Mudah Dikonsumsi, Ini 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Anda Ketahui
Ini Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Anda Ketahui (Foto : )

Antv – Manfaat minyak zaitun memang sangat banyak juga beragam, mulai dari untuk kesehatan tubuh, bahan kecantikan, bahkan untuk bahan memasak pun bisa digunakan. 

Tak hanya itu, minyak zaitun juga kaya akan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, hal itu kian diperkuat oleh pendapat beberapa ahli. Sebab, minyak zaitun ini memiliki extra vurgion oil yang sangat baik untuk tubuh manusia. 

Minyak zaitun ini pun rasanya cukup mudah untuk didapatkan, sehingga tidak perlu susah-susah dalam mencarinya. Terlebih, saat ini sudah banyak tersedia di beberapa platform jualan yang menyediakan minyak yang satu ini.

Tak hanya itu, jenis minyak yang satu ini pun sangat baik untuk mengontrol lemak dari makanan. Lalu, manfaat apa saja itu? Berikut ulasannya tentang manfaat minyak zaitun ini seperti yang telah dilansir dari VIVA. 

1. Minyak Zaitun Mengandung Antioksidan

img_title
Minyak Zaitun. (Foto : Pixabay)

Minyak zaitun extra virgin cukup bergizi. Terlepas dari asam lemaknya yang bermanfaat, ia mengandung sejumlah vitamin E dan K. Tapi minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan yang kuat. 

Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Manfaat minyak zaitun lainnya itu juga bisa melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi , dua manfaat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Minyak Zaitun Membantu Mencegah Stroke

img_title
Ilustrasi Stroke. (Foto : Pixabay)

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yakni dapat membantu mencegah stroke. Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, baik karena bekuan darah atau pendarahan. Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua setelah penyakit jantung. 

Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara ekstensif. Sebuah tinjauan besar penelitian pada 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung. 

Dalam ulasan lain pada 140.000 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

3. Antioksidan Minyak Zaitun Memiliki Sifat Anti-Kanker

img_title
manfaat minyak zaitun. (Foto : Pexels/Mareefe)

Salah satu manfaat minyak zaitun yang lainnya yakni dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Orang-orang di negara-negara Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker dan banyak peneliti percaya bahwa minyak zaitun mungkin menjadi alasannya. 

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai penyebab utama kanker. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun dapat melawan sel kanker. 

Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini sangat diperlukan untuk menentukan, apakah minyak zaitun memang mengurangi risiko kanker.

4. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Anti Peradangan yang Kuat

img_title
Minyak Zaitun. (Foto : Freepik/imageblast) 

Peradangan kronis dianggap sebagai pendorong utama penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi, dan bahkan obesitas. 

Minyak zaitun extra-virgin bisa mengurangi peradangan yang mungkin menjadi salah satu alasan utama manfaat kesehatannya. Efek anti-inflamasi utama dimediasi oleh antioksidan. 

Kunci di antara mereka adalah oleocanthal yang telah terbukti bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama dengan 10% dosis ibuprofen orang dewasa. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi tingkat penanda inflamasi penting seperti protein C-reaktif (CRP). 

Sementara satu studi juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

5. Minyak Zaitun Pelindung Terhadap Penyakit Jantung

img_title
Penyakit jantung. (Foto : Freepik) 

Manfaat dari minyak zaitun berikutnya yakni bisa untuk pelindung terhadap penyakit jantung yang diderita oleh seseorang. Pasalnya, penyakit jantung ini bisa dilindungi dengan manfaat minyak zaitun.

Penyakit jantung sendiri adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Studi observasional yang dilakukan beberapa dekade lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang terjadi di negara-negara Mediterania. 

Ini mengarah pada penelitian ekstensif tentang diet Mediterania, yang kini telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu bahan utama dalam diet ini, melindungi terhadap penyakit jantung dalam beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Fungsinya seperti menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, memperbaiki lapisan pembuluh darah, dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan bada tubuh. 

Menariknya lagi, hal ini telah terbukti dalam menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini. 

Dalam satu penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan akan obat tekanan darah hingga 48%. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin memiliki manfaat yang kuat untuk jantung. 

kalau kamu  memiliki penyakit jantung, riwayat keluarga penyakit jantung atau faktor risiko utama lainnya, kamu bisa memasukkan banyak minyak zaitun extra virgin ke dalam makanan yang suka kamu makan.

6. Minyak Zaitun Membantu Mengobati Rheumatoid Arthritis

img_title
Ilustrasi penyakit Rheumatoid Arthritis. (Foto : VIVA)

Rheumatoid arthritis sendiri adalah jenis penyakit autoimun yang ditandai dengan sendi yang cacat dan nyeri. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, akan tetapi autoimun ini melibatkan sistem kekebalan tubuh kamu yang menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja. 

Suplemen dari minyak zaitun ini tampaknya bisa memperbaiki penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu yang menderita rheumatoid arthritis. 

Minyak zaitun ini juga tampaknya sangat bermanfaat bila dikombinasikan dengan minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi. 

Dalam satu penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan mampu meningkatkan kekuatan genggaman, nyeri sendi, dan kekakuan pagi hari pada orang dengan rheumatoid arthritis.

7.  Minyak Zaitun Kaya Lemak Tak Jenuh Sehat

img_title
Minyak Zaitun. (Foto : Pixabay)

Manfaat minyak zaitun yang berikutnya yakni, bahwa jenis minyak yang satu ini memiliki banyak sekali lemak tak jenuh yang sehat. Sebab, minyak zaitun ini adalah jenis minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun. 

Maka, sekitar 14% dari minyak adalah lemak jenuh, sedangkan 11% adalah tak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Tapi asam lemak yang dominan dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, membentuk 73% dari total kandungan minyak.

Studi menunjukkan bahwa asam oleat mengurangi peradangan dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, membuat minyak zaitun extra virgin menjadi pilihan yang sehat untuk memasak.

Itulah 7 manfaat minyak zaitun yang kiranya patut untuk diketahui, sebab jenis minyak yang satu ini sangat kaya akan manfaat bagi Kesehatan tubuh. Tentunya cara mengonsuminya sangat mudah, salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan mencampurnya dengan jenis makanan sesuia selera kamu.