ANTV Hidupkan Lagi Lensa Olahraga, Iconic Program TV Tahun 90-an dan 2000-an Awal

ANTV Hidupkan Lagi Lensa Olahraga, Iconic Program TV
ANTV Hidupkan Lagi Lensa Olahraga, Iconic Program TV (Foto : Istimewa)

AntvLensa Olahraga atau Lensor itu kepala. Lainnya hanyalah ekor. Sebagus-bagusnya ekor, adanya di belakang. Kepala tetap di depan. Tetap yang paling diingat dan dihormati. Itulah Lensor sebagai program berita olahraga pertama di Indonesia.

Kreator program Lensa Olahraga, Reva Deddy Utama, dalam sebuah kesempatan pernah berkata kepada penulis, "Saya bikin Lensor itu karena sebelumnya gak ada program berita harian olahraga di Indonesia. TVRI sebagai TV pertama, sejak awal hanya pernah punya magazine program olahraga mingguan. Namanya dari Gelangang ke Gelanggang. TV swasta pun belum ada yang memulai. Sebelum ada Lensa Olahraga, berita olahraga harian hanya naik sebagai segmentasi program berita umum."

Lensor pertama kali tayang di ANTV pada tanggal 26 Oktober 1996. Kehadirannya menjadi pelopor program berita olahraga harian pertama dalam sejarah pertelevisian di Indonesia.

Awalnya Lensor tayang pada malam hari pukul 23.00 WIB. Kemudian sempat bergeser dini hari jam satuan dan pernah juga pindah ke pagi hari sebelum dan sesudah adzan Subuh.

Jam berapapun Lensor tayang, pemirsanya tetap terjaga. Hingga akhirnya di awal tahun 2000an lensor memiliki saingan dari TV swasta lain. Ada 4 stasiun TV yang secara konsisten menduplikasi kreatif produksi Lensor, hingga saat ini.

Selain menyasar pemirsa dewasa, anak muda yang tumbuh di era tengah tahun 90an dan tahun 2000an awal, hingga tahun 2016 pasti akrab dengan Lensor. Mereka banyak yang bersaksi, rasanya belum afdol tidur malam kalau belum lihat Lensor yang dibawakan oleh Monica Desideria.

Ketika dipindahkan ke awal pagi hari, mereka pun belum akan berangkat ke sekolah atau kampus jika belum nonton Lensor.