Jatuh Setiap Tanggal 12 November, Inilah Sejarah Hari Ayah Nasional

Hari Ayah Nasional
Hari Ayah Nasional (Foto : Freepik/freepic.diller)

Antv –Setiap tanggal 12 November, Indonesia memperingati Hari Ayah, dimana ayah merupakan kepala rumah tangga yang berperan penting di dalam keluarga. Tidak hanya sekedar memberi nafkah, namun juga sebagai pelindung dan panutan untuk keluarga. Maka dari itu kita perlu mengingat jasa-jasanya dan tentunya semakin sayang kepada ayah kita.

Berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 19 Juni, Hari Ayah Nasional jatuh pada tanggal 12 November setiap tahunnya.

Berawal dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), sehingga terbentuklah Hari Ayah Nasional.

Dilansir dari laman Kemdikbud, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2006, kemudian menggelar Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut antusias oleh para peserta, hingga terbesit pertanyaan kapan diadakannya Hari Ayah Nasional itu diperingati.

Pada tanggal 12 November, PPIP kembali mengadakan deklarasi Hari Ayah di Indonesia, sehingga tanggal tersebut lah yang digunakan sebagai ketetapan peringatan Hari Ayah Nasional.

Keputusan ini juga telah melalui kajian yang cukup panjang. Deklarasi Hari Bapak Nasional dilakukan pertama kali di Solo pada 12 November 2006 di Pendapa Gede Balai Kota Solo.