Yuk Mulai Lakukan Hari ini, 5 Cara Alami Cegah Diabetes

Diabetes
Diabetes (Foto : Pixabay)

AntvDiabetes dengan berbagai komplikasinya dapat menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan stres seseorang karena harus selalu memeriksakan kadar gula darah, makan makanan terbatas dan obat-obatan sehari-hari.

Melansir dari laman Hindustan Times pada Senin, 24 Oktober 2022, peningkatan kasus diabetes sangat pesat.

Kebiasaan makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah penyebab utama, yang mendorong diabetes di kalangan muda dan setengah baya.

Diabetes tipe 2, tipe diabetes yang paling umum, sebagian besar dapat dicegah dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti makan makanan yang sehat dan menjadi lebih aktif secara fisik. Pencegahan sangat penting jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki kolesterol tinggi, atau memiliki riwayat keluarga diabetes," kata Dr Ranjit Unnikrishnan - Wakil Ketua & Konsultan, Dr. Pusat Spesialisasi Diabetes Mohan.

"Jika Anda memiliki pradiabetes, yang berarti gula darah lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis menderita diabetes, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup sederhana untuk membantu mencegah atau menunda timbulnya diabetes," sambungnya.

Dr Unnikrishnan menyarankan 5 cara alami untuk mencegah dan meminimalisir kemungkinan diabetes.

1. Pertahankan berat badan