Berkhasiat untuk Kulit dan Rambut, Ini 13 Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis
Manfaat jeruk nipis (Foto : Freepik/8photo)

AntvManfaat jeruk nipis begitu berlimpah. Tidak hanya untuk kesehatan sistem tubuh maupun pencernaan, bahkan juga bagi kulit dan rambut

Jeruk nipis adalah salah satu buah jeruk yang paling serbaguna. Jeruk nipis seringkali ditambahkan ke dalam berbagai makanan dan minuman, seperti salad, sup, dan kue. Di Indonesia sendiri, jeruk nipis ini sering digunakan sebagai penyedap rasa. 

Jeruk nipis sendiri memiliki banyak jenis, tetapi semua jenis itu memiliki kandungan nutrisi yang sama. Jeruk nipis mengandung vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan setiap bagian tubuh kita.

Minyak yang diekstrak dari kulit jeruk nipis digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit dan rambut seperti pasta gigi, obat kumur, deodoran, pembersih rambut, dan juga sabun mandi. Selain itu, jeruk nipis memberikan manfaat yang berlimpah bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.  

ANTV Lovers, berikut ini 13 manfaat jeruk nipis untuk kulit dan rambut. Kamu bisa menjadikan jeruk nipis ini bahan alternatif jika sedang kehabisan haircare atau skincare andalanmu!

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk kulit. (Foto: Pexels/Anna Shvets)
 

1. Merawat Flek Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya. Oleh karena itu, air jeruk nipis ini dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam. 

Yang perlu kamu lakukan adalah membasahi air jeruk nipis dengan bola kapas, lalu oleskan ke bagian kulit yang gelap dan biarkan selama 30 menit. 

Namun, pastikan kamu tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan langsung sinar matahari. Obat ini dapat membuat kulitmu sensitif terhadap sinar matahari. Jangan lupa juga gunakan sunscreen sebelum pergi keluar ruangan. 

Air jeruk nipis ini juga dapat menggunakan obat ini untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

2. Mengobati Jerawat Dan Noda

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto: freepik)

Jerawat, bintil, dan bopeng disebabkan ketika kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat dan bintil adalah masalah umum bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Bakteri yang ada di pori-pori wajah memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan, dan nyeri. 

Sifat antibiotik dari air jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat, kamu bisa menyiapkan campuran air jeruk nipis dan madu. Sementara madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari air jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. 

Campuran air jeruk nipis dan madu ini harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari perawatan kulitmu. Di sisi lain, bekas luka jerawat dapat diringankan dengan memijat air jeruk nipis segar pada mereka.

3. Sifat Anti-Penuaan (Anti-Aging)

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk kulit. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit dapat menumpuk dan terakumulasi sehingga menimbulkan bintik hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Kulit jeruk nipis disebutkan dapat menghambat produksi melanin. Menggosok kulit dengan kulit jeruk nipis atau mengoleskan masker wajah yang mengandung potongan kulit jeruk nipis dapat secara signifikan mengurangi hiperpigmentasi.

Jeruk nipis juga mengandung Vitamin C yang meningkatkan sintesis kolagen dan meminimalkan tanda-tanda penuaan. Kamu juga bisa meminum perasan jeruk nipis dengan air hangat agar tetap terhidrasi dan menjaga kesehatan kulit.

4. Merawat Kulit Gelap

img_title
Jenis Kulit. (Foto: Freepik)

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit Anda menjadi cokelat. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan masalah ini secara efektif. 

Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan masker wajah dengan mencampurkan besan dengan dadih, dan menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam campuran ini. Oleskan campuran ini secara merata pada kulit dan biarkan mengering. Setelahnya, cuci muka dengan air dan keringkan. Lakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

5. Merawat Pori-pori yang Terbuka

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk kulit. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit karena bermanfaat dalam meningkatkan penampilan kulit wajah. 

Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringen dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan untuk sementara mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

6. Menghilangkan Kulit Mati

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk kulit. (Foto : Pexels/Andrea Piacquadio)

Asam sitrat yang ada dalam kulit jeruk nipis dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Kandungan ini sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

7. Jeruk Nipis Untuk Kulit Glowing

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk kulit. (Foto: Pexels/monstera)

Untuk kulit bercahaya, yang perlu kamu lakukan adalah minum segelas air hangat dengan madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur. Ini akan memelihara kecerahan pada kulitmu.

8. Manfaat Lainnya

img_title
kelembaban wajah. (Foto: Pixabay)

Sifat antioksidan, desinfektan, dan antibiotik pada jeruk nipis membantu meremajakan kulit dan melindunginya dari infeksi. Selain itu, kandungan Vitamin C dan flavonoid yang besar dalam air jeruk nipis membantu mengurangi bau badan dan keringat. 

Untuk tujuan ini, kamu dapat mencampurkan sedikit air jeruk nipis ke dalam air mandi untuk. Ketika diterapkan secara eksternal pada kulit, ini membantu mengobati memar dan ruam.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto: Pexels/Dellon Thomas)

9. Mengobati Ketombe

Ketombe, tidak diragukan lagi, adalah salah satu masalah rambut yang paling umum. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan. 

Air jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan dalam shampoo anti ketombe. Asam sitrat yang ada dalam air jeruk nipis terbukti sangat efektif dan bermanfaat dalam mengatasi masalah ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, gosokkan irisan jeruk nipis langsung pada kulit kepala. Membilas rambut dengan air mandi yang telah dicampur air jeruk nipis juga membantu menghilangkan ketombe. 

Namun, air jeruk nipis terkadang bisa mengeringkan kulit kepala. Jika begitu, kamu dapat menggabungkannya dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond.

10. Merawat Rambut

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto: Pexels/Gratisography)
 

Rambut berminyak disebabkan karena sekresi minyak berlebih yang disebut sebum oleh kelenjar sebaceous, membuat rambut terlihat lengket, berminyak dan kusam. Jus jeruk nipis, dengan sifat menyerap minyaknya, dapat membersihkan kulit kepala dari semua minyak berlebih. 

Untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala, gosoklah sepotong jeruk nipis pada kulit kepala selama beberapa menit sebelum dibilas. Sebagai alternatif, kamu bisa menambahkan 1—2 sendok makan air jeruk nipis ke dalam air dan membilas rambutmu dengannya untuk menghilangkan minyak berlebih.

11. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto : Pexels/Element5 Digital)

Air jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Air jeruk nipis ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan, penipisan rambut, dan masalah rambut rontok selama berabad-abad. 

Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah Vitamin C, yang terkandung dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Penambahan air jeruk nipis ke berbagai minyak dan penerapannya pun meningkatkan pertumbuhan rambut.

12. Jeruk Nipis Untuk Rambut Berkilau

img_title
manfaat minyak zaitun untuk rambut. (Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester)

Rambut berkilau dicintai dan diinginkan oleh semua orang. Air jeruk nipis dapat memberikan kilau yang diinginkan pada rambut kamu. 

Campurkan air jeruk nipis dengan madu dan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke rambut sebelum mencucinya dengan shampoo. Setelah keramas, rambutmu akan lebih berkilau. 

Selain itu, air jeruk nipis juga sering menjadi bagian dari komposisi shampoo bersama dengan bahan-bahan penting lainnya agar rambut menjadi halus dan bersinar seperti sutra.

13. Mencerahkan Warna Rambut

img_title
Manfaat jeruk nipis untuk rambut. (Foto: Pexels/Helena Ije)
 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, air jeruk nipis memiliki sifat pencerah alami. Jika kamu ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia, juairs jeruk nipis adalah pilihan yang bagus. 

Yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam. Kemudian, bilas rambutmu sampai bersih. Cara ini akan membuat rambutmu berwarna 2—3 kali lebih terang.