Bukan Cuma Lezat, Ini 12 Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi buah nangka
Ilustrasi buah nangka (Foto : Freepik/ topntp26)

Antv – Di balik kelezatan dan aromanya yang harum semerbak, ada banyak sekali manfaat buah nangka yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Nangka merupakan buah tropis yang khas dan populer. Buah ini memiliki rasa manis yang khas, tekstur yang kenyal, dan aroma yang sangat harum sehingga kerap diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.

Nangka merupakan buah yang berasal dari famili Moraceae, yang di dalamnya juga termasuk buah ara, murbei dan sukun. Kemampuannya bertahan di iklim tropis membuat nangka sangat mudah ditemui di negara-negara seperti Indonesia.

Buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus ini memiliki tekstur kulit yang berduri dan berwarna hijau kekuningan. Buah yang berbentuk lonjong ini memiiki daging berwarna kuning dengan cita rasa legit dan aroma yang khas.

Di Indonesia, buah nangka dapat diolah ke dalam berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari keripik hingga es teler yang menyegarkan. Tak hanya itu, nangka muda bahkan juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat, yakni gudeg.

Tak hanya buahnya, biji buah nangka bahkan juga dapat diolah menjadi makanan. Caranya mudah, cukup rebus atau kukus biji nangka sampai lunak dan biji nangka pun siap dikonsumsi. 

Tak hanya itu, bagi seseorang yang menjalani gaya hidup vegan dan vegetarian, buah yang satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan makanan pilihan pengganti daging karena teksturnya yang mirip dengan serat-serat abon.

Lantas, apa saja sih nutrisi dan manfaat dari buah nangka? Berikut ini, deretan nutrisi dan manfaat buah nangka yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Nutrisi Buah Nangka

 

img_title
Ilustrasi buah nangka. (Foto: Freepik/ spams)

 

Buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Nangka mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang kamu butuhkan, serta serat dalam jumlah yang layak.

Keunikan buah nangka lainnya adalah kandungan proteinnya. Dalam satu cangkir nangka, tersedia 3 gram protein, lebih tinggi dari apel dan mangga.

Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya. Berikut ini deretan nutrisi yang terkandung dalam satu cangkir buah nangka:

Kalori: 155 gram

Karbohidrat: 40 gram

Serat: 3 gram

Vitamin A: 10% dari RDI

Vitamin C: 18% dari RDI

Riboflavin: 11% dari RDI

Magnesium: 15% dari RDI

Kalium: 14% dari RDI

Tembaga: 15% dari RDI

Mangan: 16% dari RDI

 

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

 

img_title
Ilustrasi buah nangka. (Foto: Freepik/ lifeforstock)

 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah nangka bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mencegah penyakit. Dengan mengonsumsi buah nangka, maka risiko terinfeksi virus juga akan berkurang.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dalam buah berwarna kuning ini. Dengan asupan serat yang cukup, kamu bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. 

Selain serat, buah nangk juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

3. Membantu Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain melancarkan pencernaan, manfaat buah nangka lainnya adalah untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini disebabkan karena kandungan serat dan protein yang terkandung di dalamnya dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Khasiat buah nangka lainnya adalah dapat membantu mengelola kadar gula darah. Sebab, buah ini memiliki indeks glikemik (GI0 yang cukup rendah.

Diet yang mengandung banyak makanan dengan tingkat GI yang rendah terbukti mampu membantu untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Selain itu, nangka juga mengandung beberapa protein yang dapat membnatu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Studi menyebut jika orang dewasa yang mengonsumsi ektrak nangka memiliki kadar gula darah yang baik dibandingkan yang tidak.

5. Melawan Radikal Bebas

Kandungan fitokimia, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut studi American Institute for Cancer, zat fitokimia memiliki sifat antioksidan yang berarti dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan ini, atau yang disebut sebagai stres oksidatif, berperan dalam perkembangan penyakit kronis, termasuk kanker.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Nangka merupakan salah satu sumber kalium yang baik. Menurut Aamerican Heart Association (AHA), makanan yang kaya akan kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium menurunkan tekanan darah dengan melawan efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. AHA merekomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat mengonsumsi 4.700 mg potasium sehari.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka dapat membantu mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol LDL atau kolesterol jahat adalah endapat lilin yang dapat menempel pada dinding dalam arteri. Saat endapan tersebut menumpuk, mereka dapat membatasi aliran darah, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Nangka mengandung vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen. Kolagen penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Selain itu, kolagen juga penting untuk mempercepat penyembuhan luka.

9. Menyembuhkan Insomnia

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah dapat menyembuhkan insomnia. Gangguan tidur ini dapat disembuhkan dengan makan nangka, karena kaya dengan magnesium dan zat besi yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

Magnesium juga membantu dalam mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

10. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebab, buah nangka kaya akan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya.

Serat dan antioksidan berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat. Sedangkan, kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi buah nangka sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab, buah bercita rasa manis ini mengandung kalsium dan vitamin C serta magnesium yang dapat membantu penyerapan kalsium.

12. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Buah nangka juga bermanfaat untuk merawat kesehatan mata dan kulit. Dengan kandungan vitamin A, nangka baik untuk menjaga kesehatan penglihatan mata karena meningkatkan penglihatan mata dan bertindak untuk mencegah katarak dan degenerasi makula.

Vitamin A juga dianggap sebagai komponen anti-penuaan aktif untuk pancaran kulit. Ini dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mencegah kerutan pada kulit.

Nah, itulah deretan manfaat nangka yang baik bagi kesehatan. Meski demikian, kamu tetap perlu memperhatikan kondisi tubuhmu. Sebab, beberapa orang mungkin perlu membatasi atau menghindari buah nangka karena alasan tertentu. Semoga bermanfaat!