6 Film Detektif Terbaik, Sangat Seru dan Penuh Teka-teki

Sherlock Holmes
Sherlock Holmes (Foto : VIVA)

Antv – Film detektif terbaik merupakan salah satu tayangan yang sangat seru untuk disaksikan, sebab jenis film yang satu ini bisa memberikan kejutan bahkan teka-teki tersendiri bagi para penontonnya.

Meski saat ini ada banyak film kriminal yang menarik di luar sana, terkadang cerita detektif justru menarik perhatian bagi para penonton. Sebab tak jarang jika film detektif tersebut dikemas begitu apik dan menarik dengan adanya seorang pelaku kejahatan. 

Plot cerita tak terduga dari film detektif tak jarang menimbulkan teka-teki dari barang bukti di tempat kejadian perkara, hingga adanya seorang detektif yang  berusaha hingga berhasil mengungkap sebuah kasus tersebut. 

Tak hanya itu, kebanyakan dari film detektif ini kerap ada kaitan dengan sebuah misteri pembunuhan dari seseorang. Ditambah pula dengan alur cerita yang bikin gregetan, membuat film detektif begitu disukai oleh semua kalangan. 

Pasalnya, pada film detektif ini para penontonnya akan dibuat gregetan dengan menggiring untuk menebak sebuah kasus yang tengah berusaha dipecahkan. Adapun beberapa film detektif terbaik ini berhasil menghadirkan tentang plot twist dan ending yang mind blowing sehingga membuat penontonnya ternganga.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini merupakan 6 film detektif terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu tonton dengan kisah yang sangat seru.

 

1. Sherlock Holmes (2009 & 2011)

img_title
Sherlock Holmes. (Foto : VIVA)

 

Rasanya hampir dari seluruh lapisan masyarakat sangat mengenal film detektif satu ini. Detektif terkenal di dunia fiksi ini pernah dibuatkan film-nya pada tahun 2009 silam dan diperankan oleh Robert Downey Jr. 

Film detektif terbaik ini bercerita tentang Sherlock Holmes serta Dr. John Watson (Jude Law), yang pada akhirnya telah berhasil meringkus seorang pembunuh sekaligus ahli ilmu hitam bernama Lord Blackwood (Mark Strong). 

Lord Blackwood akhirnya dihukum mati, akan tetapi dirinya sempat berjanji untuk tidak akan bangkit dari kematian untuk melanjutkan aksinya tersebut. 

Sherlock Holmes tentu tidak mempercayainya, terlebih Watson yang juga seorang dokter telahh mengonfirmasi bahwa Blackwood benar-benar telah mati setelah menjalani hukuman gantung.

Tidak sedikit yang percaya, kalau pembunuhan tersebut benar-benar ada serta dilakukan oleh Lord Blackwood yang melibatkan ilmu hitam. Holmes yang tidak percaya tentang  ilmu hitam pun ikut berusaha dalam membongkar misteri pembunuhan yang terjadi.

2. Death On The Nile

img_title
Death On The Nile. (Foto : IMDb)

 

Rekomendasi film detektif terbaik berikutnya yang bisa kamu saksikan yakni Death On The Nile. Film yang satu ini mempunyai genre crime, misteri, dan drama yang membuat penonton penasaran dan sedikit sulit untuk ditebak.

Film Death On The Nile ini diadaptasi dari sebuah novel populer yang memiliki judul yang sama karya Agatha Christie.

Film ini berkisah dari seorang Doyle dan Jacqueline de Bellefort yang bertunangan lalu ia memutuskan memulai hidup baru. Akan tetapi, hubungan mereka seketika berubah saat Simon Doyle telah berselingkuh dengan Linnet Ridgeway, yakni teman Bellefort. 

Lalu, keduanya pun memutuskan untuk meninggalkan Bellefort dan pergi bulan madu bersama dengan menaiki kapal pesiar yang menyusuri sungai Nil.

Bersama teman serta kerabatnya, Ridgeway yang penuh rahasia antar keduanya pun memulai bulan madu. Akan tetapi, saat dalam perjalanan tersebut mereka malah mengalami kejadian tak terduga saat terjadi pembunuhan misterius di kapal yang ditumpanginya.

Lalu, muncul seorang detektif bernama Hercule Poirot yang berusaha mengungkap siapa pelaku di balik pembunuhan yang telah terjadi tersebut.

3. Forgotten 

img_title
Forgotten. (Foto : IMDb)

 

Forgotten ialah film detektif selanjutnya yang layak untuk disaksikan. Film psychological thriller sekaligus teka-teki horror garapan dari sineas Korea Selatan ini berhasil menyajikan cerita dengan alur sulit diterka oleh para penonton. 

Salah satu film detektif terbaik ini mengisahkan tentang kasus pembunuhan yang tersimpan dalam memori seseorang yang memiliki ingatan hilang (hilang ingatan).

Dibintangi oleh pemeran terkenal seperti Kang-Ha Neul, Kim-Mu Yeol, Na Young-hee, dan Moon Seung-Keun, film ini menceritakan kisah misteri sangat menarik. 

Film besutan B.A Entertaiment yang disutradarai oleh Jang-Hang Jun dan tayang perdana pada tahun 2017 silam. Tidak hanya sebagai seorang sutradara, Hang-jun pun ikut berperan sebagai penulis skenario dalam film ini. 

4. Knives Out

img_title
Knives Out. (Foto : IMDb)

 

Film detektif berikutnya yang harus kamu tonton yakni Knives Out. Film yang satu ini merupakan arahan dari Rian Johnson yang sangat terkenal mempunyai twist begitu unik. Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi penulis yang bertanggung jawab dalam Star Wars: The Last Jedi  yang kontroversial. 

Johnson layak mendapat pujian karena memicu kegembiraan para fanboy waralaba tersebut, yang menuntut Disney mengubah upaya spiritual yang dulu menjadi perburuan telur Paskah budaya informasi tanpa jiwa, berulang-ulang untuk panggilan balik nostalgia. 

Dia juga sangat jenius di balik mahakarya sci-fi beranggaran rendah Looper. Maka, dengan kata lain ia merupakan seorang pemberontak dan pengrajin storyboard. 

Dalam Knives Out ia menggunakan kecurigaannya terhadap konsensus yang mapan dan kemampuannya untuk membuat plot yang rumit untuk membangun kritik yang cerdas terhadap kemunafikan borjuis. 

De Armas menyenangkan sebagai hati nurani kelas pekerja film tersebut dan mual kronisnya dapat dimengerti dengan baik mengingat perusahaan yang dia pertahankan.  

Dalam film yang satu ini, kamu akan diperkenalkan dengan sosok Marta yang merupakan pengasuh baik hati yang tanpa sengaja menyebabkan kematian majikannya, yakni Harlan. 

Film ini akan menyajikan sebuah karya yang bia memanjakan penontonnya dengan sederet bintang ternama, beberapa di antara mereka yakni Chris Evans dan Daniel Craig.

5. Badla

img_title
Badla. (Foto : IMDb)

 

Film detektif berikutnya yang bisa kamu tonton dengan kisah yang sangat seru dan penuh teka-teki, yakni Badla. Film ini menjadi film detektif terbaik India yang menceritakan tentang sebuah pembunuhan misterius yang belum terpecahkan dari seorang laki-laki. 

Namun, ada seorang pengusaha wanita yang ternyata merupakan selingkuhan si korban tersebut dituding sebagai pelaku pembunuhnya.

Tak tinggal diam, ia pun langsung menyewa seorang pengacara terkenal dan populer yang bernama Badal Gupta untuk menyelesaikan kasusnya. Badal Gupta pun akhirnya menemukan fakta lain soal hilangnya laki-laki bersamaan dengan kematian misterius pria tersebut.

Film Badla ini bakal menjadi salah satu film yang wajib kamu tonton dengan banyak misteri serta plot twist yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

6. Zodiac

img_title
Zodiac. (Foto : VIVA)

 

Film detektif terbaik berikutnya yang bisa kamu tonton yakni Zodiac. Film ini diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang terjadi di California  yang terjadi pada tahun 1960-1970-an.

Film yang satu ini menebarkan banyak sekali teka-teki dan misteri di dalamnya. Meski sudah terjadi lebih dari lima dekade lalu, identitas asli sang pelaku hingga kini belum terungkap. 

Film ini dibintangi oleh para aktor populer, seperti Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., dan Mark Ruffalo yang bekerja sama untuk mencari identitas asli dari pelaku Zodiac.

Itulah 6 film detektif terbaik yang bisa kamu tonton, tentunya sederet film tersebut sangat seru dan penuh akan teka-teki.