13 Arti Mimpi Menikah, Idap Penyakit hingga Karir Cemerlang

Menikah
Menikah (Foto : Freepik/ fxquadro)

Antv – Banyak orang yang mengalami mimpi menikah dalam tidurnya. Arti mimpi menikah sendiri dapat menjadi pertanda adanya fase perkembangan yang penting dalam berbagai lini kehidupan, seperti karier, keluarga, maupun hubungan. 

Seperti diketahui, mimpi merupakan proyeksi memori di otak yang terjadi saat tertidur. Maka tak jarang mimpi terjadi berkaitan dengan ingatan seseorang akan sesuatu yang tengah membebani atau memenuhi pikiran.

Meski demikian, banyak pula yang percaya bahwa mimpi merupakan pertanda akan sesuatu yang sedang atau akan dialami dalam hidup, salah satunya adalah mimpi menikah.

Tafsir mimpi menikah ternyata sangat beragam, bergantung pada siapa pasangannya. Ada yang ditafsirkan positif dan adapula yang ditafsirkan negatif.

Mimpi menikah secara umum bermakna seputar awal, perubahan, dan transisi baru dalam hidup. Mimpi menikah juga dapat menjadi tanda komitmen, harmoni, atau kemandirian diri sendiri dalam menjalani hidup.

Lantas, apa saja sih arti mimpi menikah? Yuk simak deretan arti mimpi menikah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Arti Mimpi Menikah Dalam Berbagai Kondisi

 

img_title
Pengantin Wanita. (Foto: Freepik/ freepic.diller)

Mimpi menikah memiliki beragam makna yang bergantung pada siapa pasnagan yang kamu nikahi dalam mimpi yang kamu alami. Berikut ini makna mimpi menikah yang perlu kamu ketahui.

1. Arti Mimpi Menikah Ketika Masih Single

Bagi kamu yang masih single namun mengalami mimpi menikah, bisa jadi ini menjadi pertanda soal komitmenmu dalam menjalani kehidupan.

Mimpi menikah ketika kamu masih single dapat menjadi tanda bahwa kamu perlu meningkatkan dan menjaga komitmenmu dalam hidup, baik yang terkait dengan pekerjaan, pertemanan, hingga hubungan keluarga.

2. Arti Mimpi Menikah dengan Pacar

Bagi kamu yang sudah menjalani hubungan pacaran dalam waktu yang cukup lama, mimpi menikah sering dialami. Terlebih jika kamu dan pasanganmu sudah memiliki komitmen yang serius ke depannya.

Mimpi menikah dengan pacar merupakan salah satu mimpi indah yang menjadi pertanda baik. Mimpi ini kemungkinan menjadi pertanda akan datangnya perubahan dalam hubunganmu, terutama perubahan yang lebih positif.

3. Arti Mimpi Menikah dengan Teman

Hubungan pertemanan yang terjalin dengan sangat erat dalam waktu yang lama terkadang mampu menumbuhkan benih-benih perasaan untuk menjadi lebih dari sekadar teman biasa. Tak jarang, sepasang sahabat akhirnya berujung pada pernikahan.

Namun bagaimana jika pernikahan dengan teman tersebut terjadi di dalam mimpi? Mimpi menikah dengan teman adalah pertanda bahwa kamu memiliki perasaan khusus terhadap temanmu.

Akan tetapi, mungkin kamu terlalu malu untuk mengutarakan perasaan tersebut. Tidak hanya secara romantis, perasaan yang dirasakan juga bisa jadi hanya sebatas platonik.

4. Arti Mimpi Menikah Ketika Sudah Menikah

Apabila kamu sudah berstatus menikah dan mengalami mimpi menikah dengan orang lain, kemungkinan kamu sedang memiliki masalah dengan pasangan suami atau istrimu. Bisa jadi, kamu merasa ada yang kurang dari pernikahanmu bersama pasangan.

Selain itu, mimpi ini juga bisa menjadi pertanda terjadinya penyembuhan atau penerimaan atas dirimu yang baru. Mimpi ini mungkin bisa diartikan bahwa kamu telah berhasil memberikan kesempatan kedua untuk dirimu.

5. Arti Mimpi Menikah dengan Orang Tak Dikenal

Apabila kamu bermimpi dengan orang asing yang tak kamu kenali, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa kamu sedang merasa tidak nyaman dan terjebak dalam permasalaha yang berkepanjangan dalam hidupmu.

Mimpi ini bisa jadi juga menjadi tanda bahwa ada orang baru yang muncul di hidupmu. Mimpi ini bisa jadi menandakan bahwa kamu perlu membuka diri untuk orang tersebut.

6. Arti Mimpi Menikah dengan Mantan

Bagi kamu yang sudah berpisah dari pasangan, mungkin akan memerlukan beberapa waktu untuk menghapus kenangan dan perasaanmu padanya. Akan tetapi, bermimpi menikah dengan mantan buka berarti demikian.

Hal ini bisa juga menjadi arti bahwa kamu sudah bisa menerima dan memahami masa lalumu. Mungkin, kamu sudah banyak belajar dari kesalahan masa lalu dan mulai mengetahui makna hidup yang sebenarnya.

Bermimpi menikah dengan mantan bisa dianggap sebagai petunjuk bahwa kamu harus belajar untuk lebih fokus lagi demi masa depanmu.

7. Arti Mimpi Menikah Karena Dijodohkan

Mimpi menikah karena dijodohkan bagi sebagian orang bisa menjadi mimpi buruk sebab sebagian orang tidak menginginkan untuk dijodohkan.

Arti mimpi tersebut bisa jadi karena kamu berada dalam kondisi dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin kamu lakukan atau hal-hal di luar kehendakmu. Hal ini berarti kamu merasa tidak =memiliki suara atau pilihan dalam sebuah situasi.

8. Arti Mimpi Nikah dengan Orang yang Tidak Disukai

Jangankan menikah, bertemu dengan seseorang yang tak disukai pasti adalah hal yang sangat dihindari, baik dalam mimpi maupun di kehidupan nyata. Lantas, bagaimana jika mengalami mimpi menikah dengan orang yang dibenci?

Rupanya, mimpi ini erat kaitannya dengan urusan tertentu bersama sosok yang ada di dalam mimpi tersebut. Tanpa disadari, ada banyak hal yang sebenanya kamu kagumi dari sosok tersebut.

9. Arti Mimpi Memakai Gaun Pernikahan

Jika kamu pernah bermimpi mengenakan gaun pengantin, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa kamu telah siap untuk menjalani komitmen dan menerima segala kemungkinan seburuk apapun itu yang akan terjadi ke depannya.

10. Arti Mimpi Menghadiri Pernikahan Orang Lain

Mimpi menghadiri pernikahan bisa jadi merupakan pengingat agar kita selalu aktif dalam mengambil peran agar semua yang diimpikan bisa tercapai. Akan tetapi, mimpi ini juga bisa memberikan makna lain.

Mimpi ini juga bisa mengindikasikan keberuntungan yang akan menghampiri keluargamu dalam hal pekerjaan atau menandakan bahwa kamu akan mendapatkan kesuksesan dalam dunia pekerjaan.

Mimpi berjalan dalam situasi resepsi pernikahan berlangsung juga bisa menjadi sinyal bahwa perjalanan karirmu akan cemerlang dan dilimpahi kemakmuran yang bertubi-tubi.

11. Arti Mimpi Terlambat Datang ke Pernikahan Sendiri

Bermimpi terlambat datang ke acara pernikahan sendiri bisa menjadi pertanda negatif. Mimpi ini bisa jadi sinyal bahwa kamu akan kehilangan sesuatu yang berharga atau sejumlah uang dalam waktu dekat.

Mimpi ini bisa juga merefleksikan ketidakmampuanmu dalam melakukan banyak hal secara bersamaan atau multitasking.

12. Arti Mimpi Nikah Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mimpi menikah juga mmeiliki makna tersendiri. Salah satu interpretasi primbon Jawa menyebutkan bahwa mimpi menikah bisa menjadi salah satu pertanda bahwa kamu perlu lebih memperhatikan kesehatanmu.

Selain itu, ada pula tafsir primbon Jawa yang menyebutkan bahwa mimpi menikah bisa berarti hal yang negatif akan terjadi pada kesehatanmu, entah itu menderita suatu penyakit atau kematian.

13. Arti Mimpi Nikah Dalam Islam

Dalam Islam, arti mimpi ini memiliki banyak tafsir dalam Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Salah satu arti mimpi nikah dalam Islam, yaitu adalah sebagai bukti kepedulian Allah kepadamu.

Selain itu, mimpi menikah juga memiliki arti seputar pekerjaan atau mata pencaharian baru yang akan kamu tekuni ke depannya.

Lebih spesifik lagi, jika kamu bermimpi menikahi seorang perempuan padahal kamu sudah menikah, bisa jadi artinya kamu akan memperoleh banyak kebaikan dalam hidup.

Nah, itulah deretan makna mimpi menikah dengan berbagai kondisi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!