Nyeri Saat Haid? Cobalah Konsumsi Ini untuk Meredakannya!

Nyeri haid
Nyeri haid (Foto : Freepik/diana.grytsku)

Antv –Dismenore, yang juga dikenal sebagai kram atau nyeri saat haid adalah masalah ginekologi umum yang dialami oleh para wanita yang mengalami menstruasi.

Nyeri haid bukanlah gejala dari gangguan yang mendasarinya tetapi disebabkan oleh kerusakan lapisan rahim secara teratur selama menstruasi. Hal itu tentu menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang signifikan bagi beberapa wanita dan mengganggu rutinitas harian mereka. Rasa sakit biasanya dimulai beberapa jam sebelum atau saat haid berlangsung 1-3 hari.

Sesuai data dari berbagai laporan medis, 50-90% wanita usia subur mengalami gangguan haid, dengan mayoritas mengalami dismenore primer. Predominan dismenore primer sangat tinggi selama masa remaja, dengan 40-50% dari populasi ini mengalami gejala.

Nyeri dismenore primer dipicu oleh peningkatan produksi prostaglandin E2 dan F2a di dalam sel endometrium sekretori. Kram perut, sakit punggung, diare, kelelahan, sakit kepala, edema, mual, muntah, dan perubahan suasana hati adalah beberapa gejalanya.

Jika pengobatan biasa tidak menghilangkan gejala-gejala tersebut, Anda dapat mencoba mengubah pola makan. Kabar baiknya adalah makanan yang ideal untuk nyeri haid mudah sekali untuk ditemui. Dilansir dari Times of India, berikut 5 makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri haid:

Teh Chamomile