6 Manfaat Temulawak, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak
Temulawak (Foto : VIVA)

Antv – Manfaat temulawak telah terbukti akan khasiat yang diberikannya, bahkan jenis tanaman ini menjadi bahan mengobatan tradisional yang digunakan di negara Ginseng China. Sebab, temulawak ini memiliki banyak khasiat yang luar biasa.

Tanaman yang masih berkerabat dekat dengan kunyit ini mempunyai warna kuning muda dengan bentuk silinder, mempunytai diameter berukuran 6 cm.  

Saking banyaknya kandungan di dalam temulawak, membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mengonsumsi temulawak dalam bentuk minuman maupun bumbu pelengkap makanan. 

 

Tanaman herbal satu ini biasanya juga sering digunakan sebagai bumbu dapur dan diolah sebagai pelengkap untuk membuat rasa makanan agar semakin lezat dan gurih. 

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) ini sudah dikenal di Indonesia sebagai rempah-rempah yang bisa diolah menjadi jamu tradisonal. Tanaman herbal satu ini sering kali kita jumpai, karena memiliki manfaat yang banyak.

Mungkin sebagian dari masyarakat Indonesia pun sudah mengetahui akan manfaat temulawak ini, meski mungkin juga di antara mereka belum mengetahui lebih jauh.

Nyatanya, khasiat dari tanaman ini begitu banyak, sebab temulawak  memiliki beragam kandungan dan senyawa kimia baik bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat temulawak ini? Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah disadur dari VIVA dan berbagai sumber yang lainnya.

Kandungan Temulawak

img_title
Temulawak. (Foto: Pixabay/ SoFuego)

 

0,37% abu 

1,52% protein 

1,35% lemak

 0,80% serat 

79,96% karbohidrat 

15 ppm kurkumin 

11,45 ppm kalium 

6, 38 ppm natrium 

19,07 ppm kalsium 

12,72 ppm magnesium 

6,38 ppm zat besi 

0,82 ppm mangan 

0,02 ppm kadmium 

Selain kandungan di atas, tanaman temulawak juga memiliki zat aktif yang terkandung di dalamnya. Mulai dari germakron, yang menjadi antiradang dan menghambat pembengkakan.

Setelah itu, tumeron yang menjadi antimikroba dan terakhir ada p-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper, yang dapat meningkatkan produksi dan emepdu.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

img_title
Temulawak. (Foto: VIVA)

 

Berikut ini mari kita simak ragam manfaat yang ada di dalam temulawak. Manfaat temulawak sendiri sangatlah banyak yang juga pastinya baik untuk kesehatan tubuh. 

Tanaman temulawak atau yang biasa disebut dengan Curcuma Xanthorrhiza ini sudah terbukti bisa dijadikan sebagai obat tradisional penangkal banyak penyakit. Maka, tak heran kalau tanaman herbal ini dipercaya sebagai obat tradisional di China.  

Kandungan yang terdapat di dalam tanaman herbal ini pun kaya akan manfaat yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

1. Obat Peradangan

img_title
Temulawak. (Foto: VIVA)

 

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi temulawak ini yakni bisa membantu dalam menjadikannya obat peradangan. 

Sebab, salah satu kandungan dari temulawak ini yaitu memiliki senyawa antiradang. Di mana senyawa ini bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. 

Oleh sebab itu, kandungan senyawa antiradang di dalamnya bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

2. Hilangkan Jerawat

img_title
jerawat. (Foto: Freepik)

 

Manfaat berikutnya yakni bisa membantu dalam menghilangkan jerawat yang ada pada wajah kamu. Tentunya, jerawat yang ada di wajah akan membuat seseorang menjadi jauh tidak percaya diri. Maka, menggunakan temulawak ini bisa membantu menghilangkannya.

Di dalam dunia kecantikan sendiri, bahan-bahan alami nyatanya mampu meyingkirkan jerawat yang ada di wajah. Meski tidak instan, menggunakan bahan-bahan alami terbilang aman dan tidak ada efek samping. Salah satu bahan alami yang mampu membantu dalam menghilangkan jerawat yaitu temulawak. 

Sebab, temulawak ini mempunyai sifat astringent.  Di mana astringent bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. 

Selain itu, kandungan antiseptik di dalamnya juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.  Dengan begitu, jerawat yang meradang akan berangsur hilang dan sirna.

3. Atasi Masalah Pencernaan

img_title
Ilustrasi gangguan pencernaan. (Foto: VIVA)

 

Manfaat temiulawak yang ketiga adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan. Tanaman herbal ini merangsang produksi empedu di kantong empedu. 

Menurut para ahli, manfaat temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi kembung, serta membantu pencernaan yang tidak merata dan teratur. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta pasien radang usus untuk mengonsumsi tanaman temulawak setiap hari. Ini untuk hasil yang diharapkan maksimal. Ternyata, mereka bisa mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat sebagai hasilnya.

4. Menjaga Kesehatan Liver

img_title
Temulawak. (Foto: obatherbalpromo)

 

Manfaat temulawak yang berikutnya untuk kesehatan tubuh yakni bisa membantu dalam menjaga kesehatan liver. 

Melansir dari Scientific Researh Journal, ekstrak dari temulawak ini nyatanya terbukti memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen.  

Sedangkan, Hepatotoksin adalah bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati.  Jadi bisa dibilang, temulawak merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati.

5. Mengobati Kanker

img_title
Temulawak. (Foto: Freepik/ user13662878)

 

Tidak dapat disangkal bahwa pengobatan kanker membutuhkan banyak biaya. Tapi jangan khawatir, kita bisa mengurangi risiko kanker dan menyembuhkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dimiliki Indonesia. 

Ya, manfaat temulawak ini bisa mengobati kanker prostat, payudara, dan usus besar. Sebuah penelitian menyebutkan jika manfaat jahe juga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker prostat. 

Hal ini disebabkan bahwa antioksidan dalam herbal, salah satunya temulawak, maka bahan herbal tersebut dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker, jelas peneliti di University of Maryland Medical Center.

6. Menambah Nafsu Makan

img_title
Temulawak. (Foto: Pixabay)

 

Manfaat temulawak yang berikutnya yakni untuk menambah nafsu makan, hal ini rasanya sangat cocok dengan kamu atau yang sudah memiliki anak jarang sekali untuk makan. Maka, dengan temulawak ini bisa membantu kamu dalam menambah nafsu makan.

Tentunya, temulawak yang dimakan oleh anak khususnya ini harus sudah dalam bentuk sudah diolah, sehingga bisa lebih aman serta nikmat saat dikonsumsi oleh sang anak tercinta. Temulawak juga bisa mempercepat proses pengosongan lambung lho, sehingga nafsu makan pun bakal segera meningkat.

Efek Samping Temulawak

img_title
Temulawak. (Foto: Pixabay/ Muhammad Gunawansyah)

 

Meski terkandung dalam bahan herbal alami, temulawak ini tetap tidak boleh dikonsumsi untuk sembarangan. Hal ini karena temulawak dapat menimbulkan efek samping atau interaksi obat, terutama bila dikonsumsi dengan obat yang diresepkan oleh dokter.

Tak hanya itu, temulawak juga belum terbukti aman dikonsumsi oleh semua orang. Ada beberapa golongan masyarakat yang tidak dianjurkan mengkonsumsi ini sebagai obat herbal, yaitu ibu hamil dan menyusui serta orang dengan kondisi medis tertentu seperti gangguan empedu, maag kronis dan gangguan darah.

Kalau ingin mengonsumsi temulawak ini, kamu pun perlu mengetahui dosis yang aman. Mengkonsumsi delapan gram ekstrak temulawak per hari dianggap aman dan tidak menimbulkan hal-hal yang menyebabkan efek luar biasa.

Tapi, belum ada informasi medis jelas tentang dosis temulawak yang aman dan maksimal. Oleh karena itu, konsumsi temulawak dengan berlebihan ini tidaklah dianjurkan, terutama jika kamu mempunyai kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Manfaat dari temulawak ini bagi kesehatan memang begitu beragam akan khasiatnya. Tapi, agar hal ini lebih aman, ada baiknya jika konsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal.

Itulah 5 manfaat temulawak yang mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui akan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tentunya akan ada masih banyak lagi manfaat-manafaat lain yang mungkin saja ditemukan dari temulawak ini. 

Tapi, yang jelasnya bahwa temulawak ini kaya akan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kamu. Bahkan bisa membantu mencegah dan mengobati sakit yang terjadi. Semoga tulisan ini membantu.