6 Artis Korea Terkaya, Ada Idola Kamu?

G-Dragon (Kwon Ji-Yong)
G-Dragon (Kwon Ji-Yong) (Foto : Instagram @g__dragonn)

AntvArtis Korea terkaya kerap menjadi sesuatu hal yang membuat penasaran para penggemarnya. Sebab, mereka begitu banyak digemari oleh semua kalangan, terlebih remaja perempuan saat ini yang begitu menyukainya.

Selain itu, Kpop sendiri menjadi salah salah satu industri terbesar di dunia hingga kini. Menjadi seorang idol di Korea Selatan tentunya menjadi idaman untuk kaum muda terutama perempuan. Bukan rahasia lagi jika karier sebagai artis Kpop dapat menghasilkan uang yang sangat banyak.

 

Menjadi besar di dunia K-pop tidak sederhana, tetapi beberapa band atau nama artis Korea telah mencapai kesuksesan spektakuler di industri yang kompetitif. Melalui penampilan penting mereka, mereka mengumpulkan ketenaran dan kekayaan dalam jutaan dolar.

Berbicara tentang uang dan kekayaan, mari kita simak sederet artis Korea terkaya berikut ini yang telah dihimpun dari laman Seoulspace.

1. JYP (Jin Young Park)

img_title
JYP (Jin Young Park). (Foto: Instagram @asiansoul_jyp)

 

JYP sejauh ini adalah Idol Kpop terkaya sepanjang masa. Dia memiliki karier Kpop yang sukses selama pertengahan 90-an sebagai penyanyi dan penulis lagu, tetapi kekayaannya tidak sepenuhnya lepas landas sampai dia memulai perusahaan hiburan Kpop-nya sendiri JYP Entertainment.

Dia adalah kepala JYP Entertainment dan merupakan pemilik agensi bakat terkaya dalam hal nilai saham (17,8% saham). Saham JYP-nya saja bernilai $ 169 juta. Dia mendirikan perusahaan hiburan Kpop pada tahun 1997.

Sekarang, ia tidak hanya label rekaman tetapi juga agen bakat, perusahaan produksi dan perusahaan manajemen acara. Selain itu, JYP Entertainment memiliki berbagai anak perusahaan dan divisi di seluruh dunia.

Tahun 2006, JYP Entertainment sukses besar dengan kesuksesan girl grup pertama mereka, Wonder Girls. Kemudian pada tahun 2008, mereka menciptakan dua boy grup Kpop yang sukses, 2PM dan 2AM. JYP terus memproduksi lagu hingga hari ini.

Lalu, di tahun 2020, Park merilis single baru yang berjudul When We Disco bersama dengan Sunmi. Jadi, perkiraan kekayaan bersih dari JYP ini mencapai $250 juta lebih.

2. Kim Jaejoong

img_title
Kim Jaejoong. (Foto: Seoulspace)

 

Artis Korea terkaya berikutnya jatuh kepada Kim Jaejoong. Dia adalah seorang penyanyi, penulis lagu, aktor, sutradara, desainer, dan pengusaha. Tak hanya itu, dia juga seorang anggota grup Kpop JYJ dan TVXQ.

Namun, ia juga memiliki karier yang kuat sebagai aktor dalam drama Korea. Drama ini termasuk Triangle, Protect the Boss, Dr. Jin, dan Manhole, untuk beberapa nama. Dia juga mulai di film-film Korea seperti Jackal is Coming dan Heaven's Postman.

Tak sampai di sana, Kim Jaejoong juga membeli sebuah apartemen pada tahun 2012 yang sekarang bernilai hampir $3 juta. Ini adalah apartemen penthouse seluas 3.200 kaki persegi yang terletak di Samsung-dong.

Dua tahun kemudian, dia membeli Gedung J-Line 7 lantai yang terletak di Seocho-dong seharga $7 juta. Dia juga memiliki kedai kopi bernama Cafe J-Holic di Myeondong dan satu lagi bernama Coffee Cojjee di Samsung-dong.

Selain itu, ia memiliki sebuah bar di Gangnam bernama Holic-J dan sebuah restoran Jepang di Gangnam bernama Bum Story. Jaejoong baru-baru ini membuka cabang baru KAVE Cafe di Osaka, Jepang.

Tak hanya itu, ia menjalankan KAVE MALL di Shibuya, Jepang Ia dikenal memiliki mobil mewah seperti Bentley Continental, Lamborghini Murcielago LP-640, Mitsuoka Himiko, Audi R8, 2 Mercedes Benz, Porsche, Ferrari 458, dan Rolls- Royce Wraith.

Tahun 2015 lalu, Jaejoong memulai perusahaan fashionnya sendiri, dan dia mendesain mereknya sendiri yang dijualnya di toko pakaian mewahnya di Cheongdam.

3. PSY (Park Jae sang)

img_title
PSY (Park Jae sang). (Foto: Instagram @42psy42)

 

PSY adalah rapper Koren, penyanyi, penulis lagu, aktor, dan produser rekaman. Dunia mengenalnya karena single hit globalnya, Gangnam Style. PSY berasal dari keluarga kaya yang ayahnya menjadi ketua eksekutif DI Corporation dan ibunya memiliki banyak restoran di sekitar Gangnam.

Dia memulai karier musiknya di awal tahun 2000-an. Namun, pada tahun 2010 ketika dia dikontrak oleh YG Entertainment, dia mulai lepas landas. Pada tahun 2012 saja, ia mampu menghasilkan lebih dari $28 juta berkat single populernya.

Salah satu karyanya yakni Gangnam Style yang dalam beberapa tahun kebelakang telah menggebrak media sosial, dari sana pun ia mampu jadi Idol KPop Terkaya di Youtube.

Gangnam Style pada satu titik video yang paling banyak dilihat di YouTube dan dia bintang global. Diperkirakan bahwa gaya Gangnam menghasilkan $ 20 juta dari YouTube dan layanan streaming.

Dia juga bisa mendapatkan lebih dari 1 juta pengikut di Instagram, dan dia mampu menagih sekitar $2.000 per posting.

PSY juga memiliki sebuah kondominium di Westwood yang diperkirakan bernilai $1,5 juta. Sejak membobol pasar AS, ia telah bekerja dengan musisi Amerika seperti Will.i.am, Snoop Dog, dan Black Eyed Peas, hanya untuk beberapa nama.

Akhir-akhir ini, dia pun sangat aktif menjadi produser, tetapi dia masih melakukan tur konser di seluruh dunia. Dia mampu menghasilkan $300.000 untuk satu konser di Malaysia. Eksekutif rekaman terkenal Scooter Braun, manajer Justin Bieber, juga manajer PSY.

Ia juga seorang bintang film dan bintang televisi di Korea. PSY telah melakukan endorsement untuk merek seperti Sonic Drive-in, Wonderful Pistachios, Haute Couture, dan merek lokal Korea seperti Shin Ramin dan merek Soju Chamisul hanya untuk beberapa nama.

Tak hanya itu saja, dia juga terlibat dengan organisasi non-profit seperti World Vision dan Rotary International.

4. G-Dragon (Kwon Ji-Yong) – Idol Kpop Terkaya (Big Bang)

img_title
G-Dragon (Kwon Ji-Yong). (Foto: Instagram @g__dragonn)

 

G-Dragon adalah seorang rapper, penulis lagu, produser, model, dan trendsetter mode. Dia adalah anggota Big Bang dan telah menulis dan menyusun banyak lagu hit mereka, seperti Haru Haru.

Secara keseluruhan, G-Dragon memiliki lebih dari 180 lagu yang dilindungi hak cipta atas namanya.

Seungri mengatakan dalam sebuah artikel bahwa pendapatannya dari beberapa bisnis sangat kecil dibandingkan dengan G-Dragon, yang menghasilkan $700.000 setahun hanya dari royalti penulisan lagu.

G-Dragon juga merilis album solonya sendiri berjudul Heartbreaker. Ia bahkan pernah berkolaborasi dengan T.O.P. untuk merilis album GD & TOP. Pendapatan musiknya terutama berasal dari hak ciptanya, Spotify, dan pendapatan iklan YouTube.

Dia juga memproduksi dan menulis musik untuk dirinya sendiri dan artis lain yang menambah penghasilannya.

Bukan hanya itu saja, G-Dragon ini menjadi ikon fashion di Korea dan telah menembus industri fashion dan telah membentuk tren fashion di Korea selama beberapa tahun terakhir.

Dia memiliki merek fashion sendiri (Peaceminusone) dan lini perhiasan dan merupakan duta merek/model untuk Chanel.

Dia adalah salah satu bintang K-pop dengan bayaran tertinggi di Korea. Kesepakatan dukungannya rata-rata sekitar $ 2 juta. Dia telah mendukung perusahaan seperti Nike, Hyundai, Airbnb, dan banyak merek mode Eropa dan Asia.

Dia berkolaborasi dengan Nike untuk membuat sepatu Peaceminusone PARANOISE yang dijual seharga $200. Selain itu, ia telah menghasilkan banyak uang dari investasinya di kafe (Tanpa Judul 2017), restoran, hotel, dan apartemen di Korea.

Di tahun 2013, ia membeli apartemen seluas 2.500 kaki persegi di kompleks Galleria Foret seharga $3 juta.

Dia juga memiliki kompleks March Rabbit di Cheongdam yang diperkirakan bernilai lebih dari $9 juta. G-Dragon adalah salah satu dari sedikit pemegang Black Honda Card. Ini adalah kartu kredit di Korea yang hanya dapat digunakan oleh 0,05% teratas.

Untuk memegang kartu tersebut, kamu harus diundang secara eksklusif untuk menjadi pemegang kartu. Dia juga sangat aktif di Instagram dan memiliki lebih dari 18,4 juta pengikut.

Bukan hanya itu saja, G-Dragon ini telah menjadi bintang Kpop pertama yang menandatangani kesepakatan dukungan perusahaan dengan perusahaan China menyusul larangan virtual Beijing pada "Hallyu."

Larangan itu diberlakukan pada tahun 2016, dan kesepakatan ini menandai kesepakatan pertama yang dimiliki bintang Kpop dengan sebuah perusahaan China.

G-Dragon menandatangani kesepakatan dengan raksasa air minum kemasan Cina Nongfu Spring Co dan dia akan ditampilkan dalam materi promosi untuk merek minuman teh baru perusahaan, Chapai.

5. Rain (Jung Ji Hoon)

img_title
Rain (Jung Ji Hoon). (Foto: Seoulspace)

 

Rain adalah seorang penyanyi, penulis lagu, penari, produser musik, dan aktor. Kesuksesan pertamanya datang pada tahun 2002 ketika ia merilis album solo pertamanya dan muncul di acara Korea. Kariernya telah meningkat sejak saat itu, dan dia telah membuat total 7 album.

Dia telah melakukan tur dunia besar dan telah membintangi film Korea dan Amerika (Ninja Assassin). Pada tahun 2015, Rain mendirikan perusahaannya sendiri bernama RAIN COMPANY.

Rain menikah dengan Kim Tae Hee, yang merupakan salah satu aktris wanita papan atas di Korea. Mereka sekarang memiliki sebuah bangunan bernama Rain Avenue di Cheongdam senilai $42 juta.

Dia menggunakan gedung itu sebagai kantor perusahaan hiburannya. Rumah mereka bernilai $ 5 juta. Mereka dianggap sebagai pasangan selebriti terkaya di Korea.

6. Choi Siwon

img_title
Choi Siwon. (Foto: Instagram @siwonchoi)

 

Artis Korea terkaya yang berikutnya ada Choi Siwon. Siwon sendiri adalah seorang penyanyi, model, penulis lagu, aktor, dan pengusaha. Dia adalah anggota Super Junior yang memiliki banyak album di Korea dari 2007 hingga 2017.

Siwon juga membintangi film seperti Attack on the Pin-Up Boys, A Battle of Wits, Dragon Blade, To the Fore, dan Helios

Dia berasal dari keluarga yang sangat kaya yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih lebih dari $600 Juta. Mereka adalah pemilik rantai Hyundai Department Store. Pada 2015, Siwon ditunjuk sebagai perwakilan khusus Komite Korea Selatan untuk UNICEF.

Bukan hanya itu, Siwon adalah raja pengikut Twitter ketika Twitter pertama kali diluncurkan di Korea dengan menjadi bintang K-pop pertama yang mencapai 3 juta pengikut. Saat ini, ia memiliki 6,7 juta pengikut di Twitter.

Dia telah melakukan iklan tidak hanya di Korea tetapi juga di Cina dan Thailand. Sebagian besar pendapatannya berasal dari China. Dia telah mendukung perusahaan seperti Black Jacket, Seoul Milk, dan 12 Plus, hanya untuk beberapa nama.

Selain itu, Choi Siwon baru-baru ini meluncurkan Saluran YouTube-nya sendiri dan dalam waktu kurang dari sebulan, saluran itu sudah memiliki lebih dari 250.000 pelanggan. Video pertamanya menunjukkan pratinjau tentang apa yang akan datang di salurannya.

Saluran tersebut akan digunakan oleh Choi Siwon untuk berkomunikasi lebih banyak dengan para penggemarnya. Dia ingin berbicara tentang mengatasi situasi sulit dan membantu orang melalui masa-masa sulit.