7 Tempat Wisata di Lombok, Kaya Akan Panorama Alam!

Tempat wisata di Lombok
Tempat wisata di Lombok (Foto : Pexels/Dimitri Dim)

Antv – Selain Bali, Pulau Lombok menjadi destinasi wisata masyarakat lainnya saat musim liburan tiba. Lombok kaya akan tempat wisata alam yang megah dan memesona. Kira-kira, apa saja tempat wisata di Lombok yang bisa kita datangi? 

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa Lombok merupakan salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat.

Lombok menyimpan kekayaan alam yang begitu luas hingga tempat wisata di sini pun didominasi oleh pegunungan maupun pantai.

Walaupun begitu, kamu tidak akan menyesal berlibur ke Lombok. Justru kamu akan terpesona oleh keindahan alamnya yang begitu melimpah ruah.

Fasilitas wisata yang ada di Pulau Lombok pun telah cukup lengkap. Akses jalan sampai transportasi darat maupun udara telah dikembangkan sehingga wisatawan dari berbagai macam daerah, dalam negeri maupun luar negeri, dapat datang ke pulau ini dengan mudah. 

Tertarik untuk berlibur ke Lombok? ANTV Klik telah mengumpulkan 7 tempat wisata di Lombok yang patut kamu kunjungi. Berikut artikelnya!

Pantai Tanjung Aan

img_title
Pantai Tanjung Aan. (Foto: Tempat Wisata)

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai terpopuler di Lombok. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, sehingga airnya pun jernih dan berwarna hijau tosca kebiruan yang begitu cantik.

Selain itu, Pantai Tanjung Aan mempunyai pasir putih yang terbilang unik. Butirannya terlihat seperti merica. Ini membuat masyarakat setempat menyebut Pantai Tanjung Aan sebagai Pantai Merica. 

Pantai Tanjung Aan aman dan bisa digunakan untuk pengunjung yang ingin berenang. Pengunjung pun bisa menyelam atau sekadar bersantai di tepi pantai. Selain itu, ada objek unik di pantai ini yang wajib kamu lihat langsung, yaitu Batu Payung. 

Pantai Tanjung Aan buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sesuai kendaraan yang digunakan, yaitu Rp5 ribu untuk motor, Rp10 ribu untuk mobil, dan Rp15 ribu untuk mini bus. 

Gili Trawangan

img_title
Gili Trawangan. (Foto: Water Sport Bali)

Kurang rasanya jika kamu berlibur ke Lombok tanpa mengunjungi GIli Trawangan. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari Kepulauan Gili yang ada di wilayah Lombok yang mempunyai jutaan pesona. 

Gili Trawangan terkenal akan kekayaan alam sekaligus kearifan lokalnya yang indah dan menarik. Ini membuat wisatawan lokal maupun mancengara menjadikan Gili Trawangan tujuan wisata selain Bali. 

Gili Trawangan memiliki deretan pantai dengan pesonanya yang begitu memikat. Hampir sebagian besar pantainya berpasir putih, kebersihannya pun begitu terjaga hingga wisatawan betah untuk beraktivitas atau sekadar bersantai. 

Salah satu objek populer di pantai Gili Trawangan adalah ayunan yang berdiri di atas air. Ayunan ini sering dijadikan objek foto oleh para wisatawan, terutama saat momen matahari terbenam.

Pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan dengan snorkeling maupun diving. Gili Trawangan mempunyai beberapa spot populer untuk kedua kegiatan ini, seperti Bounty Wreak, Coral Garden, Meno’s Wall, dan Shark Spot. 

Selain itu, Gili Trawangan mempunyai destinasi wisata kuliner yang disebut Trawangan Night Market. Di sini, kamu bisa mencicipi makanan lokal sampai berbagai jenis seafood yang lezat. 

Pantai Tebing

img_title
Pantai Tebing. (Foto: Rental Mobil Lombok)

Pantai Tebing mungkin tidak memiliki pasir putih, tapi pantai ini mempunyai deretan tebing yang menjulang tinggi yang menjadi ciri khas sekaligus menambah keindahan tempat ini.

Masyarakat lokal menyebut Pantai Tebing sebagai Luk. Ternyata, tersimpan kisah sejarah di balik keindahan sekaligus kemegahan Pantai Tebing ini. 

Tebing-tebing yang ada di pantai ini terbentuk setelah meletusnya Gunung Rinjani Tua atau Samalas pada tahun 1257. Namun, bentuk tebingnya pun tak seperti dulu lagi karena adanya longsor pasca gempa pada tahun 2018.

Pantai Tebing tidak mempunyai jam operasional maupun tiket masuk. Pantai ini pun belum mempunyai fasilitas yang memadai, jadi kamu mungkin harus membawa bekal. 

Gunung Rinjani

img_title
Gunung Rinjani. (Foto: Anusorn Sanaphanthu)

Gunung Rinjani termasuk gunung tertinggi ke-3 di Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian lebih dari 3.726 mdpl dan disebutkan menjadi salah satu spot mendaki favorit bagi para petualang. 

Gunung berapi yang masih aktif ini menyajikan keindahan alam yang begitu luar biasa. Gunung Rinjani mempunyai beberapa objek wisata yang disebut Savana Propok, Bukit Kukus, dan Joben Eco Park.

Selain itu, Gunung Rinjani mempunyai air terjun sampai pemandian alami terbuka, seperti Telaga Biru dan Pemandian Air Panas Sebau.

Jam operasional Gunung Rinjani bagi para pendaki terbuka 24 jam, sedangkan bagi tempat-tempat wisata yang ada di dalamnya hanya terbuka pada pukul 09.00—15.00 waktu setempat.

Pantai Tangsi

img_title
Pantai Tangsi. (Foto: Nusatrip Blog)

Pantai Tangsi disebut juga dengan Pantai Pink. Nama ini diambil dari warna pasirnya yang merah muda karena tercampur dengan pasir putih dan koral serta pecahan cangkang laut foraminifera yang berwarna kemerahan. 

Tentu saja ini menjadi daya tarik khusus Pantai Tangsi. Paduan warnanya yang cantik menjadikan Pantai Tangsi ini tempat wisata di Lombok yang tidak bisa kamu lewatkan. 

Di Pantai Tangsi, kamu bisa sekadar bersantai atau menikmati keindahan lautnya dengan snorkeling dan diving

Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Tangsi dari atas bukit. Panorama ini jelas akan semakin indah di saat-saat matahari terbenam. 

Pantai Tangsi terbuka 24 jam bagi wisatawan. Harga tiket masuknya pun berbeda, yaitu Rp10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp50 ribu untuk wisatawan mancanegara. 

Danau Segara Anak

img_title
Danau Segara Anak. (Foto: Pegipegi)

Segara Anak merupakan danau vulkanik yang berlokasi di Gunung Rinjani. Danau ini memiliki kedalaman lebih dari 200 meter. Di tengah danau ini pun terdapat Gunung Baru Jari yang kian memperindah panorama alam yang ada.

Air pada Danau Segara Anak berwarna biru seperti air laut, sehingga wisatawan menyebutnya sebagai Anak Laut.

Tidak mudah untuk mencapai danau ini. Pendaki harus menempuh perjalanan sekitar 9 jam untuk menyaksikan keindahan Danau Segara Anak. 

Suhu air danau ini sekitar 20—22 derajat, terbilang hangat jika dibandingkan dengan suhu udara di sekitarnya. Selain itu, di dekat danau ini pun terdapar sumber air panas yang bisa digunakan untuk berendam. 

Di tempat ini pengunjung bisa berkemah. Begitu keluar dari tenda, pengunjung akan langsung disajikan pemandangan danau yang fantastis. 

Pemandangan yang didapat saat malam hari pun tak kalah menarik. Pengunjung dapat menyaksikan taburan bintang yang jelas dan terang karena jauh dari pusat perkotaan. 

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

img_title
Pantai Penyisok. (Foto: Sinergijakarta.com)

Pantai Penyisok terbilang tempat wisata yang tersembunyi. Pantai Penyisok belum banyak diketahui wisatawan, padahal tempat ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa.

Di Pantai Penyisok, pengunjung akan disajikan dengan keindahan pantai bepasir putih dengan air laut biru yang eksotis. Semua pemandangan itu kian bertambah dengan kemegahan tebing perbukitan di tepi pantai. 

Selain itu, Pantai Penyisok mempunyai objek berupa sumur keramat yang disebut Lingkoq Datu. Sumur ini merupakan tempat pemandian raja yang berlokasi di Lingkoq Siwaq atau 9 sumur keramat.

Masyarakat setempat percaya bahwa mandi di Lingkoq Datu dapat membawa keberuntungan. Mereka menyebut sumur ini tempat terbaik untuk mensucikan diri. Selain itu, mereka pun percaya Lingkoq Datu akan mendatangkan kesaktian. 

Pantai Penyisok mematok harga tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Pantai ini pun terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.