15 Manfaat Buah Sawo, Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah sawo
Manfaat buah sawo (Foto : Pexels/Riki Risnandar)

Antv – Sawo telah umum bagi rakyat Indonesia, tetapi buah ini masih asing di beberapa negara Eropa. Padahal, manfaat buah sawo begitu berlimpah sehingga patut dikonsumsi oleh setiap orang. 

Sawo disebutkan berasal dari Meksiko, Karibia, dan Amerika Tengah. Namun, seperti yang telah kita tahu buah ini telah meluas ke bagian negara lainnya di dunia, termasuk Indonesia.

Karena berasal dari luar negeri, nama untuk buah ini pun berbeda hampir di setiap negara. Amerika Utara menyebut sawo sebagai sapodilla, sementara itu Hindia Barat Inggris mengenalnya sebagai naseberry.

Di sisi lain, India menyebut sawo sebagai chiku, chicozapote di Meksiko, sapotillier di Hindia Barat Prancis, dan dilly di Bahama.

Buah sawo memiliki rasa yang manis karena mengandung gula yang tinggi. Pada umumnya sawo dimakan langsung, tetapi juga bisa diolah sebagai minuman atau makanan. 

img_title
Buah sawo. (Foto: Pexels/Riki Risnandar)

Bagian pohon sawo lainnya seperti daun, kulit kayu, termasuk buahnya telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, seperti mengobati demam, bisul, dan radang sendi. 

Selain itu, sawo telah terbukti mengandung senyawa tanaman yang kuat, serta banyak vitamin dan mineral. 

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam beberapa cara.

Namun, sebenarnya apa saja manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut ini artikelnya!

1. Untuk Tulang Yang Kuat

img_title
Ilustrasi perempuan - kesehatan. (Foto: Pexels/Chevanon Photography)

Buah sawo adalah sumber yang bagus untuk memperkuat tulang manusia. Kandungan kalsium yang ditemukan dalam buah dapat secara efektif meningkatkan kepadatan tulang.

Mengonsumsi sawo secara efektif dapat menangkal faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penyakit tulang seperti osteoporosis. 

Selain itu, buah sawo membantu kesehatan tulang anak-anak yang sedang tumbuh besar.

2. Mencegah Kekurangan Zat Besi

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/MART Production)

Tingkat mineral penting yang tidak memadai seperti zat besi dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti kelelahan kronis dan pusing. 

Oleh karena itu, ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi sawo secara teratur karena dapat membantu meningkatkan kekurangan zat besi. 

Mengonsumsi sawo dapat meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang dibutuhkan secara efektif. 

Namun, dalam kasus kekurangan zat besi yang parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut.

3. Untuk Kesehatan Perut

img_title
Ilustrasi perempuan - kesehatan. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Sawo adalah pembangkit tenaga serat makanan yang penting untuk menjaga sistem pencernaan manusia. 

Konsumsi makanan olahan atau minuman manis secara teratur membantu pencernaan sehingga potongan sawo segar dapat melawan secara efektif. 

Nutrisi yang ditemukan dalam buah dapat membantu meringankan sembelit bersama dengan masalah perut lainnya seperti muntah dan kembung. Oleh karena itu, masukkan sawo ke dalam pola makan untuk mencegah masalah pencernaan.

4. Sumber Magnesium

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Sawo adalah pembangkit tenaga magnesium yang dapat meredakan berbagai nyeri tubuh. Jika kamu sering mengalami nyeri otot, cobalah konsumsi buah lezat ini. 

Selain itu, kadar magnesium yang cukup dalam tubuh dapat membantu meringankan berbagai masalah kesehatan besar atau kecil.

Memasukkan sawo dalam bentuk apapun ke dalam makanan atau minuman juga membantu meningkatkan fungsi tubuh secara efektif.

5. Untuk Metabolisme

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Nathan Cowley)

Faktor-faktor seperti makanan olahan, asupan air yang tidak memadai, tidak ada aktivitas fisik, atau stres lingkungan dapat mempengaruhi metabolisme seseorang. 

Kamu dapat memasukkan makanan ke dalam pola diet untuk membantu melawan faktor-faktor menakutkan dan meningkatkan metabolisme. 

Nutrisi dalam sawo bermanfaat dalam hal di atas. Sawo tidak hanya dapat mencegahnya dari faktor-faktor yang merusak, tetapi meningkatkan tingkat metabolisme secara alami.

6. Meningkatkan Energi

img_title
ilustrasi kesehatan. (Foto: Freepik/ Wayhomestudio)

Kamu membutuhkan tubuh yang energik untuk tetap aktif sepanjang hari sekaligus untuk melakukan berbagai kegiatan. 

Tingkat energi yang rendah dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, kamu harus memilih pilihan makanan yang sarat dengan komponen penambah energi. 

Telah disebutkan bahwa sawo dapat meningkatkan tingkat energi karena banyak nutrisi sehat yang ditemukan di dalamnya. 

Selain itu, karbohidrat juga penting dalam hal ini. Kamu dapat memperoleh jumlah karbohidrat baik yang dibutuhkan dalam satu porsi sawo.

7. Untuk Kesehatan Mata

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Ron Lach)

Seperti bagian tubuh yang lain, kamu perlu melindungi mata dari penyakit kronis. Diperkaya dengan vitamin A, sawo bisa menjadi buah yang menyehatkan mata. 

Sawo memiliki potensi untuk menjaga penglihatan. Mengonsumsi sawo secara teratur dapat menunda penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. 

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi suplemen dan pilih sumber alami untuk mendapatkan banyak vitamin A untuk memperbaiki kondisi matamu.

8. Sawo Bersifat Diuretik

img_title
Ilustrasi Gangguan Ginjal Akut. (Foto: Freepik)

Ahli gizi telah meyakinkan bahwa sawo mengandung sifat diuretik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Mengonsumsi satu sawo setiap hari akan memungkinkan seseorang buang air kecil dengan benar. Dengan cara ini, tubuhmu akan membuang zat beracun, bahan kimia, kelebihan garam, dan air. 

Selain itu, sawo dikatakan efektif untuk melarutkan batu ginjal. Namun, jika kamu merasa sakit saat buang air kecil atau air senimu berwarna merah, konsultasikan dengan ahli urologi karena bisa menjadi gejala masalah ginjal yang serius.

9. Mengobati Batuk dan Pilek

img_title
Ilustrasi batuk. (Foto: Pexels/Towfiqu barbhuiya)

Sawo disebutkan dapat menangkal faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pilek dan batuk. Buah ini mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi sesak dada, dahak, dan produksi lendir. 

Ahli gizi menyarankanmu untuk memasukkan sawo ke dalam pola makan atau diet harian karena secara alami dapat mengobati flu virus dan demam. 

Selain itu, disarankan untuk menambahkan setidaknya satu sawo ke dalam makanan anak-anak untuk mencegah mereka menjadi mangsa pilek musiman dan infeksi virus.

10. Untuk Kesehatan Psikologis

img_title
Ilustrasi perempuan sedang stres. (Foto: Freepik/ DCStudio)

Buah sawo bisa menjadi cara yang nyaman untuk menjaga kesehatan psikologis. Penelitian telah menunjukkan bahwa sawo mengandung sifat obat penenang dan dapat mengendurkan saraf yang stres. 

Selain itu, mineral dan vitamin dapat secara efektif mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Faktor-faktor tersebut berpotensi mempengaruhi pola tidur yang biasanya mengakibatkan insomnia.

Oleh karena itu, mengonsumsi sawo manis dalam sehari dapat membantu menjaga kesehatan psikologis secara keseluruhan dengan cara alami.

11. Meningkatkan Imun Tubuh

img_title
Ilustrasi anak. (Foto: Pexels/Thgusstavo Santana)

Sawo kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu membangun kekebalan seseorang.

Polifenol yang ada dalam sawo dapat memerangi racun yang merugikan dan menurunkan risiko penyakit. Sawo juga memiliki sifat antibakteri dan anti-virus yang bertindak sebagai perlindungan sistem dari mikroba berbahaya.

12. Untuk Kesehatan Mulut

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Kamu tidak boleh mengabaikan bahkan masalah mulut ringan seperti gusi berdarah. Ini bisa menjadi gejala masalah kesehatan yang serius. 

Selain itu, kurangnya perawatan mulut dan kebersihan yang buruk dapat berkontribusi pada masalah mulut kronis seperti kanker mulut.

Kamu perlu mengambil tindakan pencegahan dalam hal ini. Dengan menambahkan sawo ke dalam pola makan harian, kamu dapat menjaga berbagai masalah mulut termasuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. 

Selain itu, kamu dapat menambahkan sawo ke dalam makanan anak-anak untuk mengurangi risiko yang terkait dengan kesehatan gigi mereka.

13. Bermanfaat Bagi Kulit

img_title
Jenis Kulit. (Foto: Freepik)

Kandungan berbagai vitamin, antioksidan, mineral, dan serat makanan menjadikan sawo salah satu buah yang bagus untuk kulit sehat dan bercahaya.

Vitamin E dalam buah ini mampu melembabkan kulit sehingga memberimu kulit yang sehat dan bercahaya. 

Sawo juga kaya akan antioksidan yang berperan sebagai senyawa anti penuaan dengan membasmi radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk meningkatkan proses penuaan.

Di sisi lain, biji sawo mengandung minyak kernel yang membantu mengurangi peradangan kulit dan kondisi kulit yang menyakitkan. Kamu dapat mengoleskan minyak ini sebagai tapal (obat) pada penyakit kulit yang sakit.

14. Bermanfaat untuk Rambut

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto: Pexels/Element5 Digital)

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sawo mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. 

Namun, tahukah kamu bahwa minyak biji sawo lebih bermanfaat daripada dagingnya dalam hal kesehatan rambut?

Minyak yang diekstrak dari biji sawo membantu melembabkan dan melembutkan rambut. Ini paling efektif ketika kamu memiliki rambut keriting yang tidak dapat diatur. 

Minyak ini juga mengurangi kondisi kulit gatal seperti dermatitis seboroik dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Untuk hasil terbaik, tumbuk biji sawo dan buat pasta, lalu campur dengan minyak jarak. Campuran ini harus dioleskan ke kulit kepala dan dicuci keesokan harinya.

15. Dapat Mengurangi Tekanan Darah

img_title
Ilustrasi kesehatan. (Foto: Pexels/Thirdman)

Sawo mengandung dua mineral yang penting untuk kesehatan, tekanan darah normal, magnesium dan potasium. 

Magnesium terlibat dalam aspek fisik dan kimia dari sistem peredaran darah. Mereka diperlukan untuk melebarkan dan meluaskan pembuluh darah yang memudahkan darah untuk bergerak.

Di sisi lain, kalium membantu menghilangkan natrium dari tubuh. Pasalnya, semakin banyak kalium yang dimiliki, semakin banyak natrium yang dapat dikeluarkan tubuh melalui urin.

Natrium sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Faktanya, pengobatan hipertensi seringkali melibatkan pengurangan asupan garam karena mengandung sodium.

Dengan makanan kaya kalium dan magnesium seperti sawo, kamu dapat mempengaruhi tekanan darah Anda dan membuatnya ke tingkat yang dapat diatur.

15. Menurunkan Risiko Kanker

img_title
Ilustrasi perempuan - kesehatan. (Foto: Pexels/Antoni Shkraba)

Sawo mengandung antioksidan dosis tinggi dan telah terbukti efektif dalam menurunkan risiko berbagai jenis kanker. 

Sawo mengandung tingkat vitamin A dan B yang sehat yang membantu dalam pemeliharaan beberapa lapisan lendir dalam tubuh. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru dan mulut. 

Selain itu, sawo merupakan sumber serat makanan yang membantu mengatur pergerakan usus yang sehat. Ini adalah kunci untuk mencegah timbulnya kanker usus besar.