7 Film Jet Li Terbaik dan Terpopuler, Penggemar Action Wajib Nonton!

The Warlords (2007)
The Warlords (2007) (Foto : IMDb)

Antv – Film Jet Li merupakan salah satu tayangan yang sangat seru untuk disaksikan, sebab menghadirkan kisah yang sangat seru bahkan tak jarang membuat penontonnya terbawa suasana.

Tak hanya itu, film Jet Li juga identik dengan genre action yang membuat penontonnya ikut tegang.

Bagi kamu yang sangat menyukai tentang film Mandarin era 1990-an, pasti akan mengenal aktor laga yang satu ini. Jet Li sendiri lahir dengan nama asli Li Lianjie yang bertempat di Beijing pada 26 April 1963.

Ia mengawali kariernya sebagai juara wushu pada tingkat internasional yang sempat mengharumkan nama negaranya sendiri, sebelum ia memutuskan untuk pensiun pada usia yang terbilang sangat muda, yakni 19 tahun. 

Saat masuk dunia hiburan, ia memakai nama panggung sebagai Jet Li, nyatanya tak butuh waktu lama untuk namanya dikenal oleh publik. Namanya mampu mencuri perhatian publik, bahkan sejak film pertamanya rilis, ia mendapatkan predikat bintang silat favorit.

Lalu film apa saja dari Jet Li ini? Berikut merupakan 7 film Jet Li terbaik dan terpopuler seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Swordsman II (1992)

img_title
Swordsman II (1992). (Foto: IMDb)

Film ini dirilis pada tahun 1992 dengan genre action dan fantasi. Film Jet Li yang satu ini mampu meraih penghargaan Best Costume Make-Up Design dari Hong Kong Film Awards ini, Jet Li berperan sebagai Linghu Chong, anggota paling senior di sekte Mount Hua.

Di film Swordsman II ini, Li memamerkan bakat wushu dengan menggunakan pedang sebagai alat bela diri. Meski tidak tampil dalam film pertama, peran Li di film ini dapat karena kepopulerannya pada masa tersebut.

Film ini juga merupakan film kedua dari sebuah trilogi yang diawali dengan The Swordsman (1990) dan diakhiri dengan The East Is Red (1993). Penampilan Brigitte Lin di film ini membuatnya sebagai Great Performances yang dimuat dalam sebuah daftar All-Time 100 Movies yang dirilis di majalah Time.

2. Once Upon a Time in China II (1992)

img_title
Once Upon a Time in China II (1992). (Foto: IMDb)

Film ini adalah sekuel dari film tahun 1991 yang agak sukses, yang memenangkan Penghargaan Film Hong Kong untuk Sutradara Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Koreografi Aksi Terbaik dan Musik Film Terbaik untuk Tsui Hark. 

Film ini masih menampilkan Huang Feihong, pahlawan rakyat Dinasti Qing yang diperankan oleh Jet Li. Dikenal sebagai Kung Fu Master di Indonesia, film kedua menerima lebih banyak nominasi di Penghargaan Film Hong Kong, tetapi hanya memenangkan satu untuk Koreografi Aksi Terbaik. 

Jet Li memainkan peran sampai film ketiganya pada tahun 1993 dan meskipun tidak sesukses dua film pertama, itu masih memiliki formula yang sama.

Sepertinya memang taka da aktor yang lebih pantas dalam memerankan sosok Wong Fei-Hung selain Jet Li. Hal itu, setelah tokoh Wong Fe-Hing diperankan oleh Vinvcent Zhao, kuliatas dari film yang satu ini cukup menurun.

3. Shaolin Temple (1982)

img_title
Shaolin Temple (1982). (Foto: IMDb)

Film Jet Li berikutnya yang wajib untuk kamu tonton yakni Shaolin Temple (1982), film ini akan sangat seru dengan segala adegan yang terjadi. Film yang satu ini disutradarai oleh Hsin-Yen Chang yang menampilkan genre aksi yang dipadukan dengan drama.

Dalam film ini menjadi debut Jet Li setelah menciptakan banyak sejarah dan rekor untuk perfilman Hong Kong pada khususnya.

Shaolin Temple adalah film Hong Kong pertama yang disetujui untuk difilmkan di negaranya. Film ini pun mendapat kesuksesan juga menyebabkan munculnya banyak film tentang Shaolin.

Dalam Penghargaan Film Hong Kong, film Zhang Xinyan dinominasikan dalam kategori Sutradara Aksi Terbaik.

Dalam film ini, banyak gerakan Shaolin ditampilkan, dan bahkan metode pelatihan disertakan, meskipun singkat. Secara tidak sengaja, nama Shaolin kembali disebut-sebut, dan Li Lianjie ditunjuk sebagai duta besar.

4. Hero (2002)

img_title
Hero (2002). (Foto: IMDb)

Setelah membintangi beberapa film Hollywood dan Prancis, Jet Li kembali ke tanah airnya untuk memerankan kisah tentang pembunuhan Raja Qin pada 227 SM. Karakter Jet Li tidak memiliki nama, sehingga di beberapa situs film, karakter tersebut bernama Anonymous.

Film Zhang Yimou menampilkan adegan-adegan dengan indah yang menggunakan 'efek Rashomon' untuk menceritakan kisah yang sama dari sudut pandang karakter yang berbeda.

Selain Jet Li, film ini juga dibintangi oleh Donnie Yen, Tony Leung, Maggie Cheung, dan Zhang Ziyi.

Film ini telah memenangkan berbagai penghargaan di berbagai festival film dunia, termasuk dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards. Tak hanya itu, di kota kelahirannya, film tersebut memenangkan tujuh piala dalam 14 kategori yang dinominasikan di Penghargaan Film Hong Kong.

5. The Warlords (2007)

img_title
The Warlords (2007). (Foto: IMDb)

Film yang dibintangi Jet Li, Andy Lau, dan Wu Jincheng ini bersama-sama terjadi lagi di tahun-tahun terakhir Dinasti Qing. Ini menceritakan kisah perjuangan tiga bersaudara selama pemberontakan Taiping. Ketiganya membuat sumpah berdarah dan ketiganya berakhir tragis.

Kesuksesan film tersebut dibarengi dengan sederet penghargaan. Pada Penghargaan Film Hong Kong, film tersebut memenangkan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik Jet Li, Sinematografi Terbaik,

Selian itu pun tengtang penyutradaraan Seni Terbaik, Desain Kostum dan Rias Wajah Terbaik, Desain Suara Terbaik dan Efek Visual Terbaik, serta penghargaan lainnya. 

Selain itu, film ini dinominasikan dalam 4 kategori. Jadi film Jet Li yang satu ini sangat wajib kamu tonton bersama keluraga untuk menghilangkan penat disegala kesibukan yang ada.

6. Ocean Heaven (2010)

img_title
Ocean Heaven (2010). (Foto: IMDb)

Film ini adalah satu-satunya di mana Jet Li tidak menampilkan seni bela diri. Film yang didedikasikan untuk penyandang autisme ini sarat dengan drama dan menyentuh hati dengan pesan moral yang positif. 

Dalam film tersebut, yang keuntungannya disumbangkan melalui The One Foundation milik Jet Li, ia berperan sebagai ayah autis yang bekerja di akuarium.

Kisah hubungan ayah-anak ini sangat mengharukan bagi siapa saja yang menontonnya. Terutama Li Lianjie sendiri, karena ayahnya meninggal ketika dia berusia 2 tahun, dia tidak tahu figur ayahnya.

Kehilangan sosok ayah ini akan mempengaruhi hidupnya dan dia tidak akan mengerti peran seorang ayah sampai dia menjadi ayah dari anak-anaknya.

7. Tai Chi Master (1993)

img_title
Tai Chi Master (1993). (Foto: IMDb)

Jet Li dalam dalam film ini berkolaborasi dengan Michelle Yeoh, hal ini mengulang aksi antar keduanya setelah bermain di film silat legendaris tentang pengkhianatan serta menemukan kembali kepercayaan diri yang hilang. 

Jurus-juru daris Tai Chi yang dikenal yakni dengan kelenturannya, maka hal itu diperagakan dengan baik oleh Jet Li yang memang telah mempunyai dasar kuat sejak masih sebagai atlit wushu sebelumnya.

Itulah 7 film Jet Li terbaik dan terpopuler yang bisa kamu saksikan bersama keluarga kala menghilangkan penat dengan segala kesibukan tiap harinya. Tentunya, film dari aktor yang murah senyum ini masih banyak deretannya.