13 Manfaat Buah Belimbing, Kaya akan Vitamin C untuk Wajah Awet Muda

Buah belimbing
Buah belimbing (Foto : Pixabay/ KenzoPhan)

Antv – Manfaat buah belimbing sangat banyak, salah satunya kaya akan vitamin C, sumber serat yang baik, dapat membantu mengatasi anemia, memiliki efek penghambatan pada mikroba, baik untuk mengurangi peradangan.

Selain itu, manfaat buah belimbing ini pun bisa memberikan tidur malam yang nyenyak, menjaga sistem pencernaan tetap teratur, meningkatkan metabolisme, dan dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Buah belimbing juga sangat menghidrasi, hipolipidemik, dapat membuat kulit tampak muda, dan memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional.

Berasal dari Asia, belimbing ini biasanya memiliki panjang sekitar 5-18 cm dan terlihat seperti bintang lima titik saat kamu mengirisnya. Buah mentah berwarna bening, hijau dan keras sedangkan yang matang berwarna kuning dan berair.

Lalu apa manfaat dari buah yang satu ini? Mari simak 13 manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh seperi yang telah dilansir dari laman Conserve.

Manfaat Buah Belimbing 

1. Belimbing Penuh dengan Vitamin C

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ sarangib)

Belimbing adalah sumber vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh (sekitar 57 persen dari nilai harian per porsi), itulah sebabnya kamu harus mengonsumsinya selama musim dingin atau sedang mengalami flu. 

Tak hanya itu, Vitamin C juga dapat membantu sintesis kolagen, protein yang menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan kuat. Manfaat buah belimbing ini dapat mengais radikal bebas penyebab penyakit dan melawan infeksi.

2. Sumber Serat yang Baik

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ sarangib)

Wanita harus mengkonsumsi sekitar 25 gram serat sehari dan belimbing dapat membantu kamu memenuhi tujuan itu. Satu porsi 100 g memberikan 2,8 gram serat, sedangkan buah jeruk memiliki 2,3.

Terlebih lagi, belimbing juga mengandung serat makanan yang tidak larut, yang menambah jumlah besar pada sistem pencernaan dan membantu kita tetap teratur.

Serat makanan mencegah penyerapan Kolesterol LDL di lapisan usus, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan obesitas.

3. Rendah Kalori, Rendah Karbohidrat, dan Rendah Gula

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay)

Buah belimbing merupakan salah satu pilihan yang baik untuk pemakan rendah karbohidrat dan rendah gula. Satu buah belimbing berukuran sedang menyediakan sedikit lebih dari enam gram karbohidrat dan sekitar 3,62 gram gula.

Bagi mereka yang pertama kali memulai diet gaya ketogenik rendah kalori, belimbing adalah pilihannya. Porsi berukuran rata-rata hanya memiliki 28 kalori. Jadi, jangan malu untuk menambahkan kelezatan asam manis ini saat berikutnya kamu makan salad atau smoothie.

4. Membantu Mengatasi Anemia

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, anemia lazim di antara anak-anak dan wanita hamil. Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum, terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk mensintesis sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Belimbing berukuran sedang hanya memiliki 0,08 mg zat besi tetapi vitamin C dalam buah ini memainkan peran kunci dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi sel darah dan membantu menangkal kelelahan dan pusing, gejala klasik anemia.

5. Memiliki Efek Penghambatan pada Mikroba

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ agapesocm)

Dikarenakan adanya fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan steroid, belimbing ini memiliki sifat anti-mikroba, anti-bakteri dan anti-jamur.

Dibandingkan dengan buah matang yang hijau atau mentah memiliki aksi penghambatan yang lebih tinggi terhadap mikroba.

Tak hanya itu, daun belimbing wuluh juga dapat bekerja melawan bakteri gram positif (Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus mutans) dan gram negatif (Klebsiella pneumoniae, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa). 

Ekstrak daun belimbing wuluh memiliki aktivitas anti-mikroba yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekstrak markisa dan daun pepaya, kata sebuah studi.

6. Belimbing baik Mengurangi Peradangan

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ michaelsiebers)

Flavonoid dalam belimbing wuluh seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat dapat membantu mencegah peradangan. Dengan sifat antioksidannya, senyawa ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan penyakit inflamasi.

Vitamin C dalam belimbing wuluh juga bersifat anti inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan pada persendian

7. Membuat Tidur Nyenyak

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay)

Buah belimbing ini sarat dengan magnesium (10 g per 100 g porsi), mineral yang meningkatkan tidur. Magnesium melakukan ini dengan mempertahankan kadar GABA (asam gamma-Aminobutirat), neurotransmitter penghambat.

Cara lain buah belimbing ini yakni dengan menginduksi tidur adalah dengan mengatur metabolisme.

8. Belimbing Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Teratur

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ MikeCastelan)

Manfaat buah belimbing yang selanjutnya yakni bisa menjaga system pencernaan tetap teratur.  Buah berlimping ini menyediakan serat larut dan tidak larut. Serat makanan membantu menjaga kesehatan usus, meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas mineral dan vitamin. 

Tidak hanya memberi makan bakteri usus tetapi juga memberi nutrisi pada saluran pencernaan. Secara tradisional, rebusan daun belimbing wuluh digunakan untuk membuang bakteri dan racun penyebab peradangan.

9. Belimbing Meningkatkan Metabolisme

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ KenzoPhan)

Tubuh manusia tidak hanya mengandalkan metabolisme untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi juga untuk bernapas, berpikir, mencerna, dan mengatur suhu. Metabolisme yang salah adalah penyebab sebenarnya di balik banyak penyakit.

Dengan kadar piridoksin (Vitamin B6), folat, dan riboflavin yang tinggi, belimbing dapat mempengaruhi proses metabolisme dan membuatnya sedikit lebih efisien. Vitamin ini berperan dalam segala hal mulai dari koordinasi saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan kontrol kognitif.

10. Buah Belimbing Membantu Menurunkan Berat Badan

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ nandhukumar)

Buah belimbing memiliki kalori yang sangat sedikit per buah, camilan tropis ini tidak akan membahayakan tujuan kalori kamu. Jika kamu mencoba mengurangi lemak tubuh. Faktanya, ini adalah camilan malam yang enak untuk dikunyah saat rasa lapar menyerang. 

Selain itu, penuh dengan serat, vitamin, dan mineral yang dapat mempercepat metabolisme yang akan sangat membantu untuk perjalanan penurunan berat badan.

11. Buah Belimbing Sangat Menghidrasi

img_title
buah belimbing. (Foto: Pixabay/ ignartonosbg)

Memenuhi delapan gelas air per hari tampak seperti tugas yang menakutkan pada beberapa hari. Tetapi tetap penting untuk minum banyak terutama pada hari-hari yang panas, lembab, atau setelah berolahraga. 

Jadi, buah belimbing ini menjadi salah satu buah yang paling menghidrasi dengan 91,4% air berdasarkan beratnya.

12. Belimbing Baik untuk Jantung

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay)

Buah belimbing memiliki jumlah kalsium yang moderat (3mg per 100 g), belimbing dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. 

Penelitian Jenita Doli Tine Donsu dan kawankawan menyimpulkan bahwa jus belimbing wuluh dapat digunakan sebagai terapi komplementer untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pasien hipertensi.

Lebih lanjut, manfaat dari belimbing memiliki kandungan potasiumnya yang tinggi (133 mg per 100 g porsi), belimbing berguna untuk merelaksasi pembuluh darah dan menjaga tekanan darah.

13. Belimbing Bisa Membuat Kulit Tampak Awet Muda

img_title
Buah belimbing. (Foto: Pixabay/ nika_jurgens)

Alasan lain untuk makan banyak buah belimbing ini mungkin bermanfaat untuk kulit kamu berkat antioksidan termasuk Vitamin C, quercetin, asam galat, dan flavonoid polifenol lainnya. Antioksidan melawan efek stres oksidatif dan menetralisir radikal bebas sebelum merusak kulit

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, sehingga dapat mencegah atau meminimalkan munculnya kerutan, sekaligus menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas noda seiring bertambahnya usia.

Nah, itu dia tadi deretan manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh kamu yang kiranya perlu untuk kamu ketahui.