetap stabil. Oleh sebab itu, buah alpukat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan mata. Sebab, buah alpukat mengandung antioksidan berupa zeaxanthin dan lutein. 

Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin dan dalam batas yang wajar, maka kelak di usia senja kamu akan terhindar dari masalah penglihatan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Mineral, protein, serat, lemak sehat dna vitamin yang terkandung di dalam buah alpukat sangat baik untuk kesehatan organ jantung. 

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kadar LDL atau lemak jahat dan meningkatkan kadar HDL atau emak baik dalam tubuh.

Sebagai informasi, ketika kadar LDL atau lemak jahat dalam tubuh terlalu tingi, maka dapat menyebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah jantung. Hal itu bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung.

6. Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang

img_title
Ilustrasi buah alpukat. (Foto: Freepik/ stockking)

Kepadatan tulang sangat penting untuk diperhatikan, sebab jika kepadatan tulangmu berkurang maka kamu berisiko terkena penyakit osteoporosis.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, salah satunya adalah buah alpukat. Karena alpukat mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin K yang sangat baik untuk tulang.

7. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Sebab, alpukat mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Mengonsumsi alpukat secara rutin akan membuat mikroba di dalam ususmu lebih banyak. Dengan demikain, maka metabolit pendukung kesehatan usus akan diproduksi lebih banyak dan pencernaan akan lebih sehat dan lancar.

8. Membantu mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang ganas dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Dan buah alpukat adalah salah satu bahan makanan yangdipercaya mampu mencegah penyakit ini.

Kandungan asam folat yang ada di dalamnya berguna untuk mengobati kanker. Selain itu, senyawa baik lainnya juga dapat membantu mencegah beragam jenis kanker, seperti kanker pankreas, serviks, lambung hingga usus besar.

Alpukat juga mengandung fitokimia yang mampu mencegah pertumbuhan sel prakanker dan kanker serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

9. Membantu fungsi dan kinerja otak tetap sehat

Otak adalah organ tubuh yang sanat vital karena menjadi pengirim sinyal pada organ tubuh lain agar berfungsi sebagaimana mestinya. Buah alpukat mengandung vitamin E yang jika dikonsumsi secara rutin maka kesehatan otakmu akan terjaga.

10. Mencegah radang sendi

Alpukat berguna untuk mencegah penyakit radang sendi. Sebab, buah alpukat mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

11. Meningkatkan Kesuburan

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat baik bagi perempuan. Sebab, buah ini mampu meningkatkan kesuburan.

Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit darah tinggi, obesitas atau kegemukan, resistensi insulin, dan juga diabetes.

Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin, maka kamu dapat mencegah masalah sel telur hingga 70 persen. Maka, buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan.

12. Meningkatkan stamina seksual

img_title
Ilustrasi buah alpukat. (Foto: Freepik/ jcomp)

Bukan hanya untuk perempuan, alpukat juga bermanfaat untuk laki-laki. Nutrisi yang terkandung di dalam alpukat dipercaya mampu meningkatkan stamina seksual pria.

Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat dipercaya mampu menghasilkan energi. Selain itu, alpukat mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mengatasi lelah. 

Dengan demikian salah satu manfaat buah alpukat yang dapat dirasakan jika kamu rutin mengonsumsi buah alpukat, maka kamu akan memiliki stamina seksual yang baik.

13. Meningkatkan produksi testosteron

Buah alpukat mengandung zinc yang dipercaya dapat membantu meningkatkan hormon testosteron pada pria. Seperti diketahui, dalam reproduksi pria, hormon tersebut memiliki peran yang sangat penting.

14. Meningkatkan kualitas sperma

Agar terjadi pembuahan yang maksimal, maka diperlukan sperma yang berkualitas dari pria. Untuk meningkatkan kualitas sprema, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan nutrisi lain yang menunjang kesehatan organ repoduksi pria, salah satunya adalah buah alpukat.

15. Membantu perkembangan janin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa alpukat disebut sebagai superfood yang sangat baik untuk dikonsumsi, apalagi untuk ibu hamil.

Manfaat buah alpukat selanjutnya didapatkan dari kandungan kalium dan asam folat yang berperan penting dalam perkembangan janin dalam rahim ibu. 

Dengan mengonsumsi buah alpukat, maka ibu hamil dan bayi dalam kandungan dapat terhindar dari cacat tabung saraf dan cacat jantung pada bayi.

16. Menjaga mood Tetap Stabil

Ketika mengalami PMS atau sindrom pra menstruasi, biasanya perempuan akan mengalami perubahan suasana hati yang sangat cepat. 

Kandungan vitamin B yang terkandung di dalam alpukat dapat meningkatkan mood dan berperan dalam mengurangi depresi sehingga suasana hati menjadi lebih stabil.

17. Melancarkan haid

Haid adalah hal yang rutin dialami oleh perempuan. Terkadang, perempuan juga mengalami permasalahan haid yang disebabkan oleh banyak faktor.

Bagi kamu yang mengalami permasalahan haid, kamu dapat memanfaatkan buah dan daun alpukat. Sebab, manfaat buah alpukat dan daunnya adalah dapat melancarkan haid. 

18. Menjaga kesehatan kulit

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. Tak heran, banyak orang yang rela merogoh kocek untuk membeli produk kecantikan atau menjalani perawatan agar tampil cantik dan sehat.

Bagi kamu yang ingin kulit sehat alami, kamu tak perlu khawatir sebab antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam buah alpukat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menunda penuaan dini.

Dengan rutin mengonsumsi buah alpukat, maka kerutan dan luka yang ada di permukaan kulit bisa hilang secara alami. 

19. Menyehatkan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Oleh sebab itu, rambut juga merupakan bagian tubuh yang penting dirawat agar tetap sehat dan cantik.

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Berbagai macam vitamin yang terkandung di dalam alpukat dipercaya mampu menyehatkan rambut. Maka tak heran jika banyak produk shampo yang menggunakan ekstrak buah alpukat.

Nah, itulah sederet manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!