Bahaya Pneumonia pada Anak yang Bisa Sebabkan Kematian, Begini Pencegahannya!

Pneumonia pada anak
Pneumonia pada anak (Foto : Freepik/ Dragen Zigic)

Antv – Belum banyak yang mengetahui bahwa pneumonia merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar pada balita dan anak di dunia dibandingkan dengan penyakit lainnya. 

Menurut laporan World Health Organization (WHO) tahun 2021, pneumonia menyumbang sekitar 14 persen dari kematian semua anak-anak balita atau di bawah usia 5 tahun. Laporan itu didukung pula oleh data statistik dari UNICEF Indonesia.

Hal tersebut lantaran sistem kekebalan tubuh anak dan balita yang masih belum sempurna dan sepenuhnya berkembang. Oleh sebab itu, pneumonia cenderung lebih cepat menunjukkan gejala pada anak-anak. 

img_title
Risiko Pneumonia pada anak. (Foto: Pfizer.id)

Pneumonia pada anak bisa diakibatkan oleh gabungan dari beberapa faktor seperti sistem kekebalan tubuh, lingkungan (paparan asap rokok dan polusi), dan penyakit bawaan, khususnya penyakit paru sejak lahir.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa pneumonia juga dapat menyerang anak yang sehat. Akan tetapi, risiko pneumonia pada anak juga dapat meningkat dengan kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa faktor risiko pneumonia dengan kondisi kesehatan tertentu pada anak di antaranya: