Kasus Kanker Serviks di Indonesia Meningkat, Simak Cara Kenali Gejalanya

George Stylianou, Managing Director MSD Indonesia
George Stylianou, Managing Director MSD Indonesia (Foto : ANTVKlik/R Camilla)

Antv – Penyakit kanker serviks menjadi salah satu penyakit dengan angka kasus tertinggi di Indonesia, khususnya yang menimpa kaum perempuan.

Mengutip siaran pers resmi yang diterima ANTVklik pada Rabu, 2 November 2022, di Indonesia sudah tercatat 36.633 kasus baru dan 21.003 kematian akibat kanker serviks pada 2020. 

Angka ini menunjukkan terdapat 88 kasus baru dan lebih dari 50 kematian akibat kanker leher rahim setiap hari di Indonesia (Data Observasi Kanker Dunia, Globocan, 2020). 

Fakta ini menjadikan kanker serviks sebagai kanker dengan insiden dan kematian tertinggi kedua setelah kanker payudara di Indonesia. 

Oleh karenanya, para tenaga kesehatan di Indonesia menggaungkan kiat-kiat mengenali dan mencegah kanker serviks bagi masyarakat. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Gejala kanker serviks

Dalam pertemuan Kelas Jurnalis dengan para awak media pada Rabu, 2 November 2022, Dr. dr. Cindy Rani SpOG-KFER selaku Dokter Spesialis Kandungan & Ginekologi, menjelaskan kanker serviks kerap tidak menimbulkan gejala, sehingga sering kali baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut.