Ciamik! 9 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Setu Patok Cirebon
Setu Patok Cirebon (Foto : mamansoleman.net)

Antv – Ada banyak tempat wisata di Cirebon yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk dikunjungi saat liburan, baik saat akhir pekan maupun libur panjang. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong menjadikan Cirebon sebagai tujuan wisata.

Cirebon sendiri merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Daerah yang dijuluki sebagai kota udang pada abad ke-15 ini mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh pencari udang rebon.

Tak heran bila banyak kuliner di Cirebon yang dibuat dengan bahan dasar dan campuran udang rebon. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan mangga gedong gincunya yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sejak dibukanya Tol Cipali, jarak tempuh Cirebon pun menjadi lebih cepat hingga membuat terjadinya peningkatan kunjungan wisata. Sebab, hal itu memudahkan para wisatawan dalam menempuh perjalanan menuju kota ini.

Tempat wisata Cirebon didominasi dengan wisata alam sebab kota ini memang memiliki keindahan pemandangan alam yang luar biasa, mulai dari bukit, telaga, hingga waduk. Selain itu, ada pula wisata budaya yang kaya akan sejarah.

Berikut ini telah kami rangkum dari berbagai sumber deretan tempat wisata di kota Cirebon yang wajib dikunjungi saat liburan.

Taman Sari Goa Sunyaragi

 

img_title
Taman Goa Sunyarugi Cirebon. (Foto: disparbud.jabarprov.id)

 

Tempat wisata di Cirebon yang pertama adalah Taman Sari Goa Sunyaragi. Objek wisata ini adalah situs cagar alam dengan luas mencapai 15 hektar di wilayah Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

Pada mulanya, kompleks candi ini dipakai sebagai tempat peristirahatan dan meditasi oleh sultan Cirebon. Selain itu, tempat ini juga dipakai sebagai lokasi pagelaran kebudayaan.

Keaslian bangunan batu kuno di Goa Sunyaragi hingga kini masih terasa murni. Warga setempat kerap menggunakan tempat ini sebagai salah satu spot untuk berfoto. Pengelola tempat wisata ini juga meluncurkan wahana balon udara yang tentunya akan menarik minat wisatawan.

Setu Patok

 

img_title
Setu Patok Cirebon. (Foto: mamansoleman.net)

 

Bagi masyarakat setempat, Setu Patok kerap disebut sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Hal ini sangat wajar sebab Setu Patok merupakan danau terbesar yang ada di wilayah Cirebon.

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini kerap dijadikan sebagai tempat bersantai dan berfoto oleh masyarakat setempat. Setu Patok paling ramai dikunjungi di sore hari karena pemandangan matahari terbenamnya.

Pemandangan indah yang dikelilingi perbukitan bukan satu-satunya daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata ini. Di tempat ini, pengunjung bisa menjajal berbagai kegiatan menarik, mulai dari memancing, piknik, sampai mengelilingi danau.

Akses menuju danau ini pun sangat mudah karena lokasinya berada di jalur pantai utara kawasan Mundu yang hanya memakan waktu 30 menit dari pusat kota.

Hutan Plangon

 

img_title
Hutan Plangon Cirebon. (Foto: correcto.id)

 

Hutan Plangon merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang unik dan keramat untuk masyarakat setempat. Konon, hutan ini adalah tempat menyepi dua pangeran keraton Cirebon.

Banyak pula yang mengatakan bahwa kedua pangeran itu disemayamkan di hutan ini. Tak heran bila banyak pengunjung datang ke Hutan Plangon untuk berziarah ke makam tersebut.

Destinasi wisata Cirebon yang satu ini berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota yang ditinggali oleh ratusan kera dan berbagai jenis flora. Pengunjung yang mendatangi hutan ini bisa bercengrama dengan kera atau hanya memberikan makanan.

Akan tetapi perlu diingat, mayoritas dari kera yang ada di Hutan Plangon masih agresif, jadi para wisatawan perlu untuk berhati-hati.

Telaga Niren

 

img_title
Telaga Niren Cirebon. (Foto: JejakPiknik.com)

 

Telaga Niren atau Telaga Nilam merupakan tempat wisata di Cirebon yang beralamatkan di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Telaga inni memiliki suasana yang sejuk serta menawarkan pemandangan yang indah.

Telaga ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang dapat membuat suasana menjadi rindang dan damai. Airnya yang begitu jernih juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, ada banyak puluhan ikan mas yang bisa diajak untuk berfoto.

Situ Sedong

 

img_title
Situ Sedong Cirebon. (Foto: NativeIndonesia.com)

 

Situ Sedong merupakan destinasi wisata alam yang cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di Cirebon. Tempat wisata ini merupakan danau buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan serta pengairan pertanian yang ada di sekitarnya.

Lokasi ini berada di ketinggian sekitar 300 mdpl sehingga udara yang dirasakan cukup sejuk dan menyegarkan. Ditambah lagi, panorama yang tersaji juga masih sangat alami. Apalagi jika berkunjung di sore hari, suasana akan jauh lebih indah dengan matahari terbenam.

Situ Sedong memiliki kedalaman 5 hingga 10 km dan luas sekitar 150 hektar. Ada banyak sekali ikan-ikan yang menghuni danau ini sehingga banyak orang yang berkunjung tak hanya sekadar menikmati pemandangan tapi juga untuk memancing ikan.

Pantai Kejawanan

 

img_title
Pantai Kejawanan. (Foto: Javatravel.net)

 

Pantai Kejawanan adalah tempat wisata di Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih, bagi kamu yang merindukan suasana semilir angin pantai dan deburan ombak di laut. Pantai ini menjadi salah satu favorit masyarakat Cirebon.

Pasalnya, objek wisata yang satu ini berada tak jauh dari pusat kota. Seringkali warga setempat menghabiskan sore di tepi pantai ini karena pemandangannya yang begitu memukau saat senja.

Ombak di pantai ini tak terlalu tinggi sehingga para wisatawan dapat bermain-main di bibir pantai bahkan hingga jauh ke arah lautan, seperti bermain voli pantai, jalan santai, atau bermain-main pasir pantai.

Tak hanya sekadar panoramanya yang indah, di panti ini juga ada banyak perahu nelayan yang terparkir rapi. Perahu warna-warni ini juga menambah keindahan tersendiri bagi pantai ini.

Perahu-perahu inilah yang digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut. Tak hanya itu, perahu ini juga melayani wisatawan yang ingin menjelajah lautan. Wisatawan akan diajak berkeliling hingga sekitar satu kilometer dari pantai.

Batu Lawang

 

img_title
Batu Lawang Cirebon. (Foto: NativeIndonesia.com)

 

Batu Lawang merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Cirebon. Bagaimana tidak, wisata alam Batu Lawang ini menyajikan hamparan panorama indah di balik ketinggiannya yang mempesona.

Selain karena keindahan alamnya yang luar biasa, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dengan harga yang sangat terjangkau, seperti taman bermain untu anak-anak, gazebo untuk bersantai, panggung hiburan, kantin, musala, toilet dan area parkir.

Tak hanya itu, Batu Lawang juga menyediakan area camping yang bisa dijadikan piliha bagi kamu yang ingin refreshing dan bermalam di sana. Selain itu, ada pula wahana outbond yang coock bagi kamu yang gemar memicu adrenalin.

Makam Sunan Gunung Jati

 

img_title
Makam Sunan Gunung Jati Cirebon. (Foto: aroengbinang.com)

 

Makam Sunan Gunung Jati merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang sangat populer. Lokasi ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi untuk para wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa.

Ketika berada di objek wisata ini, kamu akan merasakan suasana yang khidmat karena lantunan ayat suci yang bergema di seluruh kompleks makam. Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa dan Arab juga menambah keunikan dan menjadi simbol keragaman.

Ada pula sembilan pintu yang disusun secara bertingkat yang menjadi daya tarik lain di lokasi ini. Akan tetapi, wisatawan hanya diperbolehkan untuk masuk sampai pintu yang kelima.

Sebab, pintu-pintu yang lainnya hanya untuk keturunan Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati ini berada di Jl. Alun-Alun Astana Gunung Jati 53, Kecamatan Gunung Jati.

Kraton Kanoman

 

img_title
Kraton Kanoman Cirebon. (Foto: Javatravel.net)

 

Kraton Kanoman merupakan objek wisata sejarah di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi. Meski sudah mengalami banyak pemugaran, Kraton ini tetap mempertahankan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah tinggi tentang kerajaan Islam di Indonesia.

Kraton ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah, seperti lukisan, kerajinan, dan kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris bisa kamu temui di sini. 

Sejak didirikn tahun 1678 silam, tempat wisata di Cirebon ini masih mempertahankan adat dan tradisi sampai saat ini. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk upacara keagamaan, seperti contohnya Ritual Panjang.