12 Arti Mimpi Gigi Copot, Salah Satunya Takut Bertambah Dewasa

ilustrasi perempuan tidur
ilustrasi perempuan tidur (Foto : Freepik/wayhomestudio)

AntvMimpi gigi copot akan membuat sebagian orang was was dan memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi pada hidup mereka. Namun, sebenarnya apa arti mimpi gigi copot ini?

Sebagai informasi, selama bertahun-tahun para ahli telah berdebat tentang mengapa manusia bermimpi. Mereka pun bertanya-tanya mengapa manusia bisa mendapatkan berbagai jenis dan kisah dalam mimpi.

Beberapa percaya bahwa mimpi adalah kunci untuk memahami alam bawah sadar manusia. Namun, sebagian lainnya menganggap mimpi sebagai proses biologis alami saja. 

Meskipun begitu, mengalami mimpi yang sangat spesifik dapat memiliki makna di baliknya, terutama jika mimpi itu terjadi berulang kali.

Mimpi buruk sendiri merupakan hal yang cukup mengganggu orang-orang, apalagi jika mimpi itu benar-benar menyeramkan. Mereka akan bangun dengan perasaan gelisah sekaligus kebingungan tentang arti sebenarnya dari mimpi tersebut.

img_title
Perempuan tidur. (Foto: Freepik @senivpetro)

Salah satu mimpi yang seringkali membuat orang-orang gelisah adalah bermimpi gigi mereka copot. Kebanyakan orang langsung mengaitkan arti mimpi ini dengan musibah atau bahkan kematian.

Namun, dilansir dari Healthline mimpi gigi copot diduga disebabkan oleh stres psikologis. Kondisi kesehatan, budaya, dan kesehatan mental secara keseluruhan bisa saja berperan dalam mimpi yang dialami seseorang. 

ANTV Klik telah mengumpulkan 12 arti mimpi copot yang dilansir dari situs Bustle. Arti-arti mimpi ini bisa saja membantumu untuk lebih peka dan waspada dengan situasi yang terjadi dalam hidupmu.

1. Kamu Berjuang Dengan Kompleks Inferioritas

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Moose Photos)

Jika  belakangan ini kamu merasa malu atau rendah diri dan hal itu menurunkan harga dirimu, itu mungkin muncul dalam bentuk mimpi yang berhubungan dengan gigi, kata praktisi perdukunan Khi Armand. 

"Gigi rontok dalam mimpi sering kali merupakan tanda hilangnya kekuatan pribadi, entah itu yang diberikan atau hilang karena berurusan dengan orang yang salah dalam hidup kita," ungkap praktisi perdukunan Khi Armand, dikutip dari Bustle. 

2. Kamu Khawatir Mengatakan Hal yang Salah

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Greta Hoffman)

Jika kamu bermimpi tentang meludahkan beberapa gigi ke tangan atau mencabut gigi geraham yang lepas satu per satu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu khawatir akan mempermalukan diri sendiri dengan “meludahkan” atau mengatakan hal yang salah.

3. Kamu Tidak Percaya Diri dengan Penampilanmu Sendiri

img_title
ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/ RF._.studio)

Karena senyum cerah dan penuh sering dikaitkan erat dengan daya tarik, masuk akal jika mimpi tentang gigi yang membusuk dapat menunjukkan masalah harga diri.

“Senyum Anda menunjukkan bagaimana Anda mampu menghadapi dunia,” kata Tracee Dunblazier, seorang penulis dan empati spiritual. Dan 

Hal yang berantakan atau tidak sempurna dalam mimpi dapat mencerminkan perasaan seseorang yang sebenarnya. 

4. Kamu Khawatir tentang Pikiran Orang Lain tentang Dirimu

img_title
Ilustrasi orang. (Foto: Pexels/Keira Burton)

Sama seperti arti mimpi gigi rontok yang menunjukkan bahwa kamu minder dengan penampilan luarmu, itu juga dapat berarti bahwa kamu tidak menyukai kepribadian yang ada di dalam dirimu sendiri. 

Kamu mungkin harus menanyakan ini pada dirimu sendiri: Apakah ada suatu hal tentang karaktermu yang menyebabkan kamu merasa insecure atau minder? 

Salah satu cara untuk menghadapi masalah ini adalah dengan mengidentifikasi dan mengatasi sifat pribadimu. Cara ini disebutkan dapat meringankan mimpi buruk. 

5. Rasa Takut Akan Bertambah Tua atau Tumbuh Dewasa

img_title
Ucapan Ulang Tahun Islami. (Foto: Freepik/ freepik)

Gigi tidak hanya terkait dengan penampilan kamu saat ini. Gigi juga sangat terkait dengan penuaan, itulah sebabnya kamu mungkin mengalami mimpi ini jika kau berpikir tentang bertambah tua. 

"Orang-orang, seiring bertambahnya usia, cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk gigi mereka," ungkap seorang ahli.

Kekhawatiran tersebut dapat ditransfer ke alam bawah sadar. Jika kamu akan berulang tahun atau khawatir tentang bertambahnya usia, mimpi gigi copot ini mungkin akan kamu alami.

6. Masalah Uang Membuat Kamu Stres

img_title
ilustrasi pasangan. (Foto: Pexels/Mikhail Nilov)

Uang memiliki cara untuk membuat orang merasa aman. Kekurangan uang pun benar-benar dapat memangsa alam bawah sadar kita.

“Gigi kita adalah bagian yang sangat kuat dari struktur tubuh kita. Kita merasa aman ketika kita memiliki sesuatu untuk membenamkan gigi kita," kata Lisa Allen, MH, seorang ahli astrologi.

Uang bisa menjadi “struktur: yang membuat hidup terasa lebih aman, jadi jika kamu menghadapi tekanan finansial, gigi copot mungkin akan muncul dalam mimpi Anda. 

7. Kamu Marah Tentang Sesuatu

img_title
Ilustrasi perempuan marah. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Karena kita sering mengaitkan gigi dengan agresi, masuk akal bahwa mimpi tentang copot gigi bisa mewakili sesuatu yang membuatmu marah.

Kamu dapat menafsirkan mimpi dengan menjelajahi simbol-simbol dalam mimpimu, termasuk apapun selain gigi dan bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaanmu dan apakah itu berhubungan dengan kehidupan nyata. 

8. Kamu Punya Keputusan Besar Yang Akan Datang

img_title
ilustrasi perempuan. (Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom)

Apakah kamu merasa stres atau ragu-ragu tentang keputusan hidup besar yang akan datang? Mimpi tentang gigi copo bisa kamu alami karena ini

Sama seperti mulut yang melepaskan gigi, mimpi-mimpi ini mungkin merupakan alam bawah sadar yang memberi tahu kamu untuk melepaskan segala rintangan yang menghalangimu untuk mengambil keputusan itu.

Solusi dari ini adalah dengan melihat konflik atau perjuanganmu di kehidupan nyata untuk melihat di mana untuk membuat keputusan bermanfaat.

Jika mimpi ini berulang, seorang ahli merekomendasikan untuk menganggapnya sebagai isyarat untuk membuat keputusan sekali seumur hidup. 

Meskipun pilihan yang tepat tidak selalu jelas, terkadang kamu hanya perlu membantu dirimu sendiri dan memilih satu pilihan untuk dapat bergerak maju.

9. Kamu Menyesali Sesuatu yang Kamu Katakan

img_title
Kata-Kata Sedih Tentang Cinta yang Bikin Mewek. (Foto: Freepik/ rawpixel.com)

Mimpi gigi biasanya merupakan simbol komunikasimu. Menurut Loewenberg, “Mimpi apa pun yang berfokus pada mulut, bibir, lidah, gigi, atau daerah tenggorokan paling sering dikaitkan dengan beberapa jenis masalah komunikasi dalam kehidupan nyata Anda.”

Alasan mengapa hal ini begitu umum karena itu terhubung dengan pola perilaku yang berulang, seperti mengatakan sesuatu tanpa memikirkannya dulu atau membiarkan sesuatu yang tidak seharusnya keluar dari mulut malah keluar, seperti gigimu.”

Mungkin gaya komunikasi tanpa filter ini membuatmu mengatakan sesuatu yang kamu sesali. Pikirkan kembali percakapan baru-baru ini untuk melihat apakah ini masalahnya.

Jika memang demikian, buat catatan untuk memikirkan hal-hal sebelum mengatakannya dengan keras untuk mencegah penyesalan serupa (dan mimpi copot gigi berikutnya) di masa depan.

10. Kesulitan Membagikan Isi Pikiran

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Mimpi tentang gigi copot dapat menandakan bahwa kamu telah berbicara terlalu banyak. Namun, ini juga bisa berarti kebalikannya. 

Annette Goggio, MPH, EEMCP, seorang ahli pengobatan energy menyatakan bahwa mimpi buruk ini dapat menunjukkan bahwa kamu telah memikirkan suatu, tetapi belum mengambil tindakan.

Begitu mimpi gigi muncul, itu pertanda bahwa kamu perlu mengatasi apa pun yang mengganggu dirimu agar kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Jika ini berhasil, itu mungkin juga merupakan tanda bahwa kamu ingin atau perlu mengobrol tentang masalahmu. Berbicara dengan orang tercinta atau terapis tepercaya dapat membantu menemukan kelegaan untuk mengatasi apapun yang menghalangi dirimu. 

11. Kamu Akan Membuat Perubahan Besar dalam Hidup

img_title
ilustrasi pasangan kekasih. (Foto: Pixabay)

Perubahan besar dalam hidup dan perasaan tentang waktu yang terus berjalan juga dapat memicu mimpi gigi. 

Apakah saat ini kamu akan membuat langkah besar atau memulai fase hidup yang baru? Maka jangan heran jika kamu tertidur dan bermimpi semua gigi di mulutmu copot. 

12. Kamu Terlalu Pemilih

img_title
ilustrasi pasangan. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Memiliki sesuatu yang tersangkut di gigi adalah mimpi buruk dalam mimpi yang terasa seperti kehidupan nyata. Hal ini bisa melambangkan lebih dari apa yang kamu duga.

Loewenberg mengatakan bahwa jika kamu bermimpi sedang memilih sesuatu yang terperangkap di gigi, ini bisa menjadi peringatan bawah sadar bahwa kamu terlalu "rewel" di kehidupan nyata.

Mungkin kamu selalu berusaha mengendalikan orang-orang di sekitar atau mungkin kamu terus-menerus mengobrak-abrik penampilanmu sendiri. 

Terlepas dari itu, memilih sesuatu dalam mimpi bisa menjadi sinyal bahwa kamu harus santai dan tenang saat menentukan pilhan di kehidupan nyata.