Berwisata di Kebun Raya Bogor, Taman Hijau di Pusat Kota

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor (Foto : Lapis Bogor Sangkuriang)

Antv – Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi saat sedang di Kota Hujan. Di sini, pengunjung dapat bersantai sekaligus belajar dari objek-objek di dalamnya.

Kebun Raya Bogor adalah taman hijau yang berlokasi di pusat kota. Tempat wisata ini mempunyai koleksi tanaman sampai rangka hewan yang unik dan beragam. 

 

Di samping itu, Kebun Raya Bogor mempunyai objek-objek yang menjadi daya tarik pengunjung, seperti Taman Bambu sampai Istana Kepresidenan. 

Selain dijadikan sebagai tempat wisata edukasi, pengunjung sering kemari untuk sekadar berjalan santai, berolahraga, atau piknik. Pasalnya, tempat ini cukup luas dan teduh oleh pepohonannya yang rimbun. 

Kebun Raya Bogor memiliki luas sekitar 87 hektar. Pengunjung bisa mengelilingi setiap area dengan berjalan atau bersepeda. Jika tak mau lelah, pengunjung bisa memanfaatkan shuttle.

Untuk menggunakan shuttle tentunya pengunjung harus membayar dulu. Namun, selama itu pengunjung akan didampingi pemandu yang menjelaskan setiap objek wisata dan sejarah yang ada di Kebun Raya Bogor. 

Lalu, kira-kira apa saja objek wisata yang ada di Kebun Raya Bogor ini? Berikut artikelnya!

Kawasan Wisata di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata alam sekaligus edukasi, jadi pengunjung akan disuguhi oleh objek-objek alam seperti tanaman sampai bangunan yang bersejarah.

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa kawasan wisata, seperti Ecodom, Istana Kepresidenan, Museum Zoologi, Taman Bambu, dan Taman Meksiko. Berikut selengkapnya.

Ecodom 

img_title
Ecodom. (Foto: Klook)

Hal pertama yang menjadi daya tarik Ecodom adalah bentuk bangunannya yang unik sehingga menarik perhatian pengunjung. 

Bangunan Ecodom berbentuk kubah dengan tanaman lumut di sisi-sisinya. Ini menjadikan bangunannya terlihat seperti ditutupi oleh tanaman rambat raksasa.

Karena desain bangunannya yang unik dan estetik ini pula menjadikan Ecodom menjadi objek foto bagi pengunjung yang datang. 

Lalu, apa yang bisa kita temukan di Ecodom ini? 

Di Ecodom, pengunjung dapat belajar tentang flora atau tumbuhan. Tempat ini mengandung berbagai jenis tanaman. 

Sebagian besar tanaman yang ada di Ecodom ini berasal dari wilayah beriklim tropis, khususnya Indonesia. 

Istana Kepresidenan

img_title
Kebun Raya Bogor. (Foto: RimbaKita.com)

Istana Kepresidenan merupakan daya tarik utama dari Kebun Raya Bogor. Pengunjung dapat menyaksikan kemegahan dan keindahan bangunan bersejarah ini dari jarak cukup dekat.

Kemegahan Istana Kepresidenan semakin sempurna dengan keindahan taman dan danau yang ada di halamannya. Puluhan bunga teratai pun kian mempercantik halaman bangunan ini.

Pengunjung dapat bersantai di tepi kolam atau berfoto berlatar Istana Kepresidenan. Bunga-bunga teratai yang ada di kolam akan mempercantik foto. Bunga merah mudanya memberi lebih banyak warna pada lingkungan di sekitarnya. 

Museum Zoologi

Museum Zoologi ini berada di Istana Kepresidenan, yang menjadi salah satu kawasan edukatif di Kebun Raya Bogor. 

Museum Zoologi ini didirikan dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang hewan atau dunia fauna. 

Di Museum Zoologi, pengunjung dapat menemukan beragam jenis kerangka hewan langka. Pengunjung dapat mengetahui nama-nama hewan sampai melihat fosilnya secara langsung.

Semua kerangka hewan yang ada di Museum Zoologi telah melalui proses pengawetan. Hal ini dilakukan agar fosilnya dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Salah satu kerangka hewan yang paling terkenal di museum ini adalah ikan paus biru. Hewan ini mempunyai ukuran raksasa, yaitu dua kali lipat dari besar museum!

Ukuran itu baru fosilnya saja, ANTV Lovers. Bukan tubuh utuh ikan pausnya. Bisakah kamu bayangkan seberapa besar ikan paus biru yang asli? 

Taman Bambu

img_title
Taman Bambu. (Foto: Instagram @kebunrayabogor)

Daya tarik lainnya dari Kebun Raya Bogor adalah koleksi tanaman mereka yang beragam, salah satunya bambu. 

Kebun Raya Bogor memiliki Taman Bambu yang seringkali dijadikan objek foto oleh pengunjung. Selain itu, di sekitarnya pun banyak dihiasi objek lain yang terbuat dari bambu. 

Salah satu daya tarik di Taman Bambu ini adalah kubah segitiga yang bentuknya seperti atap rumah. Setiap kayunya diikat dengan tali agar menyatu sempurna. 

Taman Meksiko

img_title
Taman Meksiko. (Foto: Instagram @kebunrayabogor)

Setelah Ecodom, Kebun Raya Bogor juga memiliki kawasan wisata tanaman lainnya, yaitu Taman Meksiko.Ciri khas dari Taman Meksiko ini adalah tanaman kaktus di dalamnya.

Setiap tanaman kaktus di Taman Meksiko memiliki ukuran yang beragam, dari yang berukuran kecil sampai besar. Tanaman-tanaman kaktus ini tumbuh subur di kawasan ini. 

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Meksiko harus berhati-hati karena jalurnya dipenuhi oleh bebatuan dan kerikil. Oleh karena itu, pengunjung disarankan memakai sepatu beralas tebal yang tidak longgar. 

Selain itu, pengunjung harus berhati-hati dengan duri di tanaman kaktus. Jika tak waspada, durinya bisa menggores atau bahkan menusuk kulit hingga menyebabkan luka. 

Fasilitas di Kebun Raya Bogor

img_title
Kebun Raya Bogor. (Foto: RedDoorz)

Sebagai salah satu tempat wisata populer, Kebun Raya Bogor mempunyai fasilitas yang lengkap. 

Kebun Raya Bogor menyediakan toilet bersih, kursi-kursi, dan restoran serta beberapa spot yang menjual makanan dan minuman. 

Kebun Raya Bogor mempunyai lahan rumput luas yang sering digunakan sebagai tempat piknik dan bersantai oleh pengunjung. Pengunjung pun diperbolehkan membawa bekal, tetapi menggunakan wadah dan tidak boleh membawa kompor portable. 

Selain itu, Kebun Raya Bogor cocok bagi pengunjung yang ingin berolahraga. Jalur jalannya bersih, beraspal, dan teduh oleh pepohonan rimbun yang ada di sekitarnya. 

Sebagai tempat wisata, Kebun Raya Bogor tentunya mempunyai area parkir. Sayangnya, area ini tidak bisa digunakan setiap hari bagi pengguna mobil.

Mobil hanya boleh menggunakan tempat parkir yang tersedia setiap hari Senin sampai Jumat. Namun, pada Sabtu, Minggu, dan hari libur, tempat parkir ini tidak boleh digunakan. 

Jam Operasional Kebun Raya Bogor

img_title
Kebun Raya Bogor. (Foto: LIPI)

Kebun Raya Bogor buka setiap hari tanpa libur, sejak pukul 08.00—16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sama setiap hari kerja. Namun, pada akhir pekan atau hari libur harganya sedikit berbeda.

Harga tiket masuk di hari kerja (Senin—Jumat) adalah Rp16.500, sedangkan pada akhir pekan atau hari libur adalah Rp26.500. 

Harga tiket masuk pun berbeda bagi sepeda. Pada hari kerja akan dikenakan biaya tiket Rp15 ribu, sedangkan pada akhir pekan harga tiketnya sebesar Rp20 ribu. 

Perlu diingat bahwa tiket masuk sepeda itu belum termasuk tiket pengunjung. Jadi, pengunjung yang membawa sepeda harus membayar dua tiket sekaligus. 

Kebun Raya Bogor juga mematok harga tiket berbeda bagi pengguna kendaraan bermotor. Pengguna mobil diharuskan membayar Rp50 ribu, sedangkan harga tiket motor sebesar Rp5 ribu.

Peraturan di Kebun Raya Bogor

img_title
Kebun Raya Bogor. (Foto: IzyStay)

Demi menjaga ketertiban dan keamanan, Kebun Raya Bogor menetapkan aturan yang harus dipatuhi setiap pengunjung. 

  • Pembelian tiket bisa langsung dilakukan di tempat atau secara online di situs remi Kebun Raya Bogor. Untuk pembelian tiket secara online, klik di sini.
  • Anak-anak dengan tinggi badan 80 cm wajib membeli tiket masuk.
  • Untuk saat ini, tidak ada batas usia pengunjung. 
  • Pengunjung harus dalam kondisi kesehatan yang baik. Pengunjung pun harus mematuhi protokol kesehatan yang ada, seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer.
  • Pengunjung harus sudah mendapatkan vaksin minimal 2 dosis.