15 Ragam Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Buah Srikaya
Buah Srikaya (Foto : Pixabay/ ika rahma)

Antv – Ada banyak sekali manfaat buah srikaya untuk kesehatan. Sebab, beberapa jenis zat yang terkandung pada buah, daun, biji, dan batang pohon srikaya dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Srikaya sendiri merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemui di daerah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. Buah yang masuk ke dalam famili Annonacea ini memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan kulit bersisik tebal dan menonjol.

Sedangkan bagian dalam dagingnya berwarna putih dan berbiji hitam dan lonjong. Tekstur dagingnya sendiri agak kenyal dan legit dengan rasa yang sangat manis.

Buah Srikaya mengandung antioksidan dan vitami C yang dapat menangkal radikal bebas. Buah ini juga kaya akan sumber kalsium, zat besi, kalium, niasin, vitamin A, serat serta magnesium.

Di balik kelezatannya, buah srikaya menyimpan beragam manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan. Pasalnya, buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, kulit, rambut, menjaga tekanan darah agar tetap normal, dan untuk kesehatan tulang.

Masih ada banyak manfaat dari buah srikaya untuk kesehatan tubuh yang telah kami rangkum dari berbagai sumber pada Senin, 24 Oktober 2022.

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

 

img_title
Buah Srikaya. (Foto: Freepik/ jcomp)

 

Buah srikaya merupakan sumber karbohidrat, vitamin, dan protein yang baik bagi tubuh. Untuk lebih lengkapnya, simak deretan manfaat buah srikaya bagi kesehatan berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah srikaya mengandung vitamin C sebanyak 28 mg atau sekitar 31% dari angka kecukupan vitamin harian. Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi manusia yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, vitamin C dapat membantu tubuh melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga membantu mencegah munculnya penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Salah satu manfaat buah srikaya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sebab, srikaya kaya akan vitamin A dan antioksidan yang membantu terbentuknya jaringan dan melindungi struktur sel yang membuat kulit tampak cerah.

Antioksidan sendiri berguna untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Zat ini mampu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, vitamin A yang terkandung di dalam srikaya bekerja bersama protein di dalam tubuh untuk membentuk ligamen, tendon, dan otot menjadi lebih kuat. Zat ini juga membantu memproduksi kolagen hingga mampu meningkatkan fleksibilitas kulit dan memperkuat rambut.

3. Mengatasi Masalah Pernapasan

Manfaat buah srikaya selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah pernapasan yang terkait dengan saluran bronkial yang meradang. 

Buah srikaya mengandung vitamin B6 yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Zat iniembantu menurunkan peradangan di tubuh atau di sekitar saluran bronkial. Ini sangat membantu pasien asma atau infeksi bronkial.

Buah ini mengandung antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan masalah saluran pernapasan.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah srikaya lainnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Sebab, srikaya mengandung potasium yang bahkan lebih tinggi daripada pisang. Selain itu, kalium yang terkandung di dalamnya juga dapat menyeimbangkan kadar natrium dan menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah Masalah Jantung

Srikaya mengandung manesium yang sangat penting untuk mengendurkan otot jantung. Magnesium membantu menyeimbangkan tekanan dan kerja jantung yang berlebihan sehingga otot bisa sedikit lebih rileks dan tidak lelah. 

Buah Srikaya membantu memenuhi 10% kebutuhan harian magnesium, sehingga srikaya bisa menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah srikaya yang lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Sebab, srikaya mengandung niasin yang dapat menurunkan kadar koleterol jahat hingga 20%.

Selain itu, kandungan niasin juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang melapisi arteri dan lapisan halus, sehingga membantu kerja jantung untuk memompa darah dan oksigen.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Satu cangkir srikaya atau setara dengan 160 gram memenuhi 17 %kebutuhan serat dalam tubuh. Serat ini tidak dapat dicerna atau diserap tapi dapat membantu memindahkan kotoran pada usus.

Serat dapat membantu pergerakan usus dan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Makanan yang mengandung serat tinggi, seperti srikaya dapat menyehatkan sistem pencernaa dan juga organ lambung.

8. Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaatbuah srikaya selanjutnya adalah untuk membantu mengatur kadar gula darah. Sebab, srikaya mengandung serat yang bisa memperlambat pelepasan insulin dalam tubuh, sebagai respons terhadap asupan gula.

Buah srikaya cocok dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes karena membantu menyeimbangkan glukosa dan insulin.

9.Mencegah Anemia

Srikaya merupakan salah satu pilihan buah terbaik untuk penderita anemia. Sebab, srikaya memiliki sumber komposisi zat besi yang penting bagi pemulihan penyakit anemia. 

Anemia sendiri merupakan penyakit yang muncul karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Gejala yang muncul biasanya adalah pusing dan kelelahan kronis.

10. Mencegah Kanker

Sebuah studi menunjukkan bahwa srikaya mengandung nutrisi yang bertindak sebagai anti-kanker. Zat acetogenin dan aljaloid yang terdapat di dalam srikaya mampu mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker.

11. Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat buah srikaya selanjutnya sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat yang terkandung dalam srikaya penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat karena dapat mencegah kemungkinan cacat tabung saraf.

Kandungan folat yang tinggi pada buah srikaya dapat membantu meningkatkan kesehatan kehamilan. Asupan srikaya selama kehamilan dapat menurunkan kemungkinan keguguran.

12. Menurunkan Nyeri Rematik

Rebusan daun srikaya dipercaya dapat Menyamakan keseimbangan air dalam tubuh sehingga dapat menghilangkan asam. Selain itu, srikaya mengandung magnesium yang dapat mengontrol keseimbangan cairan dan elektrolit normal dalam tubuh. Dengan demikian, ini dapat menurunkan kemungkinan peradangan karena rematik dan radang sendi.

13. Membantu Menghilangkan Kutu

Bubuk srikaya mentah dipercaya mampu membantu menghilangkankutu. Jika dicampurkan dengan minyak kelapa atau air untuk membuatnya menjadi pasta. Kemudaian oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 15 hingga 20 menit.

Namun perlu diperhatikan agar pasta ini tak mengenai mata agar tak terjadi iritasi dan kebutaan. Selain itu, jangan biarkan pasta ini tertelan karena berbahaya bagi kesehatan.

14. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat buah srikaya selanjutnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Sebab, buah srikaya mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam menciptakan neurotransmitter, termasuk hormon serotonin dan dopamin.

Kedua hormon ini membantu mengatur suasana hati. Hormon serotonin merupakan hormon yang bisa meningkatkan suasana hati untuk tetap bahagia dan positif. Hormon ini berperan mengantarkan sinyal ke jaringan saraf.

Sedangkan hormon dopamin adalah senyawa kimia di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hormon ini mempengaruhi aktivitas manusia seperti kemampuan mengingat dan gerakan tubuh.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Srikaya mengandung antioksidan untuk mnjaga kesehatan mata dan melawan radikal bebas. Sebuah studi membahas tentang hubungan asupan lutein yang tinggi pada kesehatan mata.

Asupan lutein ini melindungi kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak, mata kabur, dan kehilangan penglihatan.

Kadar lutein tinggi dalam darah memiliki risiko 27% lebih rendah untuk penyakit katarak, jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar lutein rendah.

Nah, itulah sederet manfaat buah srikaya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!