10 Film Donnie Yen yang Wajib Ditonton Sebelum John Wick 4, Penuh Aksi!

Film Donnie Yen
Film Donnie Yen (Foto : IMDb)

Antv – Pecinta film Asia pasti tak asing lagi dengan Donnie Yen, aktor ahli bela diri asal Tiongkok yang terkenal atas perannya dalam Ip Man. Sudahkah kamu menonton film Donnie Yen?

Donnie Yen merupakan aktor asal Tiongkok yang beberapa tahun terakhir semakin aktif di industri perfilman Hollywood, dari film xXx: Return of Xander Cage, Rogue One, dan Mulan.

Jauh sebelum itu, ia pun pernah membintangi film bergenre aksi dan komedi Hollywood yang berjudul Shanghai Knights

Walaupun bukan pemeran utama, dalam Shanghai Knights ia beradu kehebatan dengan Jackie Chan. Film ini pun dibintangi oleh aktor terkemuka lain seperti Owen Wilson dan Aiden Gillen. 

Di samping itu, Donnie tak kalah terkenal di Tanah Air-nya sendiri. Ia telah membintangi puluhan judul film action bela diri. Namun, namanya kian melejit begitu ia berperan sebagai Ip Man.

Popularitas Donnie ini membawanya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Dalam waktu dekat ini, kita akan menyaksikan Donnie beradu akting Keanu Reeves di John Wick 4!

John Wick 4 baru akan rilis pada Maret 2023 mendatang. Trailer belum rilis, tetapi dalam sneak peek yang berdurasi 1 menit 5 detik, Donny terlihat sedang bertarung dengan sang Boogeyman.

ANTV Lovers, kamu masih punya banyak waktu untuk menyaksikan film-film Donnie Yen sebelum John Wick 4 rilis. Kamu dijamin akan kagum dan takjub dengan keahlian aktor berusia 59 tahun ini. 

Oleh karena itu, ANTV Klik telah mengumpulkan 10 film Donnie Yen terbaik yang wajib kamu saksikan sebelum John Wick 4. Jangan lupa siapkan cemilan favoritmu dan selamat menonton!

Tiger Cage (1988)

img_title
Tiger Cage. (Foto: IMDb)

Tiger Cage bercerita tentang tim polisi yang menggerebek operasi narkoba. Namun, kemudian terkuak bahwa beberapa anggota kepolisian bekerja sama dengan sindikat kejahatan Amerika untuk mengedarkan narkoba.

Di saat yang sama, pengedar narkoba yang mereka gerebek bersumpah akan membalas dendam. Akhirnya, perselisihan antara dua pihak pun tak bisa terhindarkan.

Kesuksesan Tiger Cage menghasilkan lebih dari HK$11 juta di box office. Sekuelnya rilis 2 tahun kemudian dengan alur cerita baru dan Donnie Yen muncul dengan peran yang berbeda. 

Iron Monkey (1993)

img_title
Iron Monkey. (Foto: IMDb)

Film seni bela diri Iron Monkey adalah kisah fiksi yang menceritakan kembali pahlawan rakyat Tiongkok Wong Fei-hung dan pertemuan ayahnya Wong Kei-ying (Donnie Yen) dengan Monyet Besi, seniman bela diri bertopeng.

Ketika gubernur (James Wong) melihat pertarungan Wong Kei-ying dengan Monyet Besi, dia terkesan dan menugaskan Wong untuk menangkap Monyet Besi dalam waktu tujuh hari.

Heroes Among Heroes (1993)

img_title
Heroes Among Heroes. (Foto: IMDb)

Heroes Among Heroes rilis di Amerika Serikat dengan judul yang berbeda, yaitu Fist of the Red Dragon

Film ini mengisahkan So Chan (Donnie Yen), salah satu dari Sepuluh Macan Kanton, sekelompok sepuluh seniman bela diri dari Provinsi Guangdong.

Sepuluh Macan Kanton ini diyakini sebagai pejuang terbesar di daerah tersebut selama dinasti Qing.

Selain itu, film ini menggambarkan So, perwira Lin Zexu, master seni bela diri dan pahlawan rakyat Wong Fei-hung bekerja sama untuk menghentikan penyelundup opium.

Wing Chun (1994)

img_title
Wing Chun. (Foto: IMDb)

 

Dalam Wing Chun, kamu akan menyaksikan kerja sama Yen dengan Michelle Yeoh, aktris terkemuka Asia lainnya. 

Film ini berkisah tentang Wing Chun (Yeoh) yang desanya selalu diserang oleh bandit. Untuk mempertahankan desanya dan menolak pernikahan paksa, dia belajar kung fu. 

Perjuangannya dalam berlatih dan belajar kung fu membuahkan hasil. Kini, dia satu-satunya orang di desa yang bisa melawan para bandit.

SPL: Sha Po Lang (2005)

img_title
Sha Po Lang. (Foto: IMDb)

SPL: Sha Po Lang, yang juga dikenal dengan judul Kill Zone, menceritakan kisah Chan, seorang detektif polisi yang menderita kanker dan di ambang pensiun. 

Chan ingin menangkap seorang bos organisasi kriminal yang kejam. Sayangnya, ia menggunakan cara ilegal.

Ma Kwun (Yen) kemudian diatur untuk menjadi anak didik Chan dan ia tahu tentang hal ilegal yang dilakukannya. 

Kini Ma Kwun bingung, apakah sebaiknya ia merahasiakan hal itu atau melawan mentornya sendiri? 

Ip Man (2008)

img_title
Ip Man. (Foto: IMDb)

Kurang rasanya jika kamu maraton film Donnie Yen tanpa menyaksikan serial Ip Man yang pertama dimulai pada tahun 2008. Film inilah yang membuatnya kian dikenal dunia.

Film biografi seni bela diri ini mengisahkan kehidupan Ip Man (Yen), seorang grandmaster Wing Chun dan Bruce Lee. Film pertama berfokus pada kehidupan Ip di Foshan selama perang Tiongkok-Jepang. 

Ip Man mendapat pujian besar dari penonton dan kritikus sampai akhirnya mereka menciptakan sekuel dan menjadi serial yang terdiri dari 4 film.

Dari serial Ip Man ini Donnie Yen adu kehebatan dengan aktor terkemuka lainnya, dari Scott Adkins sampai Mike Tyson! 

Rogue One (2016)

img_title
Rogue One. (Foto: IMDb)

Rogue One adalah debut Hollywood Donnie Yen setelah sekian lama sejak Shanghai Kngihts (2003). 

Di Rogue One, Yen berperan sebagai Chirrut mwe, seorang pejuang buta yang buta seperti Zatoichi.

Rogue One adalah film pertama dari seri antologi Star Wars dan prekuel Star Wars: Episode IV — A New Hope.

Rogue One terjadi seminggu sebelum A New Hope. Film ini mengisahkan kru pemberontak yang bersatu untuk mencuri rencana Death Star, senjata pamungkas Kekaisaran Galactic.

Donnie Yen tampil fantastis dan seimbang dengan para aktor dan aktris Hollywood di film ini, seperti Felicity Jones, Mads Mikkelsen, sampai Forest Whitaker. 

Chasing The Dragon (2017)

img_title
Chasing The Dragon. (Foto: IMDb)

Chasing the Dragon menandai babak baru dalam karakter Yen. Pasalnya, dalam film ini ia berperan sebagai penjahat dengan adegan pertarungan terbatas. 

Chasing The Dragon bergenre drama aksi kriminal dan merupakan remake dari film tahun 1991 yang bertajuk To be Number One.

Film ini mengisahkan kehidupan gangster dan bos organisasi kriminal, Ng Sik-ho dan pertemuannya dengan mantan detektif dan sersan Hong Kong yang bernama Lui Lok.

Remake ini mengisahkan seorang imigran ilegal dari China (Yen) yang menyelinap ke Hong Kong dan membentuk dirinya sebagai gembong narkoba.

Big Brother (2018)

img_title
Big Brother. (Foto: IMDb)

Big Brother terbilang film Donnie Yen yang unik dan tak biasa. Pasalnya, peristiwa dalam film ini terjadi di sebuah sekolah menengah atas berisi murid-murid berperilaku buruk. 

Yen berperan sebagai Henry Chan, juga dikenal sebagai Big Brother. Tujuannya di sekolah itu adalah untuk mencerahkan dan menginspirasi para siswa dengan metode pengajaran yang tidak konvensional.

Raging Fire (2021)

img_title
Raging Fire. (Foto: IMDb)

Dalam Raging Fire, Donnie Yen kembali beraksi sebagai seorang polisi bijak nan adil bernama Cheung Sung-Bong.

Nantinya Cheung akan berhadapan dengan mantan anak didiknya, Yau Kong-ngo (Tse) yang ingin membalas dendam. 

Cheung Sung-bong (Yen) kemudian berkhianat dan bersaksi melawan Yau yang akhirnya dipenjara.

Raging Fire merupakan film terakhir dari sutradara Benny Chan, yang meninggal dunia pada 23 Agustus 2020 silam.

Benny Chan dikenal atas film-film Tiongkok action ciptaannya, seperti The Police Story, Shaolin, dan Who Am I.