Eksotis! 9 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Memanjakan Mata

Tempat Wisata di Banyuwangi
Tempat Wisata di Banyuwangi (Foto : Freepik/ omcayik)

Antv – Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten terbesar di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak tempat indah nan eksotis. Oleh sebab itu, tak heran bila ada banyak tempat wisata di Banyuwangi sayang untuk dilewatkan.

Kota yang terletak di ujung Provinsi Jawa Timur ini merupakan penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Maka tak heran jika dua kota ini memiliki sedikit kemiripan dari segi tradisi dan kesenian.

Tempat wisata di Banyuwangi juga tak kalah menarik dari Bali. Destinasi wisata yang ditawarkan pun beragam, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, hingga pantai-pantai yang eksotis.

Selain itu, ada pula tempat wisata sejarah dan situs peninggalam zaman kuno lainnya. Dengan keindahan alam dan budaya yang beragam, maka tak heran jika Banyuwangi dijuluki sebagai The Sunrise of Java.

Tertarik untuk mengunjungi kota yang dijuluki The Sunrise of Java ini? Berikut ini telah kami rangkum sederet tempat wisata di Banyuwangi yang eksotis dan memanjakan mata.

1. Kawah Ijen

 

img_title
Kawah Ijen. (Foto: freepik/ mumemories)

 

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang paling populer di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Objek wisata ini telah ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer oleh UNESCO tahun 2016.

Tempat wisata yang luasnya 2.560 hektare ini terletak di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Keindahan blue fire di lokasi ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Blue Fire adalah fenomena unik dari hasil terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Fenomena ini adalah yang terbesar di dunia, dan lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanya di Gunung Dallol di Ethiopia.

Selain itu, objek wisata ini juga terkenal dengan kawah hijaunya yang sangat ikonik dan aktivitas pertambangan belerangnya. Oleh sebab itu, aktivitas hiking di sini tidak disarankan untuk lansia, wanita hamil, dan berbagai kondisi medis lainnya.

2. Jawatan Benculuk

 

img_title
Jawatan Benculuk. (Foto: pegipegi.com)

 

Jawatan Benculuk sebenarnya adalah kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani. Area ini ditumbuhi banyak pohon trembesi yang besar dan terlihat sangat unik.

Dulu, kawasan ini terlihat sangat menyeramkan karena tidak terurus, namun sejak pemerintah Banyuwangi melakukan penataan kembali, Jawatan Benculuk kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat estetik natural.

Jawatan Benculuk juga memiliki kemiripan dengan lokasi film trilogy Lord of the Rings. Jika kamu berkunjung ke destinasi wisata ini, kamu seolah akan dibawa ke dalam dunia para elf atau peri hutan seperti yang dirasakan oleh Frodo Baggins dan teman-temannya.

Jika kamu gemar fotografi, maka tepat sekali jika mengunjungi tempat ini pada sore hari ketika sinar matahari menerobos melalui celah-celah pepohonan trembesi. Sebab, suasana ini akan menciptakan panorama eksotis sekaligus misterius

3. Taman Nasional Baluran

 

img_title
Taman Nasional Baluran. (Foto: Javatravel.net)

 

Tempat wisata di Banyuwangi lain yang tak kalah populer adalah Taman Wisata Nasional Baluran. Lokasi yang pernah menjadi video klip Raisa yang berjudul Jatuh Hati ini menyajikan pemandangan ala savana Afrika.

Selain menikmati savana ala Afrika, di tempat ini kamu juga bisa bertemu dengan satwa liar termasuk rusa-rusa yang lucu, dan berfoto dengan lanskap yang magis di Savana Bekol, hingga mampir ke Pantai Barma yang tak jauh dari sana.

Jika beruntung, mungkin kamu akan bertemu dengan satwa liar termasuk rusa-rusa yang sangat menarik untuk dibadadikan dalam foto.

4. Bangsring Underwater

 

img_title
Bangsring Underwater. (Foto: liburanyuk.co.id)

 

Tempat wisata Jawa Timur yang satu ini merupakan tempat favorit bagi para penyelam. Kawasan konservasi terumbu karang ini memiliki taman bawah laut yang sangat memesona. Tempat wisata ini tercipta berkat kerja keras para nelayan setempat.

Bangsring Underwater atau yang kerap disingkat Bunder ini sebenarnya merupakan wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Ada terumbu karang yang alami, dan ada juga terumbu karang buatan.

Tempat wisata yang beralamat di Kecamatan Wongsoroje, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini menawarkan beragam fasilitas, mulai dari gazebo, penyediaan alat snorkeling, kamera underwater, hingga chasing waterproof.

Ada juga tempat penyewaan watersport seperti kano dan banana boat. Selain itu, ada juga penyewaan perahu tradisional bagi wisatawan yang ingin melanjutkan wisata ke Pulau Tabuhan.

5. Pantai Pulau Merah

 

img_title
Pantai Pulau Merah. (Foto: wisatainfo.com)

 

Tempat wisata di Banyuwangi selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Merah. Tak jauh dari pantai, terdapat pulau kecil dengan bukit tinggi yang tanahnya berwarna merah.

Pulau merah tersebut bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika laut sedang surut sehingga para wisatawan bisa mengeksplornya.

Selain pulau yang unik ini, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus sehingga ideal untuk bermain. Pantai ini juga terkenal bagi para penggemar selancar atau surfing karena ombaknya yang bergulung-gulung indah.

Pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Di pantai ini juga terdapat Pura tempat warga beragama Hindu melaksanakan ibadah ataupun upacara Mekiyis.

6. Teluk Hijau

 

img_title
Teluk Hijau. (Foto: banyuwangi.net)

 

Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk yang memiliki air berwarna hijau turqoise yang indah dan pasir putih yang lembut. Teluk ini diapit oleh area hijau yang menambah keindahan panorama yang ciamik.

Tak hanya itu, teluk ini juga dilengkapi dengan deretan pepohonan hijau yang menamah keindahan pemandangan dan memanjakan mata.

Karena objek wisata in terletak di dalam Taman Nasional Meru Betiri, maka kamu kemungkinan akan bertemu dengan monyet-monyet liar di sekitar pantai. Oleh sebab itu, pastikan barang bawaanmu aman ya!

7. Pantai Sukamade

 

img_title
Pantai Sukamade. (Foto: Pantainesia)

 

Masih di sekitar kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Sukamade. Pantai ini dikenal sebagai area konservasi penyu. Hampir setiap malam, penyu dewasa akan mampir ke pantai dan mengubur telur-telurnya.

Sementara itu, pada pagi hari bayi-bayi penyu biasanya akan keluar dari telur-telur yang dikubur dan berjuang untuk menuju lautan. Bagi para wisatawan, menyaksikan proses tersebut akan memberi sensasi yang magis.

8. Pantai Plengkung

 

img_title
Pantai Plengkung. (Foto: brobali.com)

 

Pantai Plengkung adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal di kalangan para pecinta surfing di seluruh Indonesia. Sebab, pantai di Jawa Timur ini adalah salah satu pantai terbaik di dunia untuk lokasi surfing para profesional.

Berkat ombaknya yang besar dan bergulung-gulung, tempat ini masuk ke dalam daftar teratas pantai yang wajib dikunjungi pecinta surfing. Bahkan, ombak di Pantai Plengkung nyaris sejajar dengan Hawaii dalam hal surfing.

Ombak raksasa di Pantai Plengkung juga memungkinkan surfer untuk melakukan tube riding, istilah dalam surfing ketika peselancar melaju di dalam lengkungan ombak. Tak heran, kerap digelar kompetisi surfing Internasional.

9. Pantai Wedi Ireng

 

img_title
Pantai Wedi Ireng. (Foto: getlost.id)

 

Wisata Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai ini lokasinya cukup dekat dari Pantai Pulau Merah, sehingga sangat cocok dikunjungi ketika kamu ingin wisata pantai dan mengunjungi beberapa pantai sekaligus.

Meski lokasinya agak sulit dijangkau, namun rasa lelahmu akan terbayar lunas ketika kamu berhasil sampai di sana. Sebab, kamu akan diperlihatkan panorama yang memukau dan memanjakan mata.

Air pantai yang biru kehijauan dengan pepohonan hijau di sekitarnya memberikan kesan keindahan tersendiri untuk dinikmati saat kamu membutuhkan tempat untuk menenangkan diri.

Sisi timur pantai ini juga memiliki ombak yang lebih besar hingga sangat cocok untuk berenang atau berselancar.