Simpel dan Mudah Dibawa, 7 Komik Online Terbaik yang Bisa Dibaca Secara Gratis

Dark Horse's Free Books
Dark Horse's Free Books (Foto : Bookriot)

Antv – Komik online saat ini semakin meningkat dan kian banyak digemari secara luas oleh semua kalangan masyarakat. Tak sedikit pula di antara mereka memilih untuk membaca komik online jika dibandingkan yang berbentuk buku.

Alasannya tentu cukup beragam, selain lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana, komik online pun dianggap lebih hemat biaya. Namun, tak sedikit pula komik online ini ada yang harus bayar alias tidak gratis.

Sementara itu, para kreator komik online pun kian membuat konten yang menawan untuk semua genre dan kelompok usia untuk memanfaatkan kepopularitasnya.

Buku komik sendiri telah menjadi salah satu bentuk paling populer selama beberapa dekade. Tapi, kemunculan komik online telah mempengaruhi cara orang mengonsumsi konten komik.

Komik online atau dikenal juga sebagai komik internet bahkan webtoon di beberapa belahan dunia merupakan konten grafis dan tulisan yang dipublikasikan di situs online atau perangkat pintar.

Untuk mengetahui tentang komik online apa saja yang bisa kamu baca secara gratis, mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dikutip dari Bookriot.

Komik Online

1. Marvel Unlimited

img_title
Marvel Unlimited. (Foto: Bookriot)

Komik online pertama yang bisa menjadi bahan rekomendasi untuk kamu baca yakni Marvel Unlimited. Di mana kamu bisa membaca Marvel Comics online gratis, sebab Marvel Unlimited adalah jawaban yang jelas, tetapi sebagian besar mengetahuinya hanya sebagai layanan berbayar.

Melakukan langganan bulanan atau tahunan, kamu akan mendapatkan akses ke lebih dari 28.000 komik. Aplikasi selulernya yang sesuai adalah salah satu aplikasi Marvel terbaik untuk penggemar buku komik.

Namun, unlimited ini menawarkan rangkaian pencicip, juga memberi kamu kesempatan untuk mencoba antarmuka panel pintarnya.

Ada perpaduan yang bagus antara karakter terkenal dan pahlawan yang kurang terkenal, sehingga kamu dapat menjelajahi banyak hal yang ditawarkan Marvel Universe.

Tentu saja, kamu akan melihat banyak seri debutnya, tetapi terus periksa karena ini menampilkan seluruh miniseri untuk dinikmati, termasuk komik yang terkait dengan acara dan film saat ini dan sebelumnya, seperti Marvel's Hero Project di Disney+.

Jika kamu menikmati aplikasinya, maka kamu dapat bergabung dengan Marvel Unlimited dengan langganan bulanan atau tahunan. Versi lengkapnya mencakup "Infinity Comics" digital-eksklusif, lampu sorot kreator dan karakter, dan banyak fitur fantastis lainnya.

2. DC Kids

img_title
DC Kids. (Foto: Tangkapan layar dckids)

Di DC Kids,  kamu bisa membaca DC Comics online yang ada di DC Universe Infinite, tapi itu tidak seluruhnya gratis dan dikunci di kawasannya. Untungnya, ada DC Kids, menawarkan edisi gratis yang cocok untuk anak-anak.

DC terkadang dikritik karena kurang humor dan aksesibilitas yang dikenal Marvel. Kamu pasti akan mendapatkan kesan ini jika menonton trilogi Dark Knight karya Christopher Nolan atau film Batman awal 1990-an Tim Burton.

Namun, animasi perusahaan sangat dicintai dan digembar-gemborkan. DC Kids adalah perpanjangan dari itu, memberi anak-anak titik masuk yang bagus ke dalam komik.

Tidak banyak masalah yang ditawarkan, tetapi itu termasuk rilis episodik seperti Shadow of Sin Tzu dan edisi perdana Tiny Titans, Super Friends, dan Batman: The Brave and the Bold.

3. Libby

img_title
Libby. (Foto: Bookriot)

Jika kamu ingin membaca komik online, Libby adalah pilihan ideal. Ini dipersembahkan oleh layanan perpustakaan setempat, kamu bisa mendapatkan banyak bacaan gratis untuk dipinjam selama 21 hari.

Tak hanya itu saja, jika kamu tidak yakin akan menyukai judul tertentu, kamu pun dapat membaca contoh sebelum meminjam dengan benar.

Ada bagian untuk anak-anak dan remaja, atau pembaca dapat menelusuri arsip luas novel grafis, majalah, dan bahkan buku audio.

Kamu pun memerlukan kartu perpustakaan, tetapi karena aplikasi ini disponsori oleh perpustakaan lokal di seluruh dunia, maka kamu sebenarnya dapat meminta kartu dari perpustakaan terdekat.

Pembaca pun dapat meminjam hingga 10 judul sekaligus dan mengunduhnya secara gratis juga, jadi jika akan berlibur dan tidak dapat menjamin akses internet, ini adalah pilihan utama.

4. Dark Horse's Free Books

img_title
Dark Horse's Free Books. (Foto: Bookriot)

Dark Horse adalah komik online berikutnya yang bisa menjadi bahan rekomendasi untuk kamu baca. Komik ini memang hebat dengan lisensi untuk banyak waralaba yang sangat disukai.

Halaman buku gratis perusahaan adalah cerminan dari itu, yang juga bertindak sebagai cara yang bagus untuk memasukkan pendatang baru ke dalam komik.

Katakanlah kamu memiliki teman yang menyukai Stranger Things. Buat mereka ketagihan dengan memperkenalkan mereka ke komik gratis yang satu ini, mungkin kamu suka bermain Overwatch.

Merek populer lainnya yang akan kamu temukan di sini termasuk Minecraft, The Umbrella Academy, Hellboy, Avatar, dan Mass Effect.

5. Digital Comic Museum

img_title
Digital Comic Museum. (Foto: Tangkapan layar digitalcomicmuseum)

Jika kamu ingin melihat asal-usul media buku komik, kunjungi Museum Komik Digital. Maka kamu dapat menghabiskan waktu berhari-hari membaca buku komik gratis dari zaman keemasan (1930-an hingga 1950-an).

Judul dan karakternya mungkin tidak asing lagi, meski Captain Marvel yang kini dikenal luas sebagai Shazam, memang muncul. Namun para pembaca bisa melihat bagaimana buku-buku zaman keemasan tersebut yang memiliki pengaruh kuat pada karya-karya masa kini.

Pembaca pun tidak akan menemukan buku komik modern di sini. Meskipun demikian, sangat menyenangkan menelusuri judul-judul klasik dari 70+ tahun yang lalu, melihat bagaimana karya seni dan penceritaan telah berubah.

6. Comic Book Plus

img_title
Comic Book Plus. (Foto: Bookriot)

Didirikan pada tahun 2006, Comic Book Plus mengambil sikap yang mirip dengan Museum Komik Digital, menampilkan komik Zaman Keemasan dan Perak di domain publik.

Akan tetapi, dalam situs ini para pembaca akan merasakan sensasi yang sedikit berbeda saat membaca di situs yang lainnya. Ini merupakan arsip yang merayakan seluruh genre yang berarti ini menyertakan sejumlah fitur yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Dalam situs ini, ada bagian yang dikhususkan untuk fanzine, pulp fiction, komik non-Inggris, surat kabar dan majalah, iklan, buklet, poster informasi publik, dan bahkan buku mewarnai.

Comic Book Plus adalah sumber yang bagus untuk penggemar buku komik, desainer grafis, dan sejarawan. Begitu kamu mulai menjelajah dan mencoba membacanya, maka kamu akan sangat sulit untuk berhenti.

7. GoComics

img_title
GoComics. (Foto: Tangkapan layar gocomics)

Komik online berikutnya yang bisa kamu baca yakni GoComics. Dalam situs ini menampilkan pahlawan super. Komik sendiri adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, terbukti dari banyaknya strip humor yang bisa kamu temukan di surat kabar.

Dalam situs ini, ada dua opsi berlangganan, yakni yang gratis dan berbayar. Untungnya, yang pertama adalah semua yang kamu butuhkan (walaupun mendorong pembaca untuk mendukung layanan ini).

Tak hanya itu, GoComics menawarkan katalog besar termasuk kartun yang kurang dikenal dan nama-nama populer seperti Peanuts, Dilbert, dan Calvin and Hobbes.

Itulah 7 komik online yang bisa kamu baca dengan gratis. Meski demikian, tak sepenuhnya gratis, sebab ada beberapa bagian yang nyatanya perlu langganan.