Dear Mom, Ini 3 Cara Mengajari Anak agar Memaafkan Orang Lain

Children forgiveness
Children forgiveness (Foto : Freepik/user18526052)

Antv – Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa mengajari anak-anak untuk memahami perspektif orang lain dapat mempermudah mereka untuk belajar bagaimana memaafkan orang lain. 

Studi itu juga menemukan bahwa mengajari anak-anak untuk meminta maaf yang tulus dapat membantu mereka menerima permintaan maaf dari orang lain.

"Memaafkan penting pada anak-anak dan orang dewasa untuk memulihkan hubungan dan membatasi konflik di masa depan," kata Kelly Lynn Mulvey, penulis utama studi dan profesor psikologi di North Carolina State University. Dikutip dari laman Hindustan Times pada Sabtu, 5 November 2022.

img_title
Mengajari Anak Memaafkan Orang Lain. (Foto: Freepik/josecarloscerdeno)

"Tapi kami tidak tahu banyak tentang apa yang membuat anak-anak lebih cenderung memaafkan orang lain, terutama dari masa kanak- kanak hingga remaja. Itulah yang ingin kami jelajahi dengan penelitian kami."lanjutnya.

Maka dari itu, Mulvey dan kolaboratornya melibatkan 185 anak, antara usia 5 dan 14 tahun, dalam penelitian ini. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan setiap anak yang mengumpulkan informasi latar belakang dan menilai keterampilan "teori pikiran" anak.