Kenali Tanda Kanker Usus Besar Serta Makanan yang Harus Dihindari

kanker usus besar
kanker usus besar (Foto : Freepik/imageblast)

AntvKanker kolorektal, atau yang umumnya dikenal sebagai kanker usus besar, terjadi ketika pertumbuhan abnormal yang disebut polip atau tumor di usus besar atau rektum berubah menjadi kanker. 

Melansir dari laman Hindustan Times pada Jumat, 21 Oktober 2022. Selama beberapa dekade terakhir, Semakin banyak orang yang terkena kanker kolorektal, bahkan di usia muda. Hal itu karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kebiasaan makan yang salah. 

1. Tanda-tanda Kanker Kolorektal

 

img_title
Punya Masalah Susah Buang Air Besar? Atasi dengan Cara Alami Ini. (Foto: )

“Tanda paling umum dari polip atau tumor adalah perubahan gerakan seseorang; jika seseorang mendapati dirinya tiba-tiba perlu ke kamar kecil empat atau lima kali sehari dibandingkan sekali sehari di masa lalu dan jika individu tersebut tidak merasa lega setelah buang air besar, itu mungkin merupakan indikasi polip atau tumor." kata Dr Manoj Mulchandani, Konsultan, Ahli Bedah Umum Laparoskopi dan Kolorektal Robotik di Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, Mumbai.

"Selain perubahan gerakan, gejala umum lainnya yang mengindikasikan polip atau tumor adalah sakit perut, pendarahan rektum, dan anemia,” sambungnya.