38 Kata-kata Santri Tentang Kehidupan, Bijak hingga Lucu

Santri
Santri (Foto : VIVA)

Antv – Kata-kata santri ternyata sangat beragam dengan rupa-rupa ungkapan yang bisa membuat pembacanya terhibur.

Bukan hanya tentang kata-kata yang dapat menyejukan hati dengan mengambil beberapa kutipan tokoh yang kemudian dikemas dengan nunasa Islami semata.

Nyatanya kata-kata santri ini pun cukup banyak, mulai dari ungkapan bijak hingga lucu pun akan tercipta dari para santri.

 

Sebab, seperti yang diketahui jika kehidupan para santri ini sudah pasti banyak pengalaman selama mereka tinggal di pondok untuk mendapatkan ilmu agama.

Tentu bukan hanya tentang ilmu agama saja, namun segala hal tentang kehidupan di pondok bisa menjadi pelajaran berharga. Maka tak heran jika akan ada beberapa santri mengungkapkan pengalamannya tersebut ke dalam sebuah kalimat.

Tentu, selama mereka tinggal di pondok pesantren itu akan menemui beragam hal, mulai dari belajar tentang kehidupan, soal tanggung jawab, memanfaatkan waktu dengan baik, mendekatkan diri kepada Allah SWT, belajar ilmu agama dengan tekun, dan masih banyak lagi.

Jadi tak heran jika kata-kata santri ini akan cukup mencerminkan soal makna kehidupan, salah satunya mengenai ungkapan bernuansa Islam itu sendiri.

Sementara itu, akan ada beragam untaian kata-kata yang penuh makna yang tercipta dari para santri tersebut.

Penasaran apa saja kata-katanya? Mari simak 38 kata-kata santri di bawah ini, mulai dari yang bijak hingga lucu seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Kata-kata Santri Bijak

img_title
Santri. (Foto: VIVA)

Kata-kata santri yang pertama ini bernuansa bijak yang dapat menyejukan hati serta pikiran bagi pembacanya.

  1. Jika seseorang yang berniat belajar, apapun akan menjadi pelajaran. Akan tetapi, bagi orang yang tidak niat untuk belajar, maka kala ia sedang belajar pun tak akan menjadi pelajaran.
  2. Sebuah kesuksesan hidup ini tercipta jika kehadiran kita sendiri mampu memberi sebuah manfaat kepada orang banyak.
  3. Bagi luka yang telah dihapus oleh senja. Bagi duka yang semakin meraja lela. Yakinkan hati kamu untuk membaja. Setelah itu bisikkan lembut yang dibarengi dengan senyum manja, bersama Allah SWT, maka semua akan jadi baik-baik saja.
  4. Bukan dengan bekerja, uang serta pasangan kamu mulai merasakan bahagia. Tapi mulailah untuk diri kamu sendiri dan pertolongan Allah SWT.
  5. Ya Allah, terima kasih sudah memilih diri aku yang tidak ada lebihnya ini untuk jadi seorang Muslim.
  6. Islam itu mengajarkan tentang banyak hal dan makna dari kehidupan ini.
  7. Renungkan dan pikirkan semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua. Maka pasti kita tak akan bisa untuk menghitungnya. Jadi kamu bersyukurlah kepada Allah SWT dengan cara bertakwa terhadapnya.
  8. Saat beban kamu terasa berat. Maka ingatlah kepada sang pemberi rahmat lalu segerakanlah solat supaya kamu kembali bersemangat menjalani hidup.
  9. Kalau kita boleh memilih lima hal yang ada di dunia ini, maka pilihlah agama, harta, akhlak mulia, rasa malu, dan pemurah.
  10. Walau perhatianku tidak terlihat seperti Alif Lam Syamsiyah, cinta aku ke kamu seperti Alif Lam Qomariyah yang terbaca dengan jelas
  11. Kalau cinta itu Ilmu Tauhid, maka value cinta aku ke kamu ialah kemurnian emas 24 karat, semurni i’tiqodnya (ahli tauhid Rubûbiyyah).
  12. Aku berharap bahwa cinta kita ini seperti Waqof Lazim yang berhenti sempurna di akhir hayat.
  13. Segera untuk laksanakan rencana keberhasilan kamu di hari ini juga, jangan tunda-tunda lagi dan jangan buang waktu, karena waktu itu tak bisa menunggu.
  14. Kamu jadilah versi Muslim terbaik dari dirimu sendiri, lakukanlah hal yang tentunya bermanfaat bagi sesama.
  15. Kita mungkin terkadang akan lupa tentang apa yang dimiliki, akan tetapi kita selalu ingat tentang apa yang dimiliki orang lain.
  16. Dunia ini bukan menjadi tempat kongkow untuk umat Muslim, akan tetapi tempat untuk menjalani ujian dari Allah SWT.
  17. Sesungguhnya Allah SWT itu tak memandang wajah kamu serta tak peduli tentang harta kamu. Melainkan yang dilihat hati dan amalan kamu.
  18. Hadapi segala sesuatu kesulitan yang menghalangi dengan rasa ikhlas serta sabar, niscaya kita akan melewatinya dengan sangat mudah.

Kata-kata Santri Tentang Cinta

img_title
Santri. (Foto: Instagram @santri.teladan)

Kata-kata santri sendiri tak hanya tentang hal yang bijak, namun ada pula beberapa ungkapan tentang kalimat dengan nuansa cinta.

  1. Cinta aku untuk kamu seperti mad lazim, sebab paling panjang jika dibandingkan dengan cinta yang lainnya.
  2. Akhirnya setelah sekian lama kita bersama, cinta kita itu layaknya seperti  iqlab yang ditandai dengan dua hati yang menjadi satu."
  3. Jangan beri aku sebuah kado, tapi kasih aku mahar saja.
  4. Kalau cinta itu sebuah ilmu 'arudl, maka kisah cinta kita merupakan simfoni sangat indah yang menghasilkan sebuah harmoni tidak tertandingi di muka bumi. Cinta kita seindah dan semerdu harmoni syair berbahar Rojaz.
  5. Kalau cinta itu Ilmu Faroidl, maka kita merupakan dua sejoli yang selalu berbagi apa yang kita punya, seperti ashobah ma'a al-ghoyr."
  6. Kalau cinta itu seperti Ilmu Hadist, maka kualitas serta kekuatan cinta yang ada pada kita merupakan hadits shahih yang telah teruji serta sudah terverifikasi oleh berbagai ujian dan tempaan.

Kata-kata Santri Lucu

img_title
Santri. (Foto: Instagram @santri.teladan)

Kata-kata santri yang berikutnya yakni bisa membuat pembacanya tersenyum bahkan tertawa dengan segala ungkapan lucunya.

  1. Hidup itu ini Tuhan yang telah menentukan, kita hanya menjalaninya saja dan orang lain yang nyinyirin.
  2. Dalam sebuah hidup, perbanyaklah untuk mikir serta zikir, hal itu agar hidup jadi tenang serta tentram, selamat untuk makan siang dan  jangan lupa dibayar.
  3. Kehidupan ini terbentuk oleh mimpi-mimpi kamu. Maka berhentilah untuk membuang waktu serta pergilah untuk tidur.
  4. Jangan pernah sombong jika menjadi atasan. Di pasar saja, atasan diobral Rp10,000 dapat tiga.
  5. Kalau kata orang, cantik itu relatif, tapi  kata aku cantik itu tergantung dari letak kamera serta intensitas cahayanya.
  6. Aku sama sekali tak suka kekerasan. Akan tetapi tak masalah jika aku dipukul oleh keberuntungan serta kesalehan.
  7. Makeup terbaik yang diperuntukan bagi wanita adalah ilmunya. Akan tetapi, kosmetik lebih mudah untuk dibeli.
  8. Dunia ini bukan tempat untuk tinggal, akan tetapi tempat untuk meninggal.
  9. Hafalan itu lebih seru daripada memikirkan masa lalu.
  10. Kalau santri putri mencari-cari santri putra yang berdasi apalah dayaku, karena aku hanya santri penabuh terbang yang kenakan berpeci.
  11. Mungkin kami hanyalah seorang golongan santri, akan tetapi cinta pada negeri suci tak ternoda, hubbul waton minal iman.
  12. Mengingat hafalan itu tak semudah saat mengingat kenangan indah bersama kamu.
  13. Saat abah kyai rawuh, maka disitulah santri ta'dhim berada.
  14. Lulusan dari pesantren tak hanya bisa jadi guru ngaji atau kyai. Akan tetapi bisa juga jadi kalangan berdasi serta pengusaha yang mandiri tentunya.

Demikian 38 kata-kata santri yang penuh makna tentang kehidupan, mulai dari ungkapan yang bijak sampai lucu yang bisa membuat pembacanya tersenyum dan terhibur.