45 Kata-Kata Umar Bin Khattab Tentang Kehidupan yang Cocok Dijadikan Pedoman Hidup

Ilustrasi kitab suci
Ilustrasi kitab suci (Foto : Freepik/ freepik)

Antv – Ada banyak sekali kata-kata bijak dari para tokoh agama maupun dunia yang cocok dijadikan sebagai inspirasi dan pedoman dalam menjalani kehidupan. Salah satunya adalah kata-kata Umar Bin Khattab.

Seperti diketahui, Umar Bin Khattab merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad yang ditunjuk sebagai khalifah penerus kepemimpinannya. Sebagai seorang pemimpin, ia juga dikenal dengan kata-kata inspiratifnya.

Kata-kata Umar Bin Khattab tak hanya meliputi persoalan kehidupan, tapi juga meliputi kata-kata cinta, kata-kata tentang persahabatan, dan nasihat kehidupan yang dapat dijadikan pedoman.

Penasaran apa saja kata-kata bijaknya? Yuk simak kata-kata Umar Bin Khattab tentang kehidupan berikut ini!

Kata-kata Umar Bin Khattab Tentang Ilmu

 

img_title
Ilustrasi kitab suci. (Foto: Freepik/ freepik)

 

  1. Raihlah ilmu dan untuk mendapatkannya belajarlah keadaan tenang dan sabar.
  2. Manusia yang berakal adalah manusia yang senang menerima dan meminta nasihat.
  3. Mahkota seseorang adalah akalnya. Derajat seseorang adalah agamanya, dan kehormatan seseorang adalah budi pekertinya.
  4. Jadilah manusia yang bermartabat, jujur dan selalu menyampaikan kebenaran.
  5. Ilmu itu ada tiga tahapan. Jika seseorang memasuki tahap pertama, maka dia akan sombong. Jika memasuki tahap kedua, maka dia akan rendah hati. Dan jika dia memasuki tahap ketiga, maka dia akan merasa bahwa ilmunya tidak seberapa.
  6. Berpegang teguhlah kepada kebenaran, bahkan jika kebenaran itu akan membunuhmu.
  7. Ambillah hikmah dan pelajaran dari kisah orang-orang terdahulu.
  8. Buatlah tujuan hidup, lalu pakailah segenap kekuatan untuk menggapainya, maka kamu pasti berhasil.
  9. Jangan menunggu sukses dulu baru bersyukur, bersyukurlah maka sukses itu pasti akan datang.
  10. Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al-Qur’an. Tapi lihatlah mereka yang perilakunya sesuai dengan Al-Qur’an itu sendiri.
  11. Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.
  12. Didiklah anak-anakmu dengan cara yang berbeda dari keadaanmu. Sebab mereka telah dijadikan Tuhan sebagai manusia untuk zaman mereka sendiri, bukan zamanmu.
  13. Seseorang yang selurus anak panah pun pernah mendapat beberapa kritikan.
  14. Tuntutlah ilmu sebelum menjadi pemimpin dan kesombongan menghalangimu untuk belajar, sehingga kamu tidak hidup dalam ketidaktahuan.

Kata-kata Umar Bin Khattab Tentang Nasihat Kehidupan

 

img_title
Ilustrasi berdoa. (Foto: Freepik/ jcomp)

 

  1. Bila kau hendak memuji seseorang, maka pujilah Allah. Sebab, tak ada seorang manusia pun di dunia yang lebih banyak dalam memberi padamu dan lebih santun padamu selain Allah.
  2. Orang yang paling kusukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.
  3. Jika kita letih karena kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan menghilang dan kebaikan akan kekal. Akan tetapi, jika kita bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan abadi.
  4. Janganlah bersedih atas sesuatu yang telah berllau, kecuali jika itu bisa membuatmu bekerja lebih keras lagi untuk sesuatu yang akan datang.
  5. Kadang orang dengan masa lalu paling gelap akan menciptakan masa depan yang paling cerah.
  6. Aku risau akan datangnya hari di mana orang-orang yang tidak beriman merasa bangga dengan kedustaannya. Sementara itu, orang-orang yang beriman malu dengan keimanannya.
  7. Aku tak pernah sekalipun menyesali diamku. Tapi, aku berkali-kali menyesali ucapanku.
  8. Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tak akan pernah melewatkanku.
  9. Hendaklah kalian menghisab diri sebelum kalian dihisab. Dan hendaklah kalian menimbang diri sebelum kalian ditimbang. Dan bersiap-siaplah akan datangnya hari besar di mana akan diperlihatkannya amal.
  10. Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lemah lembut.
  11. Menjauhi dosa itu lebih mudah daripada menanggung rasa sakit dari sebuah penyesalan.
  12. Memohonlah pertolongan kepada Allah agar Ia menolong kalian melawan nafsu jahat, sama seperti kalian memohon pertolongan dalam melawan musuh-musuh kalian.
  13. Sabar adalah ramuan paling menyehatkan dalam kehidupan kita.
  14. Tiada jalinan hubungan antara Allah dengan siapapun kecuali melalui ketaatan kepada-Nya.
  15. Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al-Qur’an. Tapi lihatlah pada mereka yang perilakunya sesuai dengan Al-Qur’an.
  16. Bila kau menemukan celah pada seseorang dna kau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu karena celamu lebih banyak dari dia.
  17. Cara terbaik untuk mengalahkan orang adalah dengan bersikap sopan.
  18. Aku tak peduli atas kesulitan kebahagiaanku, sebab aku tak tahu manakah di antara keduanya yang lebih baik untukku.
  19. Hindarilah sifat malas dan bosan, sebab keduanya adalah kunci keburukan. Sesungguhnya jika kau malas, maka kau tidak akan banyak melaksanakan kewajiban. Jika kau bosan, maka kau tidak akan tahan dalam menunaikan kewajiban.
  20. Perbanyaklah mengingat Allah, sebab itu ibarat obat. Jangan buat dirimu terlalu banyak mengingat manusia, sebab itu ialah penyakit.
  21. Orang yang tidak bisa menguasai matanya maka hatinya tidak akan ada harganya.
  22. Tiada rasa bersalah yang bisa mengubah masa lalu dan tiada kekhawatiran yang bisa mengubah masa depan.

Kata-kata Umar Bin Khattab Tentang Cinta dan Persahabatan

 

img_title
Ilustrasi berdoa. (Foto: Freepik/ jcomp)

 

  1. Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan. Jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan.
  2. Jika pasanganmu sedang marah, maka kamu harus tenang. Karena ketika satu di antaranya adalah api, maka yang lainnya harus bisa menjadi air yang bisa meredam amarah itu.
  3. Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku.
  4. Perempuan bukanlah pakaian yang dapat kamu kenakan dan kamu tanggalkan sesuka hati. Perempuan itu terhormat dan memiliki hak.
  5. Seorang pria dapat menjadi anak kecil dengan istrinya, tapi jika sang istri membutuhkannya, maka ia harus bertindak seperti pria dewasa.
  6. Janganlah tertipu dengan ucapan pria. Sesungguhnya, pria sejati adalah mereka yang selalu memnuhi amanah dan menahan diri dari mencela kehormatan orang lain.
  7. Dari sekian banyak sahabat, aku tdak menemukan sahabat yang lebih baik dibandingkan dengan menjaga lidah. Aku memikirkan semua pakaian, tapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik dibandingkan dengan menjaga takwa. Aku merenungkan tentang segala macam baik, tapi tidak mendapatkan yang lebih baik dibandingkan dengan memberi nasihat baik. Aku mencari segala wujud rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik dibandingkan dengan sabar.
  8. Duduklah bersama orang-orang yang mencintai Allah. Itu karena bergaul bersama orang seperti mereka akan mencerahkan pikiran.
  9. Teman yang sebenar-benarnya adalah dia yang menunjukkan kesalahanmu. Jika mereka hanya memujimu, mereka hanya algojo yang bisa menyakitimu.

Nah, demikianlah kata-kata Umar Bin Khattab tentang kehidupan dan inspirasi dalam menjalani hidup. Semoga bermanfaat!