Kamu Wajib Tahu! Inilah 13 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Naga Merah
Buah Naga Merah (Foto : Freepik/ 8photo)

AntvBuah naga atau yang memiliki nama ilmiah Hylocereus polyrhizus merupakan salah satu jenis buah tropis dan eksotis yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang kemudian dibudidayakan di Asia.

Buah naga sendiri memiliki kekhasan sendiri dengan kulitnya yang seperti sisik berwarna merah magenta. Daging buah ini juga memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur berbintik hitam.

Buah naga memiliki beberapa jenis, yang dilihat dari warna daging buahnya. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis buah naga yang bisa kita nikmati, yaitu buah naga putih dan buah naga merah.

Tak hanya bentuknya yang unik, buah naga juga mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Apa saja manfaatnya? 

Berikut ini segudang nutrisi dan deretan manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan kecantikan dirangkum dari berbagai sumber.

Nutrisi dalam Buah Naga Merah

 

img_title
Buah Naga Merah. (Foto: Freepik/ wirestock)

 

Buah naga sendiri merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan kaya akan vitamin, sehingga sangat cocok dijadikan kudapan sehat ketika kamu sedang diet. 

Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah naga di antaranya:

Air: 85,7 gram

Energi: 71 kal

Protein: 1,7 gram

Lemak, 3,1 gram

Karbohidrat: 9,1 gram

Serat: 3,2 gram

Abu: 0,4 gram

Kalsium: 13 miligram

Fosfor: 14 miligram

Zat besi: 0,4 miligram

Natrium: 10 miligram

Kalium: 128 miligram

Zinc: 0,4 miligram

Vitamin B1: 0,5 miligram

Vitamin B2: 0,3 miligram

Niasin: 0,5 miligram

Vitamin C: 1 miligram

Selain deretan nutrisi di atas, buah naga merah juga mengandung senyama lainnya, seperti antioksidan, antosianin, karotenoid, dan likopen.

Nah, dengan berbagai kandungan nutrisi di atas, buah naga merah menyimpan segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

 

img_title
Buah Naga Merah. (Foto: Freepik/ freepik)

 

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Vitamin C dan senyawa karotenoid yang terkandung pada buah naga merah berfungsi untuk menetralisasi radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kedua zat tersebut dapat mencegah infeksi, sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

2. Merawat Kesehatan Usus

Melansir dari Healthline, manfaat buah naga merah yang mengandung prebiotik dipercaya dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. 

Prebiotik sendiri merupakan jenis serat khusus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus. Buah naga juga dapat mendorong pertumbuhan dua bakteri baik pada tubuh, yaitu asam laktat dan bifidobacteria.

3. Menahan Rasa Lapar

Buah naga merah merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak digemari sebagai kudapan sehat bagi para pejuang diet. Sebab, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang membantu menahan rasa lapar, mengenyangkan sekaligus rendah kalori, sehingga dapat mengontrol berat badan.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah bagi penderita diebetes. Buah naga sendiri mengandung gula alami sangat rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang disebabkan peningkatan kadar gula. Hal tersebut dapat terjadi karena sering mengonsumsi makanan atau minuman manis. Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok dijadikan cemilan sehat untuk para penderita diabetes.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah naga merupakan salah satu buah yang tinggi kalsium. Oleh sebab itu, manfaat buah naga merah selanjutnya adalah untuk menghindarkan tubuh dari risiko penyakit osteoporosis. 

Seperti diketahui, semakin tua usia seseorang, kekuatan tulang dan gigi akan semakin berkurang. Hal tersebut dapat menyebabkan tulang dan gigi akan mudah keropos. 

6. Mengatasi Anemia

Buah naga merah adalah salah satu sumber zat besi yang baik karena setiap porsinya mengandung 8 persen asupan harian yang direkomendasikan. Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap anemia.

Tak hanya itu, buah naga juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah naga merah secara rutin diyakini dapat menghindari dan mengatasi anemia.

7. Menjaga Rambut Tetap Sehat

Ekstrak buah naga disebut dapat memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi kerusakan pada rambut. Salah satunya, masalah rambut yang disebabkan oleh zat pewarna rambut buatan yang tergolong keras.

Caranya cukup mudah. Siapkan ekstrak buah naga yang dicampur dengan segelas susu dan dikonsumsi sekali sehari. Campuran itu dipercaya mampu menebalkan rambut, dan menjaga rambut menjadi hitam dan berkilau.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga diketahui mengandung beta-karoten yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah dari penyakit-penyakit seperti katarak dan degenerasi makula yang merupakan gangguan penglihatan yang kerap terjadi pada lansia.

9. Membantu Perkembangan dan Menjaga Kesehatan Janin

Buah naga merah diketahui mengandung vitamin B, asam folat dan zat besi, sehingga sangat ideal untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin B dan asam folat dapat mencegah cacat lahir dan meningkatkan energi ibu hamil selama masa kehamilan.

Kalsium yang terkandung dalam buah naga juga berperan penting dalam perkembangan tulang janin. Sementara kandungan magnesium di dalamnya akan membantu melawan komplikasi pasca-menopause pada wanita.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan

 

img_title
Buah Naga Merah. (Foto: Freepik/ towfiqu999)

 

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, buah naga merah juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Apa saja manfaatnya? Yuk simak berikut ini!

10. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar UV

Buah naga merah kaya akan vitamin B3 yang dapat menenangkan kulit yang terbakar oleh sinar ultraviolet. Buah naga dipercaya mampu mengatasi peradangan, kemerahan dan gatal yang disebabkan oleh sinar matahari. Tak hanya itu, vitamin B3 pada buah naga merah juga melindungi kulit dari sinar UV.

11. Mengatasi Jerawat

Buah naga diketahui kaya akann vitamin C yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya juga mampu mencegah kerusakan kulit dan menjaga kulit agar sehat dan glowing.

Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah naga mampu mengatasi kulit kusam dan membuat kulit tampak segar. Jika dikonsumsi secara rutin, buah naga dapat membantu meremajakan kulit.

12. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung di dalam buah naga dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif, sehingga membuat kulit kusam dan kering. Selain itu, radikal bebas bisa membuat kulit menua.

Maka untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan masker natural buah naga segar. Dengan demikian, kulitmu akan tampak sehat dan lebih muda.

13. Melembapkan Kulit

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah sebagai pelembap alami lantaran 80 persen dari buah naga adalah air. Dan air merupakan kunci untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit.

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, kulitmu bisa jauh lebih lembap dan terhidrasi. Dan dengan demikian, permasalahan kulit dapat dicegah.

Nah, itulah sederet manfaat buah naga merah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah yang mungkin sebelumnya tak kamu ketahui. Semoga bermanfaat!