Arti Mimpi Orang Meninggal Dunia, Ini 7 Maknanya

Ilustrasi perempuan
Ilustrasi perempuan (Foto : Freepik/mdjaff)

AntvMimpi merupakan hal lumrah yang dialami oleh setiap orang. Namun, bermimpi orang meninggal bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Apa sebenarnya arti mimpi orang meninggal ini? 

Banyak hal yang bisa terjadi di dalam mimpi. Isi mimpi itu bisa merupakan hal aneh yang diluar nalar atau hal menyenangkan.

Di sisi lain, mimpi buruk selalu membuat kita berdebar atau gelisah saat bangun. Bahkan, tak jarang ada orang yang langsung terbangun dari tidurnya karena begitu ketakutan dengan mimpi buruk mereka. 

Salah satu mimpi buruk yang cukup sering terjadi adalah ketika bermimpi seseorang meninggal dunia.

Hal ini bisa membuat siapapun yang mengalami mimpi itu gelisah maupun ketakutan. Mau tak mau pikiran mereka menjadi buruk. 

Mereka mulai berprasangka negatif. Mereka mulai berpikir bahwa mimpi itu adalah firasat atau pertanda bahwa orang di dalam mimpinya akan meninggal dunia.

img_title
Ilustrasi perempuan sedang stres. (Foto: Freepik/ DCStudio)

Namun, benarkah prasangka ini? 

Seorang analis mimpi yang bernama Lauri Loewenberg menyangkal hal tersebut. Mimpi orang meninggal dunia bukanlah firasat atau pertanda yang akan terjadi di dunia nyata.

“Mimpi itu simbolis. Kau tidak dapat melihatnya secara harfiah atau kau akan ketakutan sendiri,” ungkap Lauri Loewenberg, dikutip dari Refinery 29. 

“Kematian dalam mimpi sebenarnya berarti ada semacam perubahan atau akhir yang terjadi dalam hidupmu,” katanya melanjutkan. 

Oleh karena itu, sebelum panik dan tenggelam dalam pikiran negatifmu sendiri, ANTV Klik telah mengumpulkan 7 arti mimpi orang meninggal yang bisa kamu simak. Berikut artikelnya!

1. Kamu sedang Memproses Rasa Duka

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Alasan paling umum saat memimpikan seseorang yang sudah meninggal karena otak mencoba memproses perasaanmu tentang orang ini yang telah sampai ke kesadaranmu.

Ketika pikiran dan perasaan yang terkubur jauh di alam bawah sadar naik ke kesadaran kita, mereka terwujud dalam bentuk mimpi.

Menurut psikoterapis terkenal Sigmund Freud, mimpi adalah cara bawah sadar untuk memenuhi keinginan kita. Informasi yang disimpan dalam pikiran sepanjang hari dapat tercermin dalam mimpi.

Jika sering memikirkan orang yang kamu cintai, kamu mungkin akhirnya bermimpi tentang dia.

Itu artinya, jika orang terdekatmu baru meninggal dan kamu masih bersedih, memimpikannya bisa menjadi cara pikiran membantumu memproses dan mengatasi rasa duka itu.

2. Kamu Perlu Mengerjakan Masalah yang Tertunda

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Apakah kamu punya suatu hal yang perlu ditangani, tapi kamu terus menundanya? Bisa jadi pekerjaan menumpuk dan itu membuatmu stres. Atau mungkin ada konfrontasi yang terus kamu hindari, padahal harus segera dihadapi.

Sesuatu yang membebani pikiran bisa sangat membuat stres. Namun, semakin ditunda, semakin dalam masalah yang akan dialami. 

Melihat orang yang sudah meninggal, terutama jika kamu bekerja atau memecahkan masalah bersama, bisa menandakan bahwa kamu harus mengerjakan masalah yang terus kamu tunda.

Jika tidak segera diselesaikan, kelambananmu akan mengakibatkan masalah lebih besar dan bahkan mungkin kerugian.

3. Kamu sedang Berjuang dengan Berakhirnya Suatu Hubungan

img_title
ilustrasi pasangan. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)
 

Dalam banyak budaya, kematian melambangkan sebuah akhir. Sumber menggunakan frasa seperti 'akhir kehidupan,' 'transisi,' 'kedaluwarsa' untuk merujuk pada finalitas kematian. 

Dari sini, mimpi tentang kematian atau orang yang sudah meninggal melambangkan akhir dari sesuatu yang kita sayangi.

Saat kamu memimpikan seseorang yang sudah meninggal, kamu mungkin sedang berduka atas kenyataan bahwa kamu putus dengan seseorang yang dicintai dalam kehidupan nyata. 

Berjuang dengan putus cinta dapat memunculkan kenangan tentang bagaimana perasaanmu ketika orang terdekat meninggal. 

Perasaan dan ingatan ini akan disimpan di alam bawah sadar dan mungkin terus diwujudkan dalam mimpi di mana kamu melihat kerabat, teman, atau kenalan yang sudah meninggal.

4. Kamu Membutuhkan Bimbingan Almarhum

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Pexels)

Apakah kamu selalu bergantung pada orang terdekat yang telah meninggal? Jika demikian, kamu mungkin akhirnya memimpikan dia, terutama jika kamu sedang bergulat dengan keputusan atau situasi sulit di mana kamu butuh nasihat bijak atau dorongan.

Untuk mengatasi hal ini, pikirkanlah nasihat yang biasa diberikan oleh almarhum dulu. Pertimbangkan bagaimana mereka menghadapi masalah dalam kehidupan mereka sendiri. 

Jika kamu menganggap mereka sebagai mentor dan pembimbing, maka memimpikan mereka bisa menjadi tanda bahwa kamu harus meniru cara mereka dalam memecahkan masalah. 

5. Kamu Perlu Membawa Keseimbangan ke Dalam Hidup

img_title
ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Keira Burton)

Ketika orang terkasih yang telah meninggal mengunjungimu dalam mimpi, mereka dapat mengirimkan pesan yang kuat padamu untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang tersayang. 

Mimpi itu bisa menjadi pengingat akan kehidupan yang fana dan pentingnya memanfaatkan waktu terbatas yang kamu miliki dengan teman dekat dan kerabat. 

Kamu tidak pernah tahu kapan hidup mereka akan berakhir. Kamu juga tidak bisa lagi mengobrol, tertawa, memeluk, atau bersama mereka.

Contohnya, kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan atau hobi dan belum begitu terlibat dalam kehidupan orang yang kamu cintai. Jika kamu benar-benar peduli pada mereka, pertimbangkanlah untuk menciptakan lebih banyak keseimbangan dalam hidupmu.

Di dunia kita yang sibuk, mencapai keseimbangan bukanlah hal yang mudah. Namun, yang lebih sulit adalah kehilangan orang yang dicintai dan berurusan dengan rasa bersalah.

6. Bersiaplah Untuk Saat-saat Sulit

img_title
ilustrasi pasangan. (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)
 
Banyak orang memimpikan orang tua yang sudah meninggal. Hal ini bisa menjadi pengalaman yang traumatis, apalagi jika mereka mempunyai hubungan yang sangat dekat.

Memiliki kunjungan mimpi dari orang tua dapat menandakan situasi sulit yang mengintai dari ujung. Kamu harus siap menghadapi apapun yang mungkin terjadi. 

Situasi sulit yang mengintai mungkin tidak bisa dihindari. Namun, dengan mengunjungimu dalam mimpi, orang tuamu memberi tahu bahwa kamu dapat merasa tenang karena tahu bahwa kamu dicintai, dibimbing, dan didukung.

7. Kamu Berada di Jalur yang Benar, dan Semuanya akan Baik-baik Saja

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Memimpikan teman atau saudara yang sudah meninggal tidak selalu berarti malapetaka dan kesuraman. 

Jika almarhum sedang tersenyum bahagia, itu bisa berarti mereka sedang memberitahumu bahwa mereka baik-baik saja, sehat, dan damai, dan kamu tidak perlu khawatir. 

Meskipun kamu mungkin terbangun dengan perasaan syok karena bermimpi tentang orang terkasih yang sudah meninggal, kabar baiknya adalah kamu tahu bahwa mereka tidak lagi menderita.

Jika kamu mengejar sesuatu dan memimpikan orang yang sudah meninggal tersenyum kepadamu, mungkin itu artinya kamu berada di jalan yang benar, kamu melakukannya dengan baik, dan kamu harus terus berjuang.

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Miguel Arcanjo Saddi)

Mungkin juga kamu bermimpi tentang orang terkasih yang sudah meninggal sedang memelukmu. Kalian mungkin tidak akan berbicara, tetapi kamu akan paham dengan apa yang ingin mereka katakan begitu kamu bangun nanti. 

Saat kamu bermimpi tentang seseorang yang sudah mati memelukmu, itu bisa menjadi cara mereka untuk mengatakan bahwa mereka baik-baik saja dan bangga padamu. 

Ini tentu kabar baik jika kamu bersiap untuk move on, misalnya memulai hubungan baru setelah kekasihmu meninggal dunia. 

Kamu mungkin merasa bersalah untuk move on, tetapi terimalah senyuman dan pelukan dari orang yang kamu cintai ini sebagai tanda bahwa mereka baik-baik saja dengan keputusanmu untuk melanjutkan hidup.