13 Arti Mimpi Gigi Bawah Copot Menurut Pandangan Islam dan Primbon Jawa

Ilustrasi anak dengan gigi bawah lepas
Ilustrasi anak dengan gigi bawah lepas (Foto : Freepik/ tatianagorbunova)

Antv – Apakah kamu pernah mengalami mimpi gigi bawah copot? Jika iya, kamu tentu akan bertanya-tanya, apa sih arti mimpi gigi bawah copot dan memastikan apakah mimpi itu menjadi pertanda baik atau pertanda buruk.

Masuk akal jika kamu merasa terganggu dengan mimpi buruk seperti ini. Sebab, bagi sebagian orang, mimpi tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran akan kehilangan sesuatu yang ia miliki.

Pasalnya, gigi adalah simbol dari kekuatan, hingga kehilangan gigi dalam mimpi bisa berarti bahwa kamu sedang merasa terabaikan, frustasi, atau tertekan dalam beberapa aspek kehidupan.

Melansir dari laman kesehatan Healthline pada Sabtu, 29 Oktober 2022, salah satu penyebab kamu kerap mengalami mimpi gigi copot adalah karena kondisi mental yang stres.

Selain itu, kemungkinan kamu memang sedang berada dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang buruk hingga menyebabkanmu mengalami mimpi tentang gigi.

Terlepas dari itu semua, kamu tidak perlu buru-buru merasa khawatir. Kami telah merangkum untukmu deretan tafsir mimpi gigi bawah copot menurut berbagai sudut pandang, mulai dari pandangan umum, primbon Jawa, hingga pandangan Islam. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Arti Mimpi Gigi Bawah Copot Secara Umum

img_title
Ilustrasi mimpi buruk. (Foto: Freepik/ jcomp) 

1. Pertanda Kesulitan Menentukan Pilihan

Arti mimpi gigi bawah copot bisa jadi merupakan pertanda bahwa kamu tengah mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan. Pilihan tersebut merupakan sesuatu yang akan berdampak pada masa depanmu kelak.

Biasanya mimpi semacam ini terjadi saat kamu sedang berada di lingkungan yang baru, mengganti pekerjaan atau mulai melakukan sesuatu di luar zona nyamanmu.

2. Pertanda Masalah Keuangan

Mimpi gigi bawah copot bisa jadi juga merupakan pertanda masalah keuangan yang tengah kamu alami. Mimpi ini mengisyaratkan bahwa kamu terlalu mencemaskan mengenai konisi keuanganmu.

Tak hanya itu, arti mimpi ini juga bisa menjadi pertanda bahwa bisnis atau pekerjaanmu yang kurang baik dan kamu akan mendapatkan kerugian drastis. Bahkan, kerugian tersebut bisa menyebabkan kebangkrutan.

3. Pertanda Kerabat Meninggal

Jika bermimpi seluruh gigi bawah copot dan hilang dari pandangan, bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa keluargamu akan meninggal terlebih dahulu sebelum dirimu.

Mimpi ini bisa juga menjadi pertanda meninggalnya kerabat yang sebaya. Gigi copot atau hilang selain menunjukkan kematian anggota keluarga juga bisa diartikan sebagai kepergian seseorang yang tidak akan pernah kembali.

4. Pertanda Orang Terdekat Sakit

Meski dikaitkan dengan pertanda kematian orang-orang terdekat, penafsir mimpi justru mengaitkannya sebagai pertanda kondisi kesehatan.

Jika kamu cukup sering mengalami mimpi semacam ini, artinya kamu perlu mulai memperhatikan kondisi kesehatan orang-orang terdekat yang kamu sayangi untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

5. Pertanda Kondisi Kesehatan Memburuk

Jika kamu bermimpi gigi bawah sebelah kananmu copot, bisa jadi itu adalah pertanda kesusahan yang kamu alami sendiri, yakni penurunan kondisi kesehatan. 

Mimpi gigi bawah copot mungkin cara otak memberitahu bahwa kondisi kesehatanmu sedang tidak baik-baik saja. Maka, kamu perlu lebih memperhatikan kondisi kesehatanmu sendiri dan mulailah menerapkan gaya hidup sehat.

Kurangnya perhatian pada kesehatan diri juga menyebabkan buruknya kualitas tidur seseorang. Dan ini akan menyebabkan adanya mimpi yang jauh leboh buruk, seperti misalnya gigi yang rontok semua.

6. Pertanda Stres dan Tertekan

Salah satu arti mimpi semacam ini mungkin kamu sedang berada dalam keadaan mental yang stres dan tertekan. Hal ini mungkin berkaitan dengan kondisimu yang tengah menghadapiperubahan besar dalam hidup.

Ketika seseorang menghadapi perubahan yang signifikan dalam hidupnya, maka timbul rasa cemas dan khawatir adalah hal yang lumrah. Kegelisahan semacam ini rupanya bisa menimbulkan mimpi buruk seperti gigi copot di malam hari.

Gigi sendiri merupakan salah satu simbol kekuatan dalam bertahan hidup. Maka ktika kamu mengalami mimpi kehilangan gigi, bisa jadi kamu tengah merasa frustrasi, tertekan, atau diabaikan oleh sekelilingmu.

7. Pertanda Rasa Tidak percaya Diri

Rasa tidak percaya diri yang sedang kamu rasakan rupanya dapat terimplementasikan di alam bawah sadarmu. Rupanya, kondisi ini berkaitan dengan mimpi gigi bawah copot yang kamu alami.

Gigi bawah copot menandakan bahwa kamu sedang atau bahkan sudah kehilangan kekuatan dan rasa percaya dirimu. Entah karena perubahan kondisi, pekerjaan, atau mungkin kamu telah kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup.

Arti Mimpi Gigi Bawah Copot Menurut Islam dan Primbon Jawa

img_title
Ilustrasi mimpi buruk. (Foto: Freepik/ benzoix)

8. Mimpi Gigi Bawah Copot

Menurut primbon Jawa, arti mimpi gigi bawah copot bisa jadi adalah pertanda buruk bagi siapapun yang mengalaminya. Mimpi semcam ini menandakan bahwa kamu akan mengalami kesulitan dalam kehidupan yang bentuknya beragam.

9. Mimpi Gigi Geraham Bawah Copot

Arti mimpi gigi geraham bawah copot juga merupakan pertanda buruk. Akan tetapi, itu tergantung posisi gigi geraham yang copot itu sendiri.

Jika yang copot adalah gigi geraham bawah kiri, mungkin kamu akan ditinggalkan oleh saudara perempuanmu. Sedangkan jika yang copot adalah geraham bawah kanan, kau mungkin akan ditinggal oleh saudara laki-lakimu.

10. Mimpi Gigi Bawah Lepas

Mimpi gigi bawah terlepas menurut tafsir primbon bisa jadi merupakan pertanda bahwa akan ada salah satu anggota keluarga terdekatmu yang meninggal dunia.

Secara spesifik, mimpi semacam ini merupakan pertanda bahwa istri atau anakmu akan meninggal dunia. Sementara jika yang lepasa dalah bagian atas, mungkin kamu akan mengalami sebuah kemalangan dalam waktu dekat.

11. Mimpi Gigi Bawah Patah

Jika sejak tadi arti mimpi gigi bawah copot diidentikkan dengan sesuatu yang bermakna negatif, kali ini kamu bisa benapas lega. Jika bermimpi gigi bawahmu patah bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa kamu akan mendapatkan masa depan yang cerah kelak.

12. Mimpi Gigi Copot Bagian Bawah

Menurut sudut pandang Islam, mimpi gigi bawah copot bisa dipercaya sebagai pertanda buruk bagi yang memipikannya. Mimpi tersebut merupakan pertanda bahwa kamu akan mengalami sebuah kesulitan dalam hidup.

Kesulitan hidup tersebut bisa jadi berhubungan dengan masalah pekerjaan, menderita sebuah penyakit, atau mungkin akan ditinggalkan oleh seseorang yang kamu sayangi untuk selamanya.

13. Mimpi Gigi Bawah Depan Copot

Menurut Al-Nabulsi, gigi adalah simbol keluarga. Gigi bagian atas menyimbolkan anggota keluarga laki-laki dari pihak ayah, sedagkan gigi bagian bawah adalah anggota keluarga perempuan dari pihak ibu.

Sementara itu, gigi bawah depan menunjukkan keluarga yang paling dekat dengan pemilik mimpi. Oleh karena itu, jika kamu bermimpi gigi bawah depanmu copot, maka kemungkinan keluarga terdekatmu akan meninggalkanmu.

Nah, demikianlah deretan makna mimpi gigi bawah copot menurut berbagai sudut pandang yang perlu kamu ketahui. Akan tetapi, satu hal yang terpenting adalah kamu tidak perlu fokus pada sisi negatifnya, melainkan di sisi positifnya.

Jika merangkum dari seluruh arti mimpi di atas, yang perlu kamu lakukan adalah mengusahakan segala yang terbaik untuk kehidupanmu, entah dari segi kesehatan fisik dan mental, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini menjawab rasa penasaranmu dan semoga bermanfaat!