5 Manfaat Buah Kesemek, Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Kolesterol

Buah Kesemek
Buah Kesemek (Foto : Pixabay/ NakNakNak)

Antv – Manfaat buah kesemek ini sangat beragam macamnya untuk kesehatan tubuh. Buah ini pun memiliki warna oranye yang justru dari warna tersebut membuat orang akan tergoda untuk memakan jenis buah yang satu ini.

Buah kesemek sendiri merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan subtropis yang kini sudah cukup jarang untuk ditemukan di Indonesia. Buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, atau yang dalam bahasa Inggris disebut pesimmonkaki.

Nama ilmiah dari buah ini yakni Diospyros kaki L Marga Diospyros, mempunyai sekitar 700 spesies tanaman tapi hanya beberapa yang dibudidayakan komersial. Selain memiliki warna oranye, bentuk buah kesemek ini pun bulat seperti tomat.

 

Tapi, saat masih muda buah ini akan memiliki warna kulit hijau lalu akan berubah menjadi orange saat sudah matang.

Rasa dari buah yang satu ini sepat jika kamu memakannya dengan cara langsung, pasalnya rasa sepat tersebut dihasilkan karena kandungan tanin yang terdapat dalam buah cukup tinggi. Meski begitu, kandungan tanin ini nyatanya akan menurun seiring proses pada kematangan buah.

Buah kesemek ini mempunyai kandungan nutrisi sangat baik yang bermanfaat bagi tubuh. Sebab, buah yang satu ini kaya akan kandungan serat, mineral, dan vitamin. Lebih jauh, berikut merupakan 5 manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay)

 

Memiliki banyak kandungan nutrisi di dalam buah kesemek ini, aka tak heran kalau buah yangs atu ini memberikan banyak akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan 5 manfaat buah kesemek untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay)

 

Manfaat buah kesemek yang berikutnya yakni bisa menjaga kesehatan jantung, Seperti yang diketahui, bahwa penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian manusia di seluruh dunia, berdampak negatif terhadap kehidupan jutaan orang.

Untungnya, sebagian besar jenis penyakit jantung dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko, seperti pola makan yang tidak sehat. Kombinasi nutrisi yang kuat dalam kesemek menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Buah kesemek mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol. Dalam beberapa penelitian, makan makanan kaya flavonoid dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

2. Meningkatkan Penglihatan

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay/ parkbyungki)

 

Manfaat buah kesemek yang pertama yakni bisa untuk kesehatan mata. Sebab, buah ini menyediakan banyak vitamin A dan antioksidan penting untuk kesehatan mata. Faktanya, satu buah kesemek memberikan 55% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan.

Vitamin A ini mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea. Tak hanya itu, hal ini juga sebagai komponen penting dari rhodopsin, protein yang diperlukan untuk penglihatan normal.

Buah kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan karotenoid yang meningkatkan penglihatan yang sehat.

Zat tersebut ditemukan dalam kadar tinggi di retina, yakni lapisan jaringan peka cahaya pada bagian belakang mata. Diet kaya lutein dan zeaxanthin ini bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula terkait usia, penyakit yang berdampak pada retina dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 100.000 orang telah menemukan bahwa yang mengkonsumsi lutein serta zeaxanthin dalam jumlah tertinggi memiliki risiko 40% lebih rendah terkena degenerasi macula, terkait usia daripada mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah paling sedikit.

3. Membantu Mengurangi Peradangan

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay @ HeungSoon)

 

Manfaat berikutnya dari buah kesemek ini bisa untuk membantu mengurangi peradangan, yakni penyakit seperti jantung, radang sendi, diabetes, kanker, dan obesitas semuanya terkait dengan peradangan kronis.

Tapi, jika memilih makanan yang tinggi senyawa anti-inflamasi dapat nyatanya membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit. Buah kesemek merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh.

Faktanya, satu buah kesemek mengandung 20% dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin C membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memerangi peradangan dalam tubuh.

Vitamin C ini bisa mengurangi kerusakan radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil, sehingga mampu menetralkan serta mencegah akan kerusakan lebih lanjut. Protein C-reaktif juga interleukin-6 merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh sebagai reaksi terhadap peradangan.

Sebuah studi dilakukan selama delapan minggu, pada 64 orang gemuk telah menemukan bahwa suplementasi dengan 500 mg vitamin C dua kali sehari secara signifikan dapat mengurangi kadar protein C-reaktif dan interleukin-6.

Tak hanya itu, penelitian besar telah menghubungkan asupan vitamin C yang lebih tinggi dengan penurunan risiko kondisi peradangan seperti penyakit jantung, kanker prostat, dan diabetes.

Jadi, buah kesemek ini pun mengandung karotenoid, flavonoid dan vitamin E yang semuanya merupakan antioksidan kuat yang melawan peradangan dalam tubuh.

4. Atasi penyakit Kronis

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay/ lhadlock50)

 

Manfaat buah kesemek berikutnya yakni dapat melawan penyakit kronis. Sebab buah ini mengandung senyawa tanaman bermanfaat dengan sifat antioksidan.

Antioksidan membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan melawan stres oksidatif, suatu proses yang dipicu oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Stres oksidatif dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit saraf seperti Alzheimer.

Makan makanan kaya antioksidan seperti kesemek membantu melawan stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis tertentu.

Diet tinggi flavonoid, antioksidan kuat yang ditemukan dalam jumlah tinggi di kulit dan daging buah kesemek telah dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah, penurunan mental terkait usia, serta kanker paru-paru.

Tak hanya itu, buah kesemek ini juga kaya akan antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, pigmen yang ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna cerah.

Penelitian telah mengaitkan diet tinggi beta-karoten dengan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan penyakit metabolik yang lebih rendah.

Selain itu, sebuah penelitian pada lebih dari 37.000 orang telah ditemukan, bahwa mereka yang memiliki asupan makanan tinggi beta-karoten memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

img_title
Buah Kesemek. (Foto: Pixabay/ manseok_Kim)

 

Mempunyai  terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol LDL “jahat” nyatanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, bahkan serangan jantung. Makanan tinggi serat larut, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan membantu tubuh mengeluarkannya dalam jumlah berlebih.

Buah kesemek merupakan salah satu buah yang memiliki serat tinggi yang sudah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL.

Suatu studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi cookie bar mengandung serat kesemek tiga kali sehari selama 12 minggu mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang makan bar yang tidak mengandung serat kesemek.

Serat ini pun dirasa sangat penting untuk buang air besar secara teratur dan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Makanan yang kaya akan serat larut seperti kesemek dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula.

Hal tersebut dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Sebuah penelitian pada 117 orang dengan diabetes menunjukkan, bahwa peningkatan konsumsi akan serat makanan larut menyebabkan peningkatan yang lebih signifikan dalam kadar gula darah.

Selain itu, serat ini pun membantu bahan bakar bakteri "baik" di usus yang bisa berdampak positif pada pencernaan serta kesehatan secara keseluruhan.

Itulah 5 manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh kamu, mungkin buah ini akan lebih banyak manfaatnya dan tidak hanya lima, bahkan lebih. Semoga membantu.