Mom, Selain Fisik, Kesehatan Mental Ibu Juga Perlu Dijaga, Ini Tipsnya

Mom, Selain Fisik, Kesehatan Mental Ibu Juga Perlu Dijaga, Ini Tipsnya
Mom, Selain Fisik, Kesehatan Mental Ibu Juga Perlu Dijaga, Ini Tipsnya (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Dalam kehidupan berumah tangga, peran ibu sangatlah penting terlebih seorang ibu adalah fondasi keluarga.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mental ibu sangat dibutuhkan, mengingat seluruh aktivitas mulai dari mengatur dan mengurus hampir seluruh kebutuhan rumah tangga  menjadikan seorang ibu rentan terkena stress.

Menurut seorang pekerja psikolog berlisensi di Nurture Family Center di Fenton, Michigan, Lauren Peabody  perlu beberapa tips agar kesehatan mental seorang ibu tetap terjaga dan tidak mudah stres saat mengurus rumah tangga. 

1. Berolahraga

Selain dapat membuat kondisi fisik menjadi sehat, nampaknya olahraga juga bisa membuat kesehatan mental seorang ibu tetap terjaga. Dalam sebuah penelitian, dengan berolahraga dapat merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol)

“Dengan olahraga teratur dapat menghasilkan banyak hormon baik. Ini adalah hal nomor 1 yang kami rekomendasikan untuk para ibu," ujar Peabody.

 

2. Me Time

Agar kesehatan mental tetap terjaga, meluangkan waktu sendirian sejenak atau Me Time ditengah kesibukan memang sangat dibutuhkan. Di moment Me Time ini lah ibu bisa mengisi ulang energi sambil melakukan hal-hal yang disukai, seperti mendengarkan musik, membaca, mandi berendam dengan air hangat, atau melakukan hal apa pun yang dapat membuat rileks.

3.Tidur

Sama seperti halnya Me Time, tidur juga menjadi salah satu cara untuk mengisi ulang energi. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam dalam sehari. Menurut beberapa penelitian, kurang tidur menyebabkan bagian otak bernama amygdala mengalami peningkatan aktifitas hingga 60%. Karena tingginya aktifitas amygdala dapat berpengaruh pada kemampuan otak untuk mengendalikan emosi dan stres. Apabila tidur malam dirasa kurang cukup, maka ibu dapat menggantinya dengan tidur siang.

4. Memiliki Hobi

Dalam sebuah riset yang diterbitkan oleh jurnal Annals Of Behavioral Medicine (2015) orang yang melakukan kegiatan yang disukai atau hobi tidak merasakan stres. Detak jantung mereka pun cenderung lebih stabil dan tenang selama berjam-jam. Kesimpulannya bahwa hobi mampu menenangkan perasaan. Ibu bisa melakukan hobi seperti, menulis atau menggambar, berkebun, fotografi alam dan hobi yang dapat membuat ibu lebih rileks.

5. Jalan-Jalan

Jadi ibu rumah tangga tidak berarti ibu tidak bisa melakukan aktifitas seperti jalan-jalan keluar rumah. Anda tetap bisa pergi keluar rumah dan mencuri waktu hanya sekedar untuk refreshing. Contoh, ketika saat ke pasar atau mengantar anak ke sekolah anda dapat merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga mental ibu tetap sehat. Atau jalan santai sore hari disekitar rumah atau komplek dan bertemu tetangga sesama ibu-ibu untuk saling berbagi cerita untuk melepas penat.

6. Ingat Menjaga Diri Sendiri

Yang perlu diingat oleh seorang ibu rumah tangga yaitu mengingat pentingnya menjaga diri sendiri. Jangan sampai seorang ibu terlalu sibuk dengan seluruh peran yang dilakoninya, sehingga lupa untuk menjaga diri dan kesehatannya.

"Jika kita tidak menjaga diri kita sendiri, kita tidak bisa merawat orang lain dengan baik,” Lauren Peabody.

Itu dia beberapa tips agar kesehatan mental ibu tetap terjaga dengan baik. Namun perlu diingat, tidak hanya ibu, seorang ayah juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga.