Jangan Diremehkan! Inilah 15 Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Jangan Diremehkan! Inilah Manfaat Seledri untuk Kesehatan
Jangan Diremehkan! Inilah Manfaat Seledri untuk Kesehatan (Foto : Freepik/ stockking)

Antv – Ada banyak sekali manfaat seledri bagi kesehatan tubuh. Lebih dari sekadar penghias dan pelengkap makanan, seledri juga menyimpan beragam manfaat yang tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, seledri menyimpan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. 

Berbagai jenis antioksidan pun terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. Berkat kandungan nutrisi didalamnya seledri memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Sebagai informasi, seledri sendiri masuk ke dalam keluarga apiaceae, sama seperti wortel, peterseli, dan parsnip. Sayuran ini dikenal memiliki tangkai yang renyah dan bisa dikonsumsi sebagai camilan rendah kalori.

Yang lebih menarik, serat dalam seledri ternyata sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kardiovaskular. Seledri juga mengandung zat antioksidan yang berperan dalam mencegah beberapa penyakit.

Selain itu, seledri juga kaya akan air, serat, serta vitamin dan mineral. Itulah sebabnya penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan nutrisimu dari sayuran, termasuk seledri. Lantas, apa saja sih manfaat seledri?

Berikut ini deretan manfaat dari seledri untuk kesehatan tubuh dirangkum dari bebagai sumber.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

 

img_title
Manfaat Seledri untuk Kesehatan. (Foto : Freepik/ KamranAydinov)

 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Seledri kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalider. Senyawa ini disebutkan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat.

Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil.

2. Mengurangi Gejala Asma

Kandungan vitamin C dalam seledri dipercaya dapat mencegah kerusakan kesehatan akibat paparan radikal bebas. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi peradangan dan asma.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Ekstrak etil asetat yang terkandung di dalam daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah. Bahkan, banyak studi yang menunjukkan hasil terkait manfaat seledri untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah hingga 20 persen.

Campuran seledri dan timun mengandung indeks glikemik rendah sehingga memiliki efek yang lambat terkait kenaikan gula darah.

4. Menjaga Kadar Cairan dalam Tubuh

Seledri mengandung sekitar 95 persen air, sehingga konsumsi seledri dapat membantu menjaga kadar air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

5. Menurunkan Kolesterol

Selain untuk mengontrol gula darah, daun seledri juga cocok dipakai untuk mengatasi masalah kolesterol. Utamanya menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Manfaat seledri untuk kesehatan ini berasal dari senyawa 3-n-butylphthalide yang sangat tinggi. Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. 

Apabila sering mengeluh kolesterol yang tak kunjung turun, cobalah konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang unik.

6. Membantu Mencegah Kanker

Seledri kaya akan zat antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas pemicu kanker.  Ekstrak seledri sendiri telah dipelajari mengandung dua senyawa antikanker potensial: apigenin, dan luteolin. 

Apigenin menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian sel kanker. Sementara luteolin, tanaman flavonoid dalam seledri, bertanggung jawab atas potensi efek antikankernya.

7. Menyehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

Manfaat seledri yang selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan sistem pencernaan tubuh.

Seledri kaya akan air ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak yang dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu menurunkan berat badan, serta dapat mencegah dan mengobati sembelit serta membantu membersihkan usus.

8. Mencegah Peradangan

Salah satu manfaat seledri yang lain adalah memiliki zat antiperadangan yang sangat baik untuk tubuh. Dalam seledri terdapat sebuah zat yang bernama phyonutrients yang bisa membantu agar tubuh kita tidak mengalami peradangan.

Zat ini pun berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh kita menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri terjadi ketika molekul dalam tubuh tidak stabil dna membuat molekul radikal bebas menumpuk dalam tubuh kita.

9. Menjaga Kesehatan Hati

Seledri juga menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. 

Selain itu, menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting dalam pengobatan untuk berbagai permasalahan masalah liver.

10. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat seledri yang satu sudah dikenal sejak lama adalah dapat menyehatkan organ ginjal. Seledri mempunyai kandungan vitamin C, B, A dan zat besi tinggi yang sangat berguna untuk perlindungan organ ginjal dan liver.

Untuk mendapatkan manfaat ini, rebus beberapa helai dan batang daun seledri dengan air kurang dari 1 liter. Masak hingga mendidih selama 10 menit. Tuangkan dalam botol dan simpan dalam lemari es. Kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun seledri ini satu gelas setiap hari.

11. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi seledri dalam bentuk makanan atau minuman, seperti jus seledri, juga baik untuk menurunkan berat badan. Selain kandungan kalorinya rendah, seledri juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Meski demikian, kamu tidak dapat menurunkan berat badan bila hanya mengandalkan seledri. Kamu juga tetap harus menerapkan gaya hidup sehat, pola makan yang baik dan olahraga secara teratur.

12. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat seledri bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan organ jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat kalium yang terdapat dalam seledri yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal. Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung.

Selain itu, seledri juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

13. Melancarkan Menstruasi

Manfaat seledri selanjutnya adalah dapat meredakan rasa tidak nyaman dan perut kembung yang kerap dialami wanita saat menstruasi. Kandungan mineral di dalamnya juga mampu melemaskan otot perut yang kaku ketika haid sehingga dapat mencegah nyeri atau kram perut.

14. Menyehatkan Mata

Seledri juga termasuk salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan dan fungsi mata. Ini karena seledri kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti lutein. Aneka nutrisi tersebut baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

15. Mengatasi Rematik dan Asam Urat

Manfaat seledri selanjutnya adalah dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada sendi. Sebab zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam dipercaya mampu membantu menyembuhkan radang sendir, rematik, nyeri otot dan asam urat.

Efek Samping Seledri

 

img_title
Efek Samping Seledri. (Foto : Freepik/ spams)

 

Meski memiliki segudang manfaat, mengonsumsi terlalu banyak seledri juga memberikan efek samping bagi tubuh. Maka, aturlah jumlah konsumsi seledrimu secukupnya agar tidak menimbulkan reaksi-reaksi seperti di bawah ini.

1. Reaksi Alergi

Konsumsi seledri yang berlebihan bisa menyebabkan reaksi alergi serius pada beberapa orang. Alergi ini disebabkan karena mugwort atau serbuk sari birch kemungkinan bereaksi terhadap seledri.

2. Masalah Bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Biji seledri bisa menyebabkan pendarahan dan kontraksi rahim. Jika Anda sedang hamil, hindari mengonsumsi seledri terlalu banyak.

3. Efek Pada Pengobatan

Perlu diperhatikan bahwa seledri bisa berinteraksi dengan jenis pengobatan tertentu seperti warfarin yang mengandung bahan kimia, sehingga bisa berinteraksi dengan antikoagulan (obat pengencer darah), dan meningkatkan risiko pendarahan berlebihan.

Nah, demikianlah deretan manfaat seledri untuk kesehatan tubuh. Kamu perlu memperhatikan jumlah konsumsi seledri, sebab segala yang berlebihan pun dapat memberikan efek yang tidak baik. Semoga bermanfaat!